Dalam sejarahnya, Gotham adalah salah satu kota besar tertua dan paling terkenal yang pernah diceritakan oleh DC. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1940 di komik BatmanĀ #4 karya Bill Finger dan Bob Kane, lokasi Gotham berada di New Jersey, Amerika Serikat. Meskipun terletak di negara yang sangat maju, tetapi ada beberapa hal yang Kota Gotham terasa sangat aneh, seakan-akan kotanya berada di dunia yang sangat jauh. Seperti apa saja keanehan yang hanya ada di Kota Gotham dan tidak mungkin ada di kota-kota lain di DC Universe. Simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

Menolak Modernisasi

Jika dibandingkan dengan Kota Metropolis yang terkenal lebih maju dari zamannya, khususnya untuk kegiatan jurnalis, Gotham hanya kota Gothic yang tetap mempertahankan sebagian besar penampilannya sudut kotanya. Selain suasana di jalanan yang tampak gelap dan kelam, gedung-gedungnya juga sebagian besar mempunyai gaya arsitek yan sama, di mana cat yang dipakai cenderungg berwarna gelap. Namun, walaupun begitu, Kota Gotham juga mempunyai berbagai teknologinya sendiri, yang sebagian besar adalah buatan Wayne Enterprise, Inc. dan beberapa perusahaan “lokal” lainnya.

Polisi Tidak Banyak Membantu

Selain suasana kotanya yang gothic dan cenderung kelam, di dalamnya juga tidak terlalu aman, karena hampir setiap saat selalu terjadi tindak kejahatan. Padahal jika melihat jumlah polisi dan sarana Gotham City Police Departement-nya, keamanan Kota Gotham sendiri seharusnya terjaga dengan baik. Namun, pada kenyataannya justru polisi GCPD tidak terlalu berperan besar dan malah sering diperlihatkan kalah oleh para villain yang jumlahnya lebih sedikit. Belum lagi ketika Batman dan Bat Family-nya berhasil menangkap para villain dan memenjarakannya di GCPD, para villain tersebut justru selalu berhasil kabur.

Banyak Superhero Brutal

Kelemahan dari GCPD sendiri pada akhirnya memaksa para superhero atau vigilante turun langsung ke jalan untuk mengatasi “masalah” di Kota Gotham, di mana hal tersebut membuatnya tampak lebih aneh lagi. Sementara para superhero umumnya mempunyai tampilan yang berwibawa dan selalu menjadi harapan bagi warga kota, kota Gotham justru dipenuhi para superhero kelam yang terkenal brutal ketika melakukan aksinya. Hal tersebut mungkin bukan tanpa alasan, mengingat para villain di Kota Gotham juga cukup brutal.

Budaya Korupsi

Selain penjahat yang menguasai setiap sudut jalan di Kota Gotham, ternyata ada juga penjahat berdasi yang biasanya menduduki posisi penting dikotanya. Para penjahat tersebut membuat kota Gotham seakan-akan tidak mempunyai kebaikan atau keunggulan dari kota lain, khususnya karena hampir setiap lini lembaga resmi di kotanya ternyata dipenuhi oleh para koruptor yang sibuk memperkaya diri sendiri. Yang lebih parahnya lagi, Kota Gotham juga lebih sering dipimpin oleh wali kota yang korup, bahkan villain seperti Penguin juga pernah menjadi wali kotanya, jadi tidak aneh jika pada akhirnya korupsi di Gotham menjadi suatu budaya yang mendarah daging.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.