Setelah lama dinantikan oleh para fans, film produksi dari DC Film dan Warner Bros. karya Matt Reeves, The Batman, akhirnya resmi tayang di bioskop. Film ini menghadirkan aktor pemeran Bruce Wayne baru setelah sebelumnya DC Film menghadirkan sosok Ben Affleck sebagai karakter Bruce Wayne.

Dalam film The Batman, aktor Robert Pattinson yang kemudian ditunjuk sebagai Bruce Wayne. Selain menghadirkan karakter yang berbeda, The Batman juga menghadirkan sesuatu yang baru bagi franchise Batman. Seperti yang pernah diungkapkan oleh sang sutradara, bahwa film ini akan menghadirkan lebih banyak unsur detektif dari Batman dibandingkan aksinya.

Villain yang dihadapi Batman pun cukup menarik karena dalam filmnya, Batman menghadapi sosok The Riddler, yang digambarkan sebagai sosok yang kejam, brutal, gelap, misterius, dan penuh dengan teka-teki. Setelah perjuangan yang cukup panjang dan berbagai hal dilakukan oleh Batman, akhirnya dia pun berhasil menangkap sosok Riddler dan memindahkannya ke penjara Arkham.

Yang menarik, di akhir filmnya, ketika Riddler sedih dan kecewa bahwa rencana besar yang sudah dia siapkan sejak lama gagal, dia kemudian mendengar suara seseorang dari ruangan sebelah tempatnya dikurung. Namun, kita masih belum mengetahui secara pasti siapa sosok misterius yang berbicara dengan Riddler meskipun spekulasi bermunculan bahwa sosok misterius tersebut adalah Joker.

Diperankan Oleh Aktor Muda

Spekulasi mengenai sosok misterius yang berbicara dengan Riddler adalah Joker didukung oleh beberapa petunjuk yang dihadirkan. Pertama, dalam percakapannya dengan Riddler, sosok ini sempat menyinggung kata “badut.” Dan kita tentu tahu bahwa Joker sangat erat dengan sebutan atau sebutan “badut.” Kemudian dari tawa yang muncul di akhir percakapan. Tawa yang dihadirkan sangat mirip dengan tawa dari Joker.

Siapa kemudian yang memerankan karakter tersebut? Aktor Barry Keoghan adalah sosok di balik bayang-bayang tersebut. Geeks mungkin masih ingat dengan sosok Barry Keoghan yang muncul dalam film garapan Marvel Studios, Eternals. Selain itu, Barry Keoghan juga sempat bermain di film fenomenal karya Christopher Nolan, Dunkirk.

Rumor mengenai Barry Keoghan yang berperan sebagai Joker di film The Batman sebenarnya sudah bermunculan di kalangan fans cukup lama. Berdasarkan laporan The Direct beberapa waktu lalu, di awal laporan mengenai kemunculan sosok Joker di film The Batman, memang masih belum ada kabar siapa yang akan memerankan Joker.

Namun, setelah beberapa waktu kemudian muncul nama aktor Barry Keoghan, yang sebelumnya berperan sebagai Druig. Barry Keoghan sendiri diketahui sering membantah mengenai kabar keterlibatan dirinya dalam proyek film The Batman. Namun, saudara dari Keoghan sempat merespon laporan tersebut pada musim gugur kemarin, di mana dia menulis sebuah unggahan yang isinya menyatakan “adiku memerankan Joker di (film) baru Batman.”

Selain itu, sebelum perilisan dari The Batman, dalam kertas credit title yang muncul secara daring sempat menyebutkan bahwa sang aktor memerankan karakter “Tahanan Arkham Tidak Terlihat.” Dan semua petunjuk-petunjuk tersebut ternyata memang saling terhubung, mulai dari “perannya” dalam daftar credit title, sampai pada petunjuk di akhir filmnya, memang menunjukan bahwa Barry Keoghan adalam pemeran sosok Joker di film The Batman.

Joker Akan Kembali Muncul?

The Direct juga sempat menyebutkan dalam laporan eksklusifnya bahwa sosok Joker yang baru ini kemungkinan akan digunakan atau muncul dalam “film kedua atau ketiga,” dan sang karakter akan “direferensikan” dalam film The Batman, yang mana hal tersebut memang sudah terbukti di akhir film.

Dengan adanya konfirmasi sementara mengenai Barry Keoghan yang akan memerankan karakter Joker, tentunya Geeks penasaran bagaimana penampilan dari sosok joker versinya. Penampilan dari Joker selalu menjadi sorotan para fans. Kita bisa melihat hal ini dari perbandingan antara Heath Ledger, Jared Leto, dan Joaquin Phoenix.

Para fans banyak yang memuji penampilan Joker dari Heath dan Phoenix, sedangkan reaksi sebaliknya diperlihatkan para fans saat Leto memerankan karakter tersebut. Lalu, bagaimana dengan penampilan Barry Keoghan sebagai Joker? Kita melihat bagaimana dahsyatnya perubahan besar Collin Farrell sebagai Penguin dengan adanya kosmetik khusus.

Meskipun Joker versi Barry Keoghan tetap akan membutuhkan cat wajah yang sudah menjadi ciri khasnya, tetap saja dia membutuhkan kosmetik khusus layaknya Penguin untuk menyempurnakan penampilannya. Selain eyeshadow hitam dan bibir merah, bekas luka di wajahnya juga menjadi ciri khas lain dari penampilan Joker.

Selain dari segi penampilan, yang juga perlu diperhatikan adalah bagaimana reaksi para fans mengenai sosok Joker tersebut. Dari pengalaman ketiga aktor di atas – Leto, Phoenix, dan Ledger – kita tahu bagaimana reaksi negatif membanjiri sosok Jared Leto saat dia memerankan karakter Joker. Dan hal sebaliknya terjadi saat Ledger dan Phoenix memerankan karakter ini.

Untuk saat ini, memang masih belum diketahui bagaimana tanggapan para fans mengenai Joker versi Barry Keoghan karena karakternya masih belum muncul secara fisik. Namun, melihat berbagai hal yang beredar di jagat maya, sepertinya reaksi dari para fans cukup positif. Meskipun begitu, kita masih harus menunggu bagaimana penampilan Barry Keoghan dalamĀ full costume dari sosok Joker.

Bagaimana Joker Bisa Masuk di Trilogi The Batman

Film The Batman sudah “memperlihatkan” sosok Joker di akhir filmnya melalui suara tawa yang khas dan juga referensi dari kalimat yang dia ucapkan. Dengan adanya laporan yang menyebutkan bahwa Joker akan muncul di film kedua atau ketiga dari trilogi The Batman karya Matt Reeves, bagaimana kemudian Joker bisa masuk dalam ceritanya?

Ada kemungkinan bahwa Matt Reeves akan mengadaptasi cerita dari komik Batman Vol. 2 karya Scott Snyder dan Greg Capullo, yang dirilis pada 2011 kemarin. Di penjara Arkham, Joker mengetahui dan mengakui kecerdasan dari sosok Riddler. Namun, ternyata semua hal yang terjadi ternyata rencana besar Joker untuk memanfaatkan Riddler.

Tujuannya adalah agar Joker bisa keluar dari Arkham. Riddler bersama para villain lainnya seperti Joker, Two-Face, Clayface, dan Penguin, kemudian bekerja sama, sebelum kemudian akhirnya berhasil diringkus oleh Batman. Hal ini pun bisa diaplikasikan oleh Matt Reeves di sekuel The Batman nanti, di mana Joker akan memanfaatkan Riddler untuk bisa kabur dari Arkham.

Dan ketika momen tersebut terjadi, mungkin selain Riddler dan Joker, kita akan melihat para villain lainnya. Dan setelah keduanya sama-sama bebas, kita akan melihat keduanya saling “berperang” satu sama lain seperti dalam cerita “The War of Jokes and Riddles.” Dalam cerita tersebut, Riddler diperlihatkan berhasil membuat Gotham diselimuti kepanikan dan kekacauan.

Saat itu, Riddler sedang berperang melawan Joker yang sudah mulai kehilangan rasa humornya. Batman yang sudah tidak sanggup dengan semuanya, akhirnya memutuskan untuk mengakhiri nyawa Riddler yang mana hal tersebut kemudian dicegah oleh Joker. Momen tersebut justru membuat Joker kembali bisa tertawa, karena dia merasa bahwa Batman yang kehilangan kendali adalah sesuatu yang lucu.

Dengan apa yang terjadi di film The Batman dan juga berbagai hal yang dibuat oleh Riddler, momen bergabungnya para villain tersebut, film sekuelnya nanti akan semakin membuat Batman berkembang dan semakin kuat, mengingat The Batman merupakan cerita tentang dua tahun awal kemunculan Batman di Gotham.

The Batman berhasil menghadirkan warna baru bagi franchise Batman dengan menghadirkan sosok Riddler sebagai villain utama di filmnya. Namun, sepertinya DC Film masih belum mau Batman kehilangan “belahan jiwanya” yaitu Joker. Dan aktor Barry Keoghan akan menjadi aktor yang memerankan karakter Joker tersebut. Apakah penampilannya epik? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.