Secret Empire

Semua orang tahu bahwa Captain America adalah anggota Avengers yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kemerdekaan dan kebebasan. Namun di kisah Secret Empire, di mana realitas ditulis ulang dengan kekuatan Cosmic Cube, Captain America yang selama ini dianggap baik kemudian mengungkap identitas aslinya sebagai agen rahasia Hydra yang sangat ingin menguasa dunia. Dengan bantuan dari Captain America yang mengubah namanya Hydra Supreme, kelompok teroris ini pada akhirnya berhasil mengalahkan semua yang menghalangi jalan mereka, termasuk Avengers yang moralnya langsung hancur ketika kehilangan Captain America.

The Korvac Saga

Selain Kang, sebenarnya ada satu supervillain underrated lain yang pernah berhasil mengalahkan Avengers, dia adalah Korvac. Di Korvac Saga, Avengers dan Guardians of the Galaxy diceritakan bekerja sama untuk mengalahkan Korvac yang mempunyai kekuatan kosmik sangat hebat. Dalam pertempuran tersebut, Korvac dengan mudah melenyapkan para anggota Avengers dan Guardians of the Galaxy dengan kekuatannya yang tidak masuk akal. Pada akhirnya, secara misterius Korvac menghidupkan kembali para Avengers dan Guardians of the Galaxy, sebelum dia memutuskan untuk bunuh diri dan menghilang.

Time Runs Out

Dari semua kekalahan yang pernah dialami oleh Avengers, mungkin kekalahan mereka di kisah Time Runs Out adalah yang terbesar sepanjang sejarah Marvel. Di komiknya, bukan hanya satu universe saja yang dipertaruhkan oleh Avengers, tetapi juga Multiverse Marvel. Hal tersebut tersebut bisa terjadi karena musuh yang mereka hadapi adalah entitas kosmik super kuat bernama Beyonder. Apa pun upaya yang dilakukan oleh Avengers, sama sekali tidak bisa mengalahkan Beyonder. Sampai akhirnya Mister Fantastic menekan “tombol reset” kosmik dan mengembalikan Multiverse seperti sebelum Beyonder datang.

Itulah tujuh kekalahan terbesar yang pernah dialami oleh tim superhero terkuat Bumi, Avengers. Ketujuh kisah ini membuktikan bahwa tim super sekelas Avengers saja tidak bisa selamanya menang, karena ada saatnya mereka harus kalah dan belajar dari kesalahan. Berbagai kekalahan terbesar ini bahkan bukan hanya memperlihatkan bagaimana para Avenger kalah, tetapi juga mengungkap bahwa ada takdir di hadapan mereka yang sama sekali tidak bisa diubah.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.