Spider-Man: No Way Home adalah tayangan kolaborasi antara Sony Pictures dan Marvel Studios yang penyangannya sangat sukses pada akhir tahun 2021 lalu. Disutradarai oleh Jon Watts yang mengarahkan naskah garapan Chris McKenna dan Erik Sommers, film teranyar Marvel Cinematic Universe ini bercerita tentang sebuah kejadian multiverse Marvel yang menyebabkan para karakter dari film trilogi Spider-Man karya Sam Raimi dan waralaba The Amazing Spider-Man karya Marc Webb muncul di No Way Home.

Sebagai film ketiga Spider-Man MCU, No Way Home dibintangi oleh Tom Holland yang kembali sebagai Peter Parker alias Spider-Man, begitu juga dengan dua Spider-Man terdahulu yang dibintangi oleh Tobey Maguire dan Andrew Garfield. Selain para pemeran Spider-Man, filmnya juga melibatkan Benedict Cumberbatch sebagai Doctor Strange, Alfred Molina sebagai Doctor Octopus, Jamie Foxx sebagai Electro, Willem Dafoe sebagai Green Goblin, Thomas Haden Church sebagai Sandman, dan Rhys Ifans sebagai Lizard. Filmnya sendiri berhasil menjadi salah satu film tersukses di era pandemi.

Walaupun penayangan sudah lebih dari satu bulan yang lalu, No Way Home sepertinya masih menyisakan beberapa pertanyaan terkait masa depan para karakter yang telah muncul di filmnya, termasuk symbiote Venom yang terlihat di credit scene. Baru-baru ini, penulis No Way Home Erik Sommers mengatakan dalam acara IGN bahwa adegan credit scene tersebut dimaksudkan untuk membuka segala kemungkinan untuk masa depan Venom di MCU. “Itu [credit scene No Way Home] membuka kemungkinan menarik [Venom] pada masa depan,” kata Sommers

Dalam acara yang sama Chris McKenna juga menambahkan bahwa dia sangat menyukai ide tentang Venom tersebut. “Kami hanya sebagian kecil dari sebuah semesta yang lebih besar. Saya menyukai ide tentang bagaimana anggota keenam Sinister Six malah terjebak di sebuah bar dan sama sekali tidak keluar dari sana,” tambah McKenna. “Sayangnya kami kurang begitu ahli untuk membahas petualangan selanjutnya.”

Meskipun tidak mengungkapkan nasib Venom selanjutnya, tetapi pernyataan dari para penulis No Way Home ini menegaskan bahwa masa depan Venom sangat terbuka lebar di MCU. Artinya, siapa pun nanti yang menulis dan menggarap trilogi Spider-Man MCU selanjutnya, mempunyai kesempatan untuk memanfaatkan karakter menarik seperti Venom. Kita lihat saja nanti pada masa depan MCU selanjutnya ya, Geeks.

Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.