Waralaba Star Wars sangat terkenal dengan berbagai senjata canggihnya yang terbukti sangat bermanfaat ketika dipakai dalam pertempuran antara Dark Side dan Light Side di semestanya. Dari mulai wrist rocket Mandalorian, sampai Lightsaber para pengguna Force, hampir semua mempunyai keunggulannya masing-masing, begitu juga blaster. Menariknya, sebagai senjata paling umum, ternyata blaster tercipta dari perpaduan antara kretivitas dan realitas, sehingga melahirkan senjata paling familier di galaksi. Dan dari sekian banyak blaster yang ada di Star Wars, berikut lima di antaranya yang terkenal mematikan!

NN-14 Blaster Pistol

Pertama kali diperlihatkan di film The Force Awakens (2015), NN-14 adalah blaster jenis pistol yang diberikan oleh Han Solo kepada Rey. Meskipun awalnya sempat meragukan bahwa dia membutuhkan blaster dalam petualangannya, ternyata pada akhirnya Rey sangat mengandalkan NN-14, apalagi sebelum dia menyadari kekuatan Force-nya. Diciptakan oleh LPA, blaster pistol ini dilengkapi dengan pegangan yang nyaman, power core yang lebih besar, serta bahan yang lebih kokoh serta stabil. Itulah mengapa NN-14 sangat mematikan ketika digunakan dalam jarak dekat dan menengah.

EE-3 Carbine Rifle

Ketika berbicara tentang bounty hunter, sampai saat ini masih banyak yang mengakui bahwa Boba Fett adalah yang paling hebat. Meskipun dia terkenal dengan armor Mandalorian dan jestpack-nya, Boba Fett juga sering terlihat mengandalkan carbine rifle EE-3 miliknya. Selama bertahun-tahun, rifle ini terbukti bisa menembakan tiga peluru sekaligus, meskipun dari segi akurasi tidak begitu stabil. Itulah mengapa penggunanya sangat menentukan, ketika digunakan oleh Boba Fett, EE-3 terbukti masih sangat mematikan walaupun ditembakan dari jarak yang cukup jauh.

E-11 Blaster Rifle

Dari sekian banyak blaster di semesta Star Wars, blaster rifle E-11 adalah yang paling umum digunakan, bahkan oleh pasukan stormtrooper. Hal tersebut karena rifle ini mempunyai tingkat kekuatan core dan juga kestabilan yang seimbang, sehingga mudah untuk digunakan bahkan oleh amatir. Diciptakan oleh BlasTech Industries, rifle ini dimaksudkan sebagai versi pembaruan dari DC-15A blaster, yang digadang-gadang jauh lebih ringan. Selain menjadi senjata bawaan Stormtrooper, E-11 juga pernah digunakan oleh Princess Leia dan terbukti ampuh untuk menjatuhkan target dengan sekali tembak.

DL-44 Heavy Blaster Pistol

Blaster berikutnya tidak lain adalah DL-44 andalan Han Solo yang telah membuktikan bahwa blaster juga tidak kalah keren dari lightsaber. Sebagai senjata jenis heavy blaster pistol, DL-44 terinspirasi dari pistol asli Mauser C96 yang populer pada abad ke-18 sampai 19. Han sendiri menggambarkan blaster andalannya ini sebagai senjata yang bisa menembak dengan sangat cepat dan tepat. Meskipun terkenal mudah panas karena termasuk blaster generasi lama, tetapi masih banyak bounty hunter yang menggunakan DL-44 sebagai blaster andalan ketika mereka terdesak.

Bowcaster

Meskipun bentuknya lebih mirip seperti crossbow daripada pistol, tetapi Bowcaster adalah blaster yang sangat kuat dan juga akurat. Sering terlihat digunakan oleh Chewbacca, blaster unik ini mampu menembakan energi plasma yang akan langsung meledak ketika mengenai targetnya. Selain itu, Bowcaster juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Ketika dibutuhkan untuk membunuh target secara diam-diam, Bowcaster sudah dilengkapi dengan peluru senyap. Dan ketika dibutuhkan untuk menghadapi banyak lawan, Bowcaster bisa menembakan tiga peluru yang menyebar sekaligus.

Kelima blaster ini memang mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing, tetapi selama waralabanya berlangsung, baik di sembilan film utama Star Wars maupun di berbagai tayangan spin off-nya, semua blaster ini telah terbukti sangat hebat di tangan para penggunanya. Meskipun tidak diragukan lagi bahwa lightsaber adalah senjata yang paling populer di Star Wars, tetapi blaster tetap menjadi senjata paling efektif ketika digunakan dalam jarak jauh. Itulah lima blaster paling mematikan yang pernah diceritakan di Star Wars.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.