Sepanjang sejarahnya di Kota Gotham, Batman sering kali bertemu dengan villain genius yang berusaha mengalahkan dirinya dengan cara mengecohnya. Dan dari sekian banyak villain tersebut, Edward Nygma alias Riddler adalah salah satu yang paling sering membuat Batman kebingungan dengan teka-tekinya. Dikenal sebagai villain yang jenaka sekaligus mengerikan, Riddler telah memberikan banyak sekali teka-teki yang sangat membingungkan selama berkarier sebagai penjahat di Kota Gotham. Dan lima di antara teka-teki adalah yang paling membingungkan sekaligus mempunyai sejarah yang menarik. Teka-teki apa saja yang dimaksud? Simak di bawah ini, Geeks!

Detective Comics #140 (1948)

“Mengapa Jagung Sulit Dikeluarkan?” Teka-teki tersebut pertama kali dikeluarkan oleh Riddler saat baru melakukan debutnya sebagai musuh Batman dan Robin. Dalam kejadian di Detective Comics #140, Batman yang mengendarai Batmobile-nya diceritakan sedang mengejar sebuah truk dengan jagung raksasa di atasnya. Setelah berpikir untuk beberapa saat, Batman akhirnya menjawab “karena jagung itu maize.” Dalam bahasa Inggris, Maize artinya jagung juga, tetapi maksud dari teka-teki Riddler adalah maize yang terdengar seperti “maze” atau labirin, itulah mengapa jagungnya sangat sulit dikeluarkan.

Dark Knight, Dark City (1990)

“Daunku Tidak Berubah Ketika Malam Hari. Biasanya, Aku Penuh Cacing di Siang Hari. Banyak Bicara, Tetapi Sangat Hening.” Sejauh ini banyak penggemar yang setuju bahwa Batman: Dark Knight, Dark City adalah salah satu kisah Batman yang paling ikonik. Di awal komik ini, Riddler menyampaikan teka-teki tersebut kepada Batman melalui seorang pemberi pesan, dan “buku” adalah jawaban Batman. Jawaban tersebut mengacu pada kutu buku dalam bahasa Inggris yaitu “bookworm” atau cacing buku. Kemudian banyak bicara maksudnya banyak kalimat di dalam buku tetapi sama sekali tidak bersuara atau hening.

The Batman Adventures #10 (1992)

“Apa Yang Punya Sayap Tetapi Tidak Bisa Terbang, Punya Kaki Tetapi Tidak Bisa Berjalan, Dan Punya Mata Tetapi Tidak Bisa Melihat?” Di komik The Batman Adventures #10, tepatnya di kisah “The Last Riddler Story”, Riddler pernah memberi teka-teki terakhir kepada Batman agar dia bisa kabur. Sayangnya Batman tidak bisa menjawabnya sehingga Riddler berhasil kabur. Jawaban sebenarnya sangat sederhana yaitu “burung mati”, di mana banyak yang percaya bahwa maksud Riddler memberikan pertanyaan tersebut adalah karena dia tahu Batman tidak akan bisa menjawabnya dan mengejarnya, sehingga dia menganggap Batman sebagai burung yang telah mati.

Gotham City Sirens (2009)

“Apa Persamaan Bank dan Gunung?” Meskipun pemeran utama di komik Gotham City Sirens adalah Catwoman, Poison Ivy, dan Harley Quinn, tetapi hal tersebut tidak membuat Riddler berhenti memberikan teka-tekinya. Saat Catwoman, Poison Ivy, dan Harley Quinn kebingungan, ternyata jawabannya sesimpel jawaban dari teka-teki pertama Riddler di Detective Comics, yaitu hanya permainan kata. Jawabannya adalah “piques” yang artinya kesal. Maksudnya Riddler adalah banyak orang yang kesal ketika membahas uang di bank, dan kata piques dibaca sama seperti kata “peak” yang artinya puncak. Jadi persamaannya adalah Piques/peak, yang merujuk pada kemarahan di bank dan puncak gunung.

Batman #33 (2014)

“Kekuatan Terbesarku Adalah Mengetahui Kelayakanku Sendiri. Aku Memeluk Diriku Dengan Sangat Kuat Pada Setiap Penciptaan.” Di komik Batman #33, bukan hanya Batman saja yang merasa kebingungan dengan teka-teki tersebut, tetapi juga hampir semua warga Kota Gotham yang mendengarnya. Menariknya, jawabannya ternyata sangat simpel, yaitu “simpul tali”, karena simpul tali pasti dimaksudkan untuk mengikat dengan kuat dan akan saling memeluk dirinya sendiri ketika dibuat menjadi suatu simpul. Meskipun Batman gagal menjawabnya, syukurnya dia tetap bisa berhasil mengalahkan Riddler di akhir kisah tersebut.

Kelima teka-teki di daftar ini mungkin terdengar mudah karena beberapa dari kalian mungkin sudah pernah mendengarnya dan mengetahui jawabannya. Namun, ketika pertama kali teka-teki ini keluar dari mulut Riddler, bukan hanya Batman saja yang kebingungan, tetapi para pembaca komiknya juga. Di mana hal tersebut justru menjadi daya tarik kisah Batman dan Riddler, apalagi tidak jarang harus menunggu beberapa volume komik sampai akhirnya terjawab oleh Batman atau Riddler sendiri. Itulah lima teka-teki Riddler paling membingungkan di Marvel Universe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.