Selama lebih dari delapan puluh tahun, DC telah menciptakan banyak sekali supervillain tangguh di semestanya. Dan dari sekian banyak villain yang telah diperkenalkan oleh DC, bisa dibilang musuh-musuh Batman adalah yang paling banyak mempunyai penggemar di seluruh dunia, tanpa terkecuali Riddler yang baru-baru ini menjadi villain utama di film The Batman. Terlepas dari versi filmnya yang brutal, ternyata Riddler juga sudah cukup sering muncul di DC Comics dalam beberapa versi, beberapa di antaranya bahkan digambarkan jauh lebih berbahaya. Siapa saja mereka? Berikut lima versi Riddler yang paling berbahaya.

Zero Year Riddler

Sebenarnya hampir semua villain DC mendapatkan banyak pembaruan di era New 52, tetapi yang paling membuat penggemar terkejut adalah pembaruan karakter Riddler di kisah Zero Year. Dalam kisah pengulangan di New 52, Batman diceritakan harus berhadapan dengan para villain lama yang hadir dengan asal-usul serta penampilan baru, salah satunya adalah Riddler yang digambarkan sebagai maniak yang menjadi teroris di Kota Gotham. Dengan kisah barunya tersebut, Riddler hampir saja menjadi musuh terkuat Batman karena dia diperlihatkan berhasil menguasai Gotham setelah sebelumnya membuat kota Batman tersebut kebanjiran dan terisolasi dari dunia luar.

Dark Knight, Dark City Riddler

Jika ingin melihat aksi Riddler yang jauh lebih kelam dari sebagian besar versinya di DC Comics, kisah Batman: Dark Knight, Dark City adalah salah satunya yang menghadirkan Riddler sebagai sosok yang mengerikan. Muncul sebagai karakter yang erat dengan supernatural DC, Riddler versi mengerikan ini diceritakan sebagai seorang pembunuh berantai yang mempunyai hubungan dengan sekte penyembah iblis di semesta DC. Untuk mencegah agar tidak ada lagi korban yang berjatuhan, Batman harus berlomba dengan waktu untuk menemukan Riddler yang misterius. Dan dalam prosesnya, Riddler beberapa kali terlihat berhasil memanipulasi Batman dengan kekuatan gaibnya.

The Long Halloween Riddler

Jika dibandingkan dengan semua versinya di daftar ini, mungkin Riddler versi The Long Halloween bukan paling yang misterius. Namun, Riddler di kisah ini bisa dibilang adalah yang paling mirip dengan versi di film The Batman. Ketika sebuah pembunuh berantai terjadi di Kota Gotham, Riddler awalnya ditunjuk untuk menyelesaikan kasus tersebut. Ada banyak sekali nama tersangka yang diajukan oleh Riddler, tetapi tidak ada satu pun yang dia jelaskan alibinya. Sampai pada akhirnya terungkap, bahwa Riddler adalah dalang sebenarnya di balik pembunuhan berantai tersebut.

Legends of the Dark Knight Riddler

Dari sekian banyak kisah yang menceritakan perseteruan Riddler dengan Batman, komik Batman: Legends of the Dark Knight adalah salah satu kisah yang menceritakan bagaimana Riddler hampir menang melawan sang Caped Crusader. Untuk membuktikan siapa yang paling pintar di Kota Gotham, Riddler yang berhasil menangkap Batman kemudian memasukannya ke dalam sebuah kotak berisi air yang dihubungkan pada kabel listrik. Meskipun pada akhirnya Batman berhasil lolos sebelum dirinya tenggelam atau tersetrum, versi Riddler ini membuktikan bahwa ada juga Riddler yang berhasil membuat Batman sampai pada titik seperti itu.

Detective Comics Riddler

Yang terakhir dari daftar ini tidak lain adalah versi klasik Riddler yang pertama kali melakukan debutnya di komik Detective Comics. Meskipun tidak digambarkan sebagai karakter yang brutal seperti Joker, tetapi dari segi kecerdasan dia terlihat jauh di atas rata-rata. Apalagi setelah berhasil membuat Batman dan Robin kebingungan dengan berberapa teka-teki dan puzzlenya. Riddler versi pertama ini juga yang pada akhirnya mengukuhkan posisinya sebagai salah satu musuh Batman yang patut diperhatikan, khususnya ketika dia berhasil memperlihatkan kepada Gotham bahwa dirinya tidak kalah cerdas dari Batman yang dijuluki “Detektif Terbaik di Dunia”.

Meskipun Riddler sering digambarkan sebagai seorang villain yang mengenakan pakaian serba hijau dan sering memberikan pertanyaan yang membingungkan, tetapi seperti yang terlihat di daftar ini dia telah muncul dalam berbagai karakter, dari mulai seorang ahli teka-teki yang hanya ingin membuktikan kecerdasannya, sampai seorang pembunuh bayaran yang sangat misterius. Selain itu, kelima versi Riddler ini juga membuktikan pada penggemar mengapa dia tidak boleh dianggap remeh. Itulah lima versi Riddler yang terkenal lebih berbahaya dari kebanyakan versinya di DC Universe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.