Kecepatan super adalah salah satu kemampuan yang paling kuat di DC Universe. Selama bertahun-tahun, DC telah menciptakan banyak sekali superhero dan supervillain dengan kemampuan super yang satu ini, di mana umumnya mereka disebut sebagai speedster. Dari sekian banyak karakter yang diberkahi kecepatan super, Barry Allen alias Flash dan Superman adalah yang paling terkenal. Namun, ternyata ada karakter DC lain yang terbukti lebih cepat dari kedua superhero tersebut, dia adalah penggemar Flash bernama Wally West yang mendapatkan kekuatan setelah dirinya tersambar petir juga.

Fastest Man Alive!

Mempunyai nama asli Wallace Rudolph West, Wally adalah manusia tercepat sekaligus Flash ketiga setelah Jay Garrick dan Barry Allen. Pertama kali diciptakan pada tahun 1959 oleh Carmine Infantino John Broome di komik The Flash #110, Wally memulai karier superheronya sebagai Kid Flash, baru kemudian setelah Barry Allen diceritakan tewas di Crisis on Infinite Earths tahun 1985, dia menjadi Flash baru yang terkenal sering menggunakan kemampuan kecepatan supernya untuk melawan kejahatan.

Setelah berhasil mengukuhkan posisinya sebagai Flash baru, Wally mendirikan Teen Titans, bersama Dick Grayson alias Robin, Garth alias Aqualad, dan Donna Troy alias Wonder Girl. Bersama tim super remaja tersebut, Wally terlibat dalam berbagai petualangan sampai akhirnya bertemu dengan supervillain bernama Abra Kadabra, yang menghempaskan Wally ke Speed Force. Sejak saat itu, Wally terjebak di Speed Force selama bertahun-tahun dan mirisnya sihir Abra Kadabra juga membuat dirinya dilupakan oleh semua orang.

Baru kemudian setelah DC memasuki era Rebirth, tepatnya setelah kejadian Flashpoint, Wally berhasil diselamatkan dari Speed Force oleh Barry sebagai satu-satunya orang yang mengingat Wally. Di era baru ini Wally tetap menjadi Flash, meskipun Barry masih memegang nama tersebut, kemudian dia juga bertemu kembali dengan tim masa lalunya yang setelah kepergiannya lebih dikenal sebagai Titans, sampai akhirnya tim super tersebut dibubarkan di komik Titans Vol. 3 pada tahun 2018.

Sebagai pengguna kekuatan Speed Force, Wally mencapai titik tercepatnya ketika dia diceritakan mendapatkan kekuatan Dr. Manhattan dan juga berhasil menduduki Mobius Chair di komik Flash Forward yang dirilis pada tahun 2020 lalu. Pada titik ini, Wally dikenal sebagai seorang speedster berkekuatan “mahakuasa”, di mana dia mengawasi timeline dan bisa melihat perubahan realitas dengan sekejap mata.

Diakui oleh DC Universe

Posisinya sebagai superhero tercepat, bahkan jika dibandingkan dengan semua karakter di DC Universe, bukan berdasarkan khayalan dan teori semata. Karena di DC Universe sendiri dia telah diakui oleh banyak karakter kuat dan cepat lainnya. Di awal komik Flash Forward, entitas kosmik sekelas Tempus Fuginaut yang menjaga Multiverse DC bahkan mengakui Wally sebagai “makhluk tercepat di semua Prime Multiverse.” 

Dan tentu saja semua pengakuan tersebut hanya akan berarti jika sang Flash Barry Allen mengakuinya juga. Kisah pengakuan Barry sendiri diabadikan di berbagai kisah DC, dari mulai komik sampai kartunnya, di mana Barry dan Wally melakukan lomba lari. Hasilnya, Wally memenangkan lomba tercepat tersebut karena dia mempunyai kemampuan menembus benda padat dengan kecepatannya. Dan untuk membuktikan posisinya sebagai makhluk tercepat, DC bahkan pernah merilis daftar resmi makhluk tercepat di DC Universe, dan Wally West berada di urutan pertama!

Dengan berbagai kisah dan pengakuan tersebut, perdebatan mengenai speedster atau superhero atau makhluk tercepat di DC Universe seharusnya sudah harus diakhiri, karena pada kenyataannya kecepatan Wally lebih cepat dari siapa pun, bahkan dari Barry dan juga Superman yang selama ini selalu dibandingkan. Hal tersebut tidak lain adalah karena selain berlari cepat, Wally juga bisa menembus benda padat dan mencuri keceptan dari sekitarnya untuk dijadikan sumber “gear” tambahan agar dia bisa berlari makin cepat.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.