Daredevil adalah salah satu karakter Marvel yang pertama kali melakukan debut komiknya pada tahun 1964. Dikenal sebagai superhero tunanetra, Matt Murdock alias Daredevil mempunyai kemampuan super yang memungkinkan dia untuk bisa melihat menggunakan indra lain di tubuhnya. Selama bertahun-tahun, karena kepopulerannya karakter Daredevil sering diadaptasi ke dalam media Marvel lainnya, termasuk tayangan serial dan film. Inkarnasinya yang terbaru muncul di serial Daredevil yang tayang di saluran Netflix.

Tayang perdana pada tahun 2015, serial Daredevil sendiri diciptakan dan dikembangkan oleh Drew Goddard bersama para showrunner yang telah menggarap setiap episodenya. Untuk pemerannya serial Marvel ini dibintangi oleh Charlie Cox sebagai Daredevil, Vincent D’Onofrio sebagai Kingpin, Deborah Ann Woll sebagai Karen Page, Elodie Yung sebagai Elektra, Wilson Bethel sebagai Bullseye, dan Jon Bernthal sebagai Punisher. Meskipun bisa dibilang serialnya cukup sukses, tetapi sayangnya Daredevil berhenti dengan Season 3 yang tayang pada tahun 2018.

Setelah sebelumnya sempat melakukan comeback mengejutkan di film Spider-Man: No Way Home, baru-baru ini, Cox mengungkapkan bahwa kejutan di No Way Home bukanlah kemunculan terakhirnya di Marvel Cinematic Universe. Dalam sesi wawancaranya dengan RadioTimes, saat sedang membahas perannya di serial terbarunya yang berjudul Kin, Cox mengatakan bahwa dirinya mengetahui bahwa akan ada “hal lain” terkait kemunculan Daredevil pada masa depan MCU. Sayangnya, Cox tidak menjelaskan secara detail kemunculan yang dia maksud.

Kemunculan Cox sebagai Daredevil di No Way Home sendiri secara tidak langsung telah mengonfirmasi bahwa serial Daredevil yang tayang di Netflix merupakan bagian dari MCU. Selain Cox, sebelumnya bahkan Vincent D’Onofrio telah muncul terlebih dahulu sebagai Kingpin di serial Hawkeye yang tayang di Disney+. Tidak tanggung-tanggung, Kingpin dari D’Onofrio di serialnya hadir sebagai antagonis utama yang harus dilawan oleh Clint Barton (Jeremy Renner) dan Kate Bishop (Hailee Steinfeld).

Sejak kehadiran Kingpin dan Daredevil di MCU terungkap, banyak penggemar yang berpekulasi bahwa mereka akan kembali di serial MCU mendatang yang berjudul Echo, di mana serial tersebut merupakan serial solo Maya Lopez dari Alaqua Cox yang sebelumnya muncul juga di Hawkeye. Masih perlu dilihat apakah kemunculan Daredevil yang dimaksud oleh Cox adalah di serial Echo atau malah di tayangan MCU lainnya. Kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.