X-Men dan para mutan adalah salah satu elemen penting yang tidak bisa dipisahkan begitu saja dari sejarah Marvel Universe, mengingat ada banyak sekali anggota X-Men dan mutan yang terkenal sangat kuat, termasuk jika dibandingkan dengan para superhero atau supervillain Marvel pada umumnya. Menariknya, di dalam ras mutan sendiri mereka mempunyai klasifikasi yang menentukan sekuat apa para individu mutan di Marvel Universe. Dari mulai Alpha Level sampai Omega Level, berikut tujuh mutan paling kuat di Marvel Universe!

Professor X

Selain dikenal sebagai mutan pendiri X-Men, Professor Charles Xavier juga adalah salah satu makhluk paling genius di Bumi. Sebagai seorang mutan Alpha Level, Professor X mempunyai kemampuan utama yang berfokus pada telepatinya, di mana dia bisa mengendalikan pikiran orang lain, mentrasfer pikirannya kepada orang lain, termasuk mengetahui lokasi semua mutan di muka Bumi dengan bantuan alat canggih yang disebut Cerebro. Sejak pertama kali mutan diperkenalkan di Marvel Universe, sampai sekarang Professor X masih dipercaya sebagai salah satu mutan terkuat yang pernah ada.

Magneto

Selain Professor X, salah satu mutan pertama lainnya yang terkenal sangat kuat adalah mantan pemimpin tim supervillain mutan Brotherhood of Evil yang bernama Magneto. Dikenal sebagai mutan yang mempunyai pemikiran radikal, Magneto sangat ingin mutan menjadi ras yang paling dihormati di Bumi. Hal tersebut pada akhirnya mendorong mutan berkekuatan magnet ini menjadi salah satu mutan Alpha yang berhasil menembus klasifikasinya sendiri dan menjadi mutan Omega Level yang konon kesaktiannya mendekati dewa. Salah satu prestasi epiknya adalah menjadi pioner para mutan yang memindahkan rumah mereka, Krakoa, ke Planet Mars.

Legion

Mempunyai nama asli David Haller, Legion adalah anak dari Professor X yang menderita kepribadian ganda, di mana masing-masing alter egonya mempunyai kekuatan hebatnya masing-masing. Pada akhirnya terungkap bahwa kepribadian gandanya tersebut disebabkan oleh kekuatan mutannya yang termasuk dalam kategori Omega Level. Berbeda dari ayahnya, selain bisa memanipulasi pikiran orang lain, Legion juga bisa membawa orang lain ke dalam pikirannya, memanipulasi elemen, berubah bentuk, sampai melakukan time travel sesuka hatinya.

Kid Omega

Sebagai mutan baru yang diperkenalkan di New X-Men, Quentin Quire alias Kid Omega adalah salah satu murid Professor X yang berkembang dengan sangat pesat sampai akhirnya menjadi mutan yang sangat kuat. Sayangnya, karena pemikirannya yang tidak stabil dan cenderung agresif, Kid Omega mengambil jalan villain sebagai teroris yang membunuh banyak manusia dengan kekuatan pikirannya. Identitas Kid Omega sendiri didapat karena dia sudah menjadi salah satu mutan Omega Level pada usianya yang relatif muda.

Jean Grey

Dari kemampuannya saja, sudah cukup jelas bahwa Jean Grey alias Phoenix adalah salah satu mutan Omega Level yang terkenal karena kekuatan dahsyatnya. Bahkan tanpa Phoenix Force saja, Jean bisa dengan mudah membunuh seseorang hanya dengan melihatnya. Kemampuan telepati dan psikisnya digadang-gadang sebagai salah satu yang terkuat di Marvel Universe. Belum lagi ketika dia menyatu dengan Phonenix Force dia menjadi salah satu makhluk paling kuat di galaksi, di mana dia terbukti bisa memanipulasi energi kosmik, dan mempunyai daya tahan serta stamina yang sangat kuat.

Onslaught

Sampai saat ini sepertinya tidak ada mutan yang lebih mengerikan dari Onslaught. Berawal dari pikiran Professor Charles Xavier dan Magneto yang digabungkan, lahirlah sosok Onslaught yang dengan mudah membantai para mutan dan superhero Bumi dengan kekuatan magnet dan telekinesisnya. Meskipun tidak ada pernyataan resmi mengenai klasifikasi kekuatan mutannya, tetapi banyak yang percaya bahwa Onslaught ada pada level yang lebih tinggi dari Omega, di mana level tersebut bahkan belum pernah diklasifikasikan oleh Marvel sendiri.

Apocalypse

En Sabah Nur alias Apocalypse adalah salah satu mutan pertama di Bumi yang lahir sekitar ribuan tahun lalu di Mesir kuno. Meskipun Marvel mengkasifikasikan Apocalypse sebagai mutan Alpha Level, tetapi dia dikenal abadi dan bisa memanipulasi setiap molekul di tubuhnya untuk beradaptasi dengan keadaan musuhnya, di mana dia terbukti bisa berubah bentuk, memperbesar atau memperkecil tubuhnya, menciptakan senjata, sampai memindahkan kesadarannya kepada orang lain. Dengan rangkaian kekuatannya tersebut, sebenarnya Apocalypse bisa saja masuk dalam kategori Omega Level, yang mengukuhkan posisinya sebagai mutan berkekutan dewa.

Dengan klasifikasi mutan, sebenarnya kita sudah bisa tahu siapa saja yang termasuk dalam kategori mutan terkuat. Namun, dari daftar ini dan juga sejarah panjang mutan di Marvel Universe, ternyata ada juga mutan Alpha Level yang jauh lebih hebat dari mutan Omega lainnya, seperti Professor X. Artinya, klasifikasi mutan sendiri tidak begitu valid mengingat penulis Marvel tidak jarang memperlihatkan mereka kalah oleh mutan level yang lebih rendah, khususnya karena popularitasnya yang sangat terkenal di mata penggemar. Itulah tujuh mutan terkuat yang pernah diceritakan di Marvel Universe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.