Home MOVIE MOVIE FEATURES 5 Unsur Horror di Dongeng Disney!

5 Unsur Horror di Dongeng Disney!

Selama bertahun-tahun, Disney telah menceritakan banyak sekali dongeng klasik, dari mulai drama percintaan sampai kisah petualangan berbahaya. Berbagai kisah dongeng menarik tersebut telah disampaikan dengan baik melalui film animasi yang pada akhirnya berhasil masuk ke dalam ingatan selama bertahun-tahun sebagai kisah yang tidak mudah terlupakan, di mana beberapa di antaranya tidak jarang juga mempertontonkan hal yang menakutkan dan membuat perasaan menjadi kurang nyaman. Berikut lima hal menakutkan dari dongeng Disney, yang mungkin akan selamanya menghantui ingatan penggemar.

Penampilan dan Visi Horned King (The Black Cauldron)

Debut pada tahun 1985 di film The Black Cauldron, bisa dibilang Horned King adalah villain paling menakutkan yang pernah diceritakan di dongeng Disney. Penampilannya yang mengerikan, membuat siapa pun yang melihatnya merasa terintimidasi. Ditambah lagi, dia dikenal sebagai makhluk yang sangat serakah dan haus akan kekuasaan. Dengan menciptakan pasukan mengerikan yang bersedia menyembahnya dan melakukan apa pun untuknya, Horned King bercita-cita ingin semua makhluk hidup di Bumi hancur. Sekilas berdasarkan penampilan dan juga perbuatannya, Horned King sepertinya terlalu berlebihan untuk berada di kisah Disney yang biasanya ceria dan berakhir dengan happy ending.

Gajah Laut Memakan Bayi Imut (Alice in Wonderland)

Di film animasi asli Alice in Wonderland yang dirilis pada tahun 1951, si kembar Tweedle Dee dan Tweedle Dum sempat menceritakan sebuah kisah yang mengerikan, di mana seekor gajah laut diceritakan mengumpulkan kerang-kerang kecil yang mempunyai wajah lucu dan menggemaskan. Meskipun awalnya gajah laut tersebut memelihara kerang-kerang kecil tersebut sepeti bayi, ternyata pada akhirnya terungkap bahwa dia hanya ingin memakan bayi-bayi kerang tersebut. Ketika gajah laut tersebut memakan mereka, sangat jelas bagaimana wajah ketakutan dari kerang-kerang tersebut. Dan ketika mereka menjerit, pada saat itu penonton muda pasti akan merasa ngeri saat melihatnya.

Anak Gajah Mabuk (Dumbo)

Ketika Dumbo diceritakan tidak sengaja mabuk di film Dumbo yang dirilis pada tahun 1941, dia terlihat sangat teler dan bahkan sampai berhalusinasi. Saat dirinya sedang mabuk, Dumbo berhalusinasi melihat ada banyak gajah yang menari dan memainkan alat musik orkestra. Yang membuatnya mengerikan adalah halusinasi gajah tersebut mengeluarkan bentuk-bentuk aneh, seperti gajah berkaki panjang, serta belalai yang berubah menjadi terompet dan meledak ketika ditiup. Adegan ini seharusnya menyenangkan, tetapi ketika anak kecil melihatnya, tidak jarang mereka justru akan merasa tidak nyaman, khususnya karena melihat anak gajah yang matanya teler dan sedang berhalusinasi.

Diubah Jadi Keledai (Pinocchio)

Dari sekian banyak dongeng Disney, hanya film Pinocchio (1940) yang perbuatan villainnya sama sekali tidak dibalas. Coachman adalah villain di filmnya yang diceritakan memancing anak nakal, termasuk Pinocchio, ke sebuah pulau misterius yang disebut Pleasure Island. Di pulau tersebut anak-anak akan disuguhi apa pun yang dia mau, sampai akhirnya mereka lelah dan tiba-tiba berubah menjadi keledai. Yang lebih mengerikannya lagi, ketika Pinocchio diperlihatkan berhasil kabur, anak-anak yang lain justru tidak bisa kabur dari Pleasure Island dan selamanya menjadi keledai serta tidak bisa pulang ke rumahnya masing-masing.

Imajinasi Monster Hutan (Snow White)

Dirilis pada tahun 1937, film Snow White and the Seven Dwarfs telah menjadi tontonan yang kisahnya terkenal sampai sekarang, tentang seorang putri yang terlepas dari kutukan setelah dicium oleh pangeran. Namun, yang jarang diketahui oleh anak zaman sekarang adalah kisah aslinya, di mana ada satu adegan saat sang putri diperlihatkan lari ke dalam hutan karena takut ratu jahat akan membunuhnya. Di dalam hutan, Snow White berhalusinasi melihat banyak monster hutan, termasuk ranting pohon yang menjadi lengan monster, begitu juga dengan batang pohon yang berubah menjadi buaya. Pada saat itu sepertinya semua anak yang melihatnya pasti akan ikut merasa ketakutan.

Meskipun kisah keseluruhan dari kelima dongeng ini telah berhasil menghibur para penontonnya, tetapi berbagai adegan yang menakutkan di dalam filmnya kemungkinan akan tetap terngiang-ngiang di dalam pikiran siapa pun yang pernah melihatnya. Apalagi karena hal tersebut tidak akan pernah terulang lagi dalam kisah dongeng modern Disney. Kita tidak akan lagi melihat anak gajah yang mabuk, kemudian bayi yang dimakan oleh gajah laut, dan juga villain yang sangat ingin manusia musnah, karena hal tersebut akan terasa sangat mengerikan jika kembali diceritakan. Itulah lima hal menakutkan yang pernah diceritakan di dongeng Disney.

Exit mobile version