Meskipun baru tayang di bioskop, film The Batman digadang-gadang akan menjadi awal Bat-Verse yang kedepannya akan dilanjutkan dengan berbagai sekuel dan spin-off. Adapun tayangan Bat-Verse selanjutnya yang saat ini tengah dikembangkan adalah serial Gotham City Police Departement yang berfokus pada kisah James Gordon dalam memberantas korupsi di dalam GCPD sendiri, serta serial solo Penguin yang kemungkinan akan menceritakan bagaimana dirinya menjadi pemimpin mafia berpengaruh di Kota Gotham.

Sama-sama dimaksudkan untuk tayang di layangan streaming HBO, serialnya dipastikan akan kembali melibatkan para aktor dari film The Batman. Untuk serial GCPD, aktor Jeffrey Wright akan kembali memainkan karakter James Gordon yang kemungkinan akan mulai menjadi komisaris di serialnya nanti. Dan untuk serial Penguin, tentu saja bintang utamanya, yaitu Oswald “Oz” Cobblepot alias Penguin, akan diperankan kembali oleh Colin Farell yang berhasil menghidupkan musuh Batman tersebut dengan sangat baik.

Meskipun kedua plot serial tersebut masih rahasia, baru-baru ini, sutradara The Batman Matt Reeves memberikan sedikit bocoran terkait apa yang akan diceritakan dalam salah satu serial HBO tersebut. Dalam sesi wawancaranya dengan Toronto Sun, Reeves mengatakan, “Selain mengerjakan itu [Penguin], kami juga tengah mengerjakan serial lain yang akan berhubungan dengan Arkham [Asylum]. Kami memang sempat memikirkan film selanjutnya, tetapi saya ingin penggemar terlebih dahulu merasa terhubungan dengan The Batman, dan saya sakit karena Robert [Pattinson] adalah Batman yang luar biasa.”

Di DC Comics sendiri Arkham Asylum yang mempunyai nama resmi The Elizabeth Arkham Asylum for the Criminally Insane adalah penjara super ketat yang diciptakan khusus untuk mengurung berbagai supervillain gila, seperti Riddler, Joker, Bane, Poison Ivy, dan sebagainya. Diciptakan oleh Denny O’Neil dan Irv Novick melalui komik Batman #258 (1974), Arkham Asylum adalah penjara yang sangat erat dengan Kota Gotham karena memang biasanya dipakai untuk mengurung musuh-musuh Batman.

Sejauh ini masih belum diketahui apakah serial yang dimaksud Reeves akan berhubungan dengan Arkham Asylum adalah GCPD atau bukan. Mengingat sebelumnya sempat beredar rumor juga bahwa WB tengah mengembangkan serial dengan judul produksi “Arkham”, jadi ada kemungkinan produksi yang dimaksud adalah serial baru selain GCPD dan Penguin. Kita nantikan saja perkembangan kabar selanjutnya mengenai berbagai serial spin-off The Batman ini ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.