Iron Maniac

Di Marvel Comics, Iron Maniac adalah varian Iron Man yang melihat bagaimana Super-Skrull Titannus membantai para superhero sekaligus sahabatnya di universe alternatif. Akibatnya, dia berubah menjadi sosok kelam yang terus berusaha untuk memperkuat dirinya agar tidak terkalahkan. Dalam prosesnya, Iron Maniac diceritakan melakukan perjalanan antar universe sampai akhirnya tiba di universe utama dan berusaha menggantikan keberadaan Iron Man yang asli. Latar belakang tersebut bisa juga diadaptasi ke MCU, misalnya di kisah serial Ironheart mendatang, sehingga penggemar bisa melihat bahwa tidak semua Iron Man baik.

Iron Man 2099

Sama seperti Iron Lad, Iron Man 2099 pada dasarnya bukanlah varian Tony Stark, melainkan karakter pada masa depan yang menjadi Iron Man karena bercita-cita ingin membuat Bumi menjadi planet yang lebih baik. Mempunyai nama asli Sonny Frisco, Iron Man 2099 adalah karakter yang diceritakan berada pada zaman di mana teknologi sudah sangat maju, itulah mengapa Iron Man versinya mempunyai kekuatan dan kecepatan yang lebih hebat. Karena posisinya yang berada di masa depan, Iron Man 2099 bisa saja muncul di film MCU yang akan mengekplorasi timeline, misalnya serial Loki season 2, sama seperti ketika Loki mengacak-ngacak timeline bersama TVA.

Doctor Anthony Stark

Ada banyak sekali varian Doctor Strange yang pernah diceritakan di Marvel Comics, dan beberapa di antaranya dipastikan akan muncul di film Doctor Strange 2 nanti, termasuk Strange Supreme dan Defender Strange. Sementara ketiga varian Strange tersebut muncul, filmnya bisa juga memunculkan varian Iron Man dari Earth-9810 yang diceritakan menjadi Sorcerer Supreme. Dengan Eye of Agamotto-nya yang terbuat dari Arc Reactor, Iron Man dari Doctor Anthony Stark ini bisa menjadi lawan atau kawan Doctor Strange yang kebingungan ketika menjelajahi kegilaan multiverse di Doctor Strange 2 nanti.

Itulah tujuh varian Iron Man yang bisa muncul di Multiverse MCU. Dengan adanya multiverse, tentu saja segala kemungkinan bisa terjadi, dan dari sekian banyak varian Iron Man yang ada di Marvel Comics, mungkin ketujuh karakter ini bisa dibilang adalah yang paling menarik untuk diekplorasi kisah dan kehebatannya. Kita nantikan saja ya, Geeks, semoga setidaknya ada satu atau dua varian Iron Man yang dihadirkan oleh Marvel Studios pada masa depan MCU nanti.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.