Secara garis besar Marvel Universe dipenuhi dengan banyak superhero dengan berbagai kekuatan dan kemampuan yang tidak masuk akal. Dan salah satu kemampuan super, khususnya di Marvel Comics, yang paling unik serta jarang dimiliki oleh karakter lain adalah kekuatan atau kesaktian yang berasal dari matanya. Dari mulai superhero yang memang hanya mengandalkan kekuatan super dari matanya, sampai superhero yang kekuatan matanya berasal dari rangkaian kemampuan supernya, berikut lima superhero di Marvel Universe yang mempunyai kekuatan mata paling sakti!

Cyclops

Dari sekian banyak karakter yang bisa menembakan energi laser dari matanya, bisa dibilang Scott Summers alias Cyclops adalah yang paling kuat. Sebagai salah satu mutan pendiri X-Men, Cyclops cukup disegani karena kesaktian matanya tersebut. Bahkan karena kesaktian matanya yang sangat dahsyat dan tidak mudah dikendalikan, dia harus mengenakan kacamata ruby-quartz ke mana pun dirinya pergi, karena jika tidak, laser dari matanya akan bisa melukai orang-orang di sekitarnya. Hebatnya lagi, laser dari matanya ini bisa memantul dan bertambah banyak jika mengenai kaca, seolah-olah Cyclops bisa mengendalikannya.

Eye-Boy

Mempunyai nama asli Trevor Hawkins, Eye-Boy adalah salah satu anggota muda X-Men yang terkenal mempunyai kemampuan mutan yang sangat unik, yaitu 57 mata yang tumbuh di sekujur tubuhnya. Menariknya, dari semua matanya tersebut, masing-masing bola mata mempunyai kemampuan istimewanya sendiri, dari mulai mata tembus pandang, mata night-vision, mata teleskop, mata miksroskop, mata x-ray, dan masih banyak lagi. Walaupun tidak mempunyai kemampuan bertarung seperti kebanyakan anggota X-Men, tetapi Eye-Boy saat berguna bagi tim sebagai support yang multifungsi.

Heimdall

Di Marvel Comics sendiri Heimdall bisa dibilang adalah salah satu dari sepuluh Asgardian paling kuat bersama jajaran dewa lainnya seperti Thor, Odin, Bor, dan Cul. Dan salah satu faktor yang membuatnya sangat terkenal adalah kemampuan intuisi kosmiknya, yang memungkinkan matanya bisa melihat semua yang terjadi di alam semesta, khususnya di Nine Realms kekuasaan Odin. Selain karena kemampuan bertarungnya yang tidak kalah hebat juga, musuh mana pun akan sangat kesulitan untuk mendekati Heimdall yang mempunyai kesaktian mata tersebut, ditambah lagi dia juga terkenal tidak pernah tidur.

Invisible Woman

Ketika radiasi kosmik di ruang angkasa mengubah para anggota Fantastic Four menjadi manusia super, Sue Storm alias Invisible Woman adalah satu-satunya yang diberkahi kekuatan mata super. Meskipun kemampuan mata x-ray milik Invisible Woman jarang dibahas karena bukan kekuatan utamanya, tetapi dengan matanya tersebut dia bisa melihat hampir semua medan energi yang tidak bisa dilihat oleh mata biasa, khususnya ketika dia mengeluarkan kekuatan medan energi sebagai bentuk pertahanan. Kehebatan matanya pernah dibuktikan juga saat dirinya diceritakan masih bisa melihat ketika mengalami buta sementara karena sebuah kecelakaan.

Jean Grey

Jean Grey alias Phoenix alias Marvel Girl adalah salah satu mutan sekaligus anggota X-Men yang paling kuat di Marvel Universe. Dengan kekuatan mutannya yang makin sakti karena Phoenix Force, Jean Grey bisa menggunakan kemampuan telepatinya untuk memproyeksikan pikirannya kepada orang lain, menciptakan ilusi, dan memindahkan objek dengan pikirannya. Namun, semua itu masih belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kekuatan matanya yang mengerikan. Meskipun bukan kekuatan mata murni, melainkan kekuatan yang berasal dari pikirannya, tetapi mata Jean Grey memungkinkan dia untuk menghancurkan tubuh seseorang hanya dengan melihatnya saja.

Meskipun Marvel Universe dipenuhi dengan berbagai karakter yang terkenal karena kekuatan atau kecepatan supernya, tetapi selalu ada tempat untuk para superhero yang memiliki kemampuan mata super, khususnya bagi kelima karakter ini. Hal tersebut mungkin karena kekuatan super yang berhubungan dengan mata adalah salah satu yang mudah dimengerti sekaligus menarik untuk dimiliki. Itulah lima superhero yang mempunyai mata paling sakti di Marvel Universe.