Avengers: Endgame adalah salah satu film fenomenal dalam sejarah Hollywood, khususnya ketika berbicara tentang film superhero. Dirilis pada tahun 2019 untuk melanjutkan film Avengers: Infinity Wars (2018), film Endgame yang menghadirkan semua superhero Marvel Cinematic Universe dalam satu film menjadi film sukses dengan meraup pendapatan sebesar 40 triliun rupiah dari seluruh dunia. Filmnya sendiri berhasil mendapatkan banyak penghargaan dan nominasi, termasuk nominasi Efek Visual Terbaik dari Oscar ke-92.

Alasan mengapa Endgame menghadirkan banyak sekali superhero dalam filmnya adalah karena film tersebut menjadi akhir dari Infinity Saga MCU yang telah dibangun sejak tahun 2008 melalui film Iron Man, dan kemudian dilanjutkan dengan film superhero lainnya yang memperkenalkan banyak sekali karakter baru selama lebih dari sepuluh tahun. Para superhero Marvel tersebut dikenal oleh para penggemar sebagai Avengers, yang sejauh ini sudah mempunyai lima film, termasuk The Avengers (2012), Avengers: Age of Ultron (2015), Infinity War, Endgame, dan Captain America: Civil War (2016).

Meskipun banyak penggemar yang bertanya-tanya tentang nasib Avengers pasca Infinity Saga, baru-baru ini, presiden Marvel Studios Kevin Feige sepertinya ingin penggemar berhenti berharap. Dalam tayangan Marvel Studios: Assembled episode 8 yang berjudul “The Making of Eternals” (via: Comic Book), Feige mengisyaratkan bahwa film Avengers: Endgame adalah film penutup Infinity Saga sekaligus “film terakhir Avengers.” Berikut kutipan perkataan Kevin Feige di tayangan tersebut:

“Saat ini Marvel Studios dan Marvel Cinematic Universe telah melewati perayaan ulang tahunnya yang ke-10 dengan merilis film terakhir Avengers, kami akhirnya menyelesaikan 22 film Infinity Saga,” kata Feige dalam tayangan yang dirilis di saluran Disney+ tersebut. Jika mengacu pada timeline ketika Feige mengatakan hal tersebut, di mana dia mengatakannya tidak lama setelah film Endgame dirilis, ada kemungkinan maksud dari “film terakhir Avengers” adalah film terakhir di Infinity Saga.

Apa pun kebenarannya, sebenarnya cukup masuk akal jika Endgame menjadi akhir dari Avengers, mengingat para anggota pendirinya sudah “pergi” dengan caranya masing-masing. Namun, jika benar Avengers telah berakhir, kita tidak perlu bersedih karena masih ada tim super menarik lainnya yang sebenarnya sama saja, seperti New Avengers atau Young Avengers. Dengan tim super baru tersebut, tentu saja film Avengers selanjutnya sangat mungkin untuk bisa terwujud. Kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.