The Batman adalah film karya sutradara Matt Reeves yang saat ini tengah tayang di hampir semua biskop seluruh dunia. Meskipun penayangannya baru beberapa hari, banyak penggemar yang menyukainya dan manganggap filmnya sebagai salah satu film terbaik DC. Dan beberapa tahun sebelum The Batman dirilis, ada juga film DC fenomenal lain yang sangat sukses pada tahun 2019 lalu, yaitu Joker karya Todd Phillips. Meskipun keduanya terpisah dari DCEU, tetapi filmnya sama-sama sangat disukai oleh para penggemar.

Film The Batman dan Joker sendiri mempunyai beberapa persamaan yang cukup mendasar, yaitu cukup realistis jika dibandingkan dengan film serupa. Ditambah lagi, kedua filmnya sama-sama menceritakan kisah awal protagonisnya saat baru menjadi Batman dan juga Joker. Meskipun film DC karya Reeves dan Phillips ini tidak berhubungan sama sekali, banyak penggemar yang berandai-andai Batman dari Robert Pattinson bisa saling bertemu dengan Joker dari Joaquin Phoenix.

Baru-baru ini, dalam sesi wawancaranya dengan Total Film, Reeves mengungkapkan saat dirinya baru pertama kali menulis naskah film The Batman pada tahun 2017, dia tidak menyangka bahwa film Joker juga tengah dikembangkan oleh Warner Bros. “Saya baru menyelesaikan film Planet of the Apes saat pertama kali bergabung dengan The Batman pada tahun 2017, di mana pengerjaannya menghabiskan waktu hampir lima tahun,” kata Reeves. “Saat saya sedang mengerjakan naskahnya, dan mencoba mendalaminya, Joker masih belum dirilis sama sekali. Saya tidak tahu filmnya akan seperti apa.”

Dalam sesi wawancara yang sama, Reeves juga menjelaskan bahwa dirinya sama sekali tidak pernah berdiskusi terkait crossover The Batman dan Joker. “Saya menyadarinya begitu kami mendalami filmnya, dan fakta bahwa mereka membuat filmnya sangat realistis dengan cara yang sama seperti yang kami lakukan, hal tersebut sama sekali tidak direncanakan,” tambah Reeves. “Sejak awal Joker memang dimaksudkan untuk menjadi film standalone yang sangat spesifik untuk Joaquin [Phoenix] dan Todd [Phillips]. Dan tentu saja sebelumnya tidak pernah ada diskusi tentang crossover sama sekali.”

Cukup masuk akal mengapa para penggemar sanga ingin Batman dan Joker bertemu, mengingat kedua karakter ini sama sekali tidak bisa dipisahkan. Jadi ketika mereka hanya tampil dengan filmnya masing-masing dan tidak pernah bertemu, sepertinya hal tersebut akan terasa sedikit aneh, kecuali jika Reeves mempunyai ide Jokernya sendiri yang akan dia hadirkan pada masa depan The Batman. Apakah nanti Joker dan Batman akan bertemu? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.