Semua superhero di DC Universe pasti mempunyai musuh bebuyutan yang sering diceritakan paling mengenal sang protagonis, tanpa terkecuali Batman yang sangat erat hubungannya dengan Joker. Di antara semua supervillain yang pernah diperkenalkan oleh DC, bisa dibilang Joker adalah yang paling populer sekaligus mengerikan. Karena kegilaan yang ada di dalam kepalanya, Batman sering kali kebingungan dengan tujuan dari villain yang satu ini. Dan yang lebih mengerikannya lagi, karena di atas langit masih ada langit, artinya di atas Joker juga masih ada Joker lain yang lebih mengerikan. Berikut lima versi Joker yang paling gila di DC Universe!

Endgame Joker

Di kisah yang berjudul Endgame, Joker pernah digambarkan seperti Dewa Kekacauan yang bisa muncul kapan saja dan di mana saja sesuai keinginannya. Selain wajahnya yang tampak sangat pucat, Joker yang satu ini pernah muncul secara tiba-tiba di semua latar foto yang ada di sebuah album foto, kemudian dia juga pernah tiba-tiba muncul dari bawah kasur hanya untuk mengambarkan betapa mengerikannya monster yang selama ini ada dalam pikiran anak-anak. Selain berhasil membuat Kota Gotham merasakan kengeriannya, di akhir cerita juga diperlihatkan bagaimana akhirnya Batman menjadi lupa ingatan karena ulah sang Joker versi dewa ini.

Death of Family Joker

Sebagai bagian dari kisah New 52, Joker versi Death of Family diceritakan mencabut wajahnya sendiri untuk memproklamirkan bahwa dirinya telah terlahir kembali sebagai sosok baru yang lebih mengerikan dari sebelumnya. Ketika berhasil kabur dari penjara, Joker yang satu ini langsung memulai aksi gilanya dengan membunuh sembilan belas polisi hanya untuk mengambil kembali wajahnya. Dia kemudian memasangkan kembali wajah lamanya dengan dengan cara paksa, sebelum akhirnya memotong-motong kulit wajahnya tersebut dan memberikannya kepada Bat Family, termasuk Batman.

Arkham Asylum Joker

Dari penampilannya saja sudah sangat jelas bahwa Joker yang muncul di Arkham Asylum adalah salah satu yang paling mengerikan. Bentuk wajah yang tidak jelas dan rambut yang berantakan, membuat versi Joker ini lebih mirip seperti hantu daripada manusia. Bahkan dari semua Joker mengerikan di daftar ini bisa dibilang Joker Arkham Asylum adalah yang paling menjijikan, karena ada banyak adegan di halaman komiknya yang membuat siapa pun yang membacanya bisa merasakan kegilaan dari cara berpikir Joker yang satu ini.

The Killing Joke Joker

Sudah tidak diragukan lagi bahwa Joker yang muncul di kisah The Killing Joke, adalah salah satu versi joker yang paling kelam dan juga paling membuat gelisah siapa pun yang melihatnya. Salah satu tindakannya yang paling brutal adalah menembak Barbara Gordon sampai membuatnya lumpuh di rumahnya sendiri. Yang membuat penggemar terkejut adalah fakta bahwa Joker bisa datang kapan saja mengetuk rumah seseorang dan menembaknya. Bahkan versi The Killing Joke ini bisa dibilang adalah salah satu Joker yang terbukti membuat Batman merasa kalah di ending kisahnya.

The Dark Knight Returns Joker

Meskipun Joker yang satu ini bukan Joker yang paling buruk rupa, tetapi kemunculannya di komik The Dark Knight Rises telah berhasil mengukuhkan posisinya sebagai salah satu musuh Batman yang paling paling berbahaya di DC Universe. Joker versi ini digambarkan sebagai seorang manipulator licik yang mempunyai obsesi gila terhadap Batman.

Ketika Batman yang telah lama pensiun memutuskan untuk kembali lagi menjadi penjaga Kota Gotham, Joker yang sedang sakit ini kembali beraksi hanya untuk membuat Batman buruk di mata Gotham bahkan dunia, dan setelah misinya berhasil, dia kemudian mematahkan lehernya sendiri sambil menertawakan nasib sang Dark Knight yang dibenci oleh orang-orang di sekitarnya.

Itulah lima versi Joker paling gila yang pernah diceritakan di DC Universe. Meskipun tidak semua Joker di daftar ini mempunyai penampilan yang mengerikan, tetapi ada satu hal yang sama dari kelima Joker ini, yaitu mereka tidak akan ragu untuk mewujudkan obsesinya sendiri terhadap Batman. Bahkan jika perlu, mereka akan mencabut wajah mereka sendiri, atau melukai orang-orang yang selama ini ada di sekitar Batman. Bagaimana, Geeks, apakah menurut kalian ada yang bisa mengalahkan kengerian dari lima versi Joker ini?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.