Jika berbicara tentang karakter paling genius di DC Universe, Gotham sepertinya tidak pernah merasa kekurangan, karena di dalamnya ada banyak sekali karakter yang terkenal karena “otaknya”. Sebagai contoh, Bruce Wayne alias Batman adalah satu-satunya karakter DC yang dijuluki “Detektif Terbaik di Dunia”, julukan tersebut sebenarnya cukup masuk akal karena dia harus menghadapi para villain yang cara berpikirnya di atas rata-rata.

Dan di antara para musuh Batman yang terkenal genius, akhir-akhir ini ada dua nama yang sering diperdebatkan oleh penggemar, yaitu Riddler dan Joker. Hal tersebut bisa terjadi karena di film terbaru DC, The Batman, villain Riddler (Paul Dano) hadir sebagai antagonis utama yang harus dihadapi oleh Batman (Robert Pattinson) sampai filmnya selesai. Dan bagi penggemar yang sudah melihat filmnya, kebanyakan dari mereka terkejut setelah melihat betapa berbahayanya Riddler. Untuk lebih mengetahui siapa yang paling genius di antara Riddler dan Joker, mari kita bahas fakta sebenarnya, Geek!

Riddler, Smartest Guys in the Room

Mempunyai nama asli Edward Nashton atau Edward Nygma, Riddler adalah musuh Batman yang melakukan debutnya di komik Detective Comics #140 pada tahun 1948. Diciptakan oleh Bill Finger dan Dick Sprang, Riddler digambarkan sebagai villain yang sangat terobsesi pada teka-teki, puzzle, dan labirin yang sangat rumit. Riddler biasanya terlihat memakai topi bowler, topeng domino, dan setelan jas berwarna hijau, yang dihiasi dengan motif tanda tanya berwarna hitam, hijau, ungu, bahkan merah.

Dengan pengetahuannya terhadap berbagai permainan otak, Riddler sering menggunakan kecerdasannya untuk mengecoh Batman dan polisi agar membuatnya terlihat lebih unggul. Meskipun tidak mempunyai kekuatan super, tetapi kecerdasan Riddler sudah tidak bisa diragukan lagi. Dalam beberapa kesempatan bahkan dia sering diceritakan berhasil membuat Batman kebingungan dan tidak bisa menjawab pertanyaannya. Apalagi jika Riddler sudah memberikan teka-teki rumit yang membutuhkan waktu sangat lama untuk menyelesaikannya

Akhir-akhir ini Riddler bahkan sering diperlihatkan mampu memberikan berbagai teka-teki dan jawaban yang saling berhubungan satu sama lain, sehingga jawabannya sering sulit untuk bisa dipahami oleh kebanyakan orang. Bahkan dengan kecerdasannya yang sudah sampai ke tingkat “super”, dia terbukti bisa memanipulasi pikiran orang lain dan juga memprediksi perilaku mereka. Dalam permainannya, Riddler selalu tampak seperti orang paling genius, bahkan jika dia berhadapan dengan orang-orang genius lainnya.

Joker, Clown Prince of Crime

Dan dari Riddler, sekarang kita masuk ke villain gila yang satu ini. Sampai detik ini tidak ada yang mengetahui siapa nama asli Joker, yang jelas dia adalah musuh bebuyutan Batman yang sama sekali tidak terpisahkan. Debut Joker delapan tahun lebih dahulu dari Riddler, tepatnya di komik Batman #1 karya Bill Finger, Bob Kane, dan Jerry Robinson, yang dirilis pada tahun 1940 silam. Sampai sekarang, Joker digambarkan sebagai seorang maniak yang konon pernah terjatuh ke dalam bahan kimia sehingga dia kebal racun.

Terlihat sering tertawa tanpa sebab, Joker dapat mudah dikenali dari seringainya yang mengerikan. Umumnya dia sering mengenakan jas berwarna ungu dan rambut yang berwarna hijau, mirip seperti badut yang berada pada level “horor”. Meskipun tidak digambarkan sebagai villain yang genius, tetapi dalam sejarah DC, dia pernah beberapa kali berhasil menipu Batman dan para Bat Family, termasuk dengan mempermalukan mereka agar tampak seperti lelucon.

Berbeda dari Riddler yang sering beraksi di belakang layar, Joker sering terlihat agresif ketika beraksi, dia juga dilengkapi dengan berbagai senjata andalan, termasuk sarung tangan yang bisa menyetrum, bom gigi mainan, dan juga pistol yang terkadang mengeluarkan bendera bertulisan “Bang!”. Dari kacamatanya, Joker melihat semua yang ada di sekitarnya, termasuk Batman dan para penduduk Kota Gotham sebagai bahan lawakan yang bisa membuatnya tertawa.

Siapa Lebih Genius, Joker atau Riddler?

Bukan kali ini saja Joker dan Riddler “diadu” untuk melihat siapa yang akan menang di antara mereka. Pada kenyataannya Joker dan Riddler sudah cukup sering diceritakan sebagai saingan yang berebut kekuasaan di Kota Gotham atau hanya sekadar mencari perhatian dari Batman. Salah satu kisah perselisihan mereka yang paling ikonik pernah diceritakan di “Batman: The War of Jokes and Riddles” karya oleh Tom King dan Mikel Janin pada tahun 2017, mereka dan pasukannya masing-masing diceritakan saling berperang dan menciptakan konflik paling berdarah dalam sejarah Gotham.

Walaupun begitu, jika membandingkan siapa yang paling genius di antara keduanya, hal tersebut sebenarnya hanya satu bagian kecil dari perbedaan mereka, dan kecerdasan Joker sama sekali tidak berada dalam level Riddler. Seumur hidupnya, Riddler mempelajari teka-teki, puzzle, dan labirin karena obsesinya terhadap permainan tersebut, sehingga ketika dewasa dia tumbuh sebagai karakter yang otaknya sudah sangat terasah. Ditambah lagi dia hanya mempunyai satu tujuan, yaitu ingin terlihat paling cerdas di Kota Gotham. Sedangkan Joker tidak terlalu peduli dengan hal tersebut, karena dia hanya ingin semua orang di Kota Gotham tertawa sampai mati.

Itulah mengapa jika membahas siapa karakter paling genius di antara keduanya, tidak diragukan lagi Riddler adalah pemenangnya. Namun, jika membahas siapa yang paling gila, mungkin Joker adalah pemenangnya. Karena dia pernah berhasil menangkap seluruh anggota Bat Family dan memberi menyuruh mereka memakan kulit wajahnya. Sedangkan Riddler, paling hanya bertindak sejauh dirinya agar terlihat lebih genius dari yang lain. Itulah pembahasan mengenai siapa yang lebih genius antara Joker atau Riddler, dan pemenangnya adalah Edward Nygma alias Riddler.