Semua penggemar kaiju di seluruh dunia pasti pernah melihat salah satu aksi Godzilla di berbagai filmnya yang telah dirilis pada tahun 50-an sampai sekarang. Pertama kali diciptakan oleh perusahaan film Toho asal Jepang, Godzilla digambarkan sebagai dampak buruk dari radiasi nuklir yang pada akhirnya menciptakan sebuah kaiju mengerikan, di mana dia sangat inginmenuntut balas kepada para manusia. Selama bertahun-tahun, peran Godzilla sering diceritakan berubah-ubah, dari villain sampai pahlawan, begitu juga dengan kemunculan berbagai inkarnasinya yang berbeda satu sama yang lain. Dari sekian banyak Godzilla, berikut inkarnasinya yang paling kuat dan juga mengerikan!

Shin Godzilla

Shin Godzilla adalah inkarnasi sang monster kadal raksasa yang memberikan gambaran dengan jelas kepada penggemar mengapa Godzilla layak disebut King og Monsters. Muncul di film Shin Godzilla yang dirilis pada tahun 2016, Kaiju setinggi 120 meter ini bisa menembakan napas atom dari mulutnya yang bisa membuka sangat lebar, serta dari tulang-tulang di punggung dan juga ekornya yang sangat panjang. Faktor lain yang membuat Shin Godzilla sangat berbahaya adalah sel-sel di tubuhnya yang ternyata terbentuk dari jutaan alien seukuran manusia yang mempunyai bentuk mengerikan juga.

Godzilla MonsterVerse

Tidak diragukan lagi bahwa Godzilla versi MonsterVerse adalah salah satu yang terkuat di antara inkarnasi Godzilla lainnya. Godzilla yang satu ini mempunyai penampilan seperti binaraga dengan tubuh kekar yang sekilas seperti mempunyai six pack di perutnya. Meskipun tingginya sama seperti Shin Godzilla, tetapi tulang punggung kaiju Amerika ini tampak lebih besar jika dibandingkan dengan proporsi tubuh Godzilla pada umumnya. Dengan muka yang tampak marah, dan juga napas atomnya, Godzilla MonsterVerse terrbukti pernah mengalahkan kaiju kuat seperti King Ghidorah, Kong, bahkan robot canggih Mechagodzilla.

Space Godzilla

Space Godzilla adalah satu-satunya inkarnasi Godzilla yang mempunyai fisiologi berbeda dari yang lain. Sebagai kaiju yang tercipta dari mutasi sel Godzilla di ruang angkasa, Space Godzilla mempunyai penampilan yang mirip seperti batu kristal raksasa. Konon hal tersebut bisa terjadi karena di ruang angkasa sel Godzilla bergabung dengan meteor kristal yang sangat keras, itulah mengapa Space Godzilla dikenal sebagai salah satu kaiju yang tubuhnya paling keras. Di film Godzilla vs. SpaceGodzilla, bahkan Godzilla asli harus bekerja sama dengan kaiju Moguera untuk mengalahkannya, karena selain tubuhnya keras, Space Godzilla juga bisa terbang, mengendalikan pikiran, dan juga memanipulasi elemen.

Godzilla Earth

Di antara para inkarnasi Godzilla, Godzilla Earth yang melakukan debutnya di film animasi Godzilla: Planet of the Monsters (2017) ini mempunyai ukuran yang paling besar, yaitu tinggi sekitar 300 meter, belum lagi lebar tubuh dan panjang ekornya yang bisa menyaingi sebuah pengunungan di Bumi. Dengan ukuran super besarnya ini, di filmnya diceritakan bahwa Space Godzilla selalu membawa kehancuran ke mana pun dia pergi, itulah mengapa pada akhirnya manusia terpaksa harus mengungsi dari Bumi. Selain ukurannya yang besar, Godzilla Earth juga bisa memanfaatkan energi magnetik di dalam tubuhnya untuk mengeluarkan hawa panas yang mencapai 1.000 derajat celsius.

Godzilla Ultima

Inkarnasi paling baru Godzilla ini muncul pertama kali di serial anime Godzilla: Singular Point yang dirilis pada tahun 2021 lalu. Sama seperti Shin Godzilla, Ultima juga melalui banyak proses evolusi sampai dirinya mencapai bentuk akhir dengan gigi taring besar dan beberapa tulang yang menonjol di bagian dada serta lehernya. Selain ukuran yang mencapai 100 meter, Godzilla Ultima juga mempunyai beberapa kekuatan, termasuk mengeluarna napas atom, napas es yang bisa meledak jika terbakar, serta darah yang bisa menggumpal dan bergerak seperti tentakel.

Itulah lima inkarnasi Godzilla paling kuat yang pernah diceritakan, baik dalam bentuk live-action maupun animasi. Kelima Godzilla ini membuktikan bahwa tidak ada kaiju lain yang bisa menyaingi kekuatan sekaligus keberagaman dari sang monster kadal raksasa ini. Itulah mengapa julukan King of Monster yang disematkan padanya sejak pertama kali muncul, tidak bisa direnggut begitu saja dari Godzilla.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.