Seperti yang kita tahu, kekalahan para superhero Marvel di film Avengers: Infinity Wars (2018) adalah kekalahan terbesar dalam sejarah Avengers di Marvel Cinematic Universe. Dan ternyata Infinity Wars bukanlah satu-satunya kisah yang menceritakan kekalahan Avengers, di Marvel Comics, Avengers juga pernah beberapa kali terpaksa harus menelan “pil pahit” karena kalah dalam suatu pertempuran. Kekalahan tersebut bahkan dianggap sebagai kekalahan terbesar sepanjang masa, di mana dampaknya sangat buruk bagi Avengers. Kekalahan apa saja yang dimaksud? Simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

Age of Ultron

Sebelum MCU mengangkat judul yang sama, sebenarnya Marvel Comics juga pernah menceritakan kisah Age of Ultron, di mana dampaknya jauh lebih buruk dari apa yang terlihat di filmnya. Tidak lama setelah robot pembunuh bernama Ultron tercipta, dia dengan mudah mempermalukan para Avengers dan menjadi penguasa Bumi. Dengan pasukan robot drone miliknya, Ultron dengan mudah menguasa berbagai kota besar di dunia, memaksa para Avenger mengungsi ke masa lalu dengan melakukan perjalanan waktu ke Savage Land. Jika saja mereka tidak mengungsi, mungkin Avengers tidak akan pernah bisa mengalahkan Ultron dan pasukan robot drone miliknya.

Avengers Disassembled

Jika kekalahan oleh Ultron dianggap cukup wajar karena dia adalah supervillain, kisah Avengers Disassembled bahkan memerlihatkan bagaimana para Avengers dikhianati oleh sahabat mereka sendiri, yaitu Wanda Maximoff alias Scarlet Witch. Karena gangguan mental yang dideritanya akibat kehilangan kedua anaknya, Billy dan Tommy, Scarlet Witch diceritakan mengamuk dengan mengubah realitas di sekitar para Avengers. Akibat kejadian tersebut, anggota Avengers seperti Hawkeye, Ant-Man, dan Vision diceritakan tewas.

Infinity Gauntlet

Seiring berjalannya waktu, Avengers mulai belajar bahwa tidak semua pertarungan bisa mereka menangkan, khususnya ketika tim super terkuat Bumi ini bertemu dengan Thanos di kisah Infinity Gauntlet. Sama seperti kisah di film Infinity War, Avengers diceritakan kalah oleh Thanos dan gagal mencegahnya untuk menghapus setengah kehidupan di alam semesta. Superhero sekelas Iron Man, Captain America, dan Thor saja bahkan tidak berkutik di kejadian ini, sampai akhirnya Adam Warlock, Silver Surfer, Doctor Strange berhasil membalik efek dari perbuatan Thanos.

Kang Dynasty

Salah satu alasan mengapa Kang the Conqueror akan menjadi “Big Bad Villain” MCU selanjutnya adalah karena dia mempunyai sejarah mengalahkan Avengers di Marvel Comics, tepatnya di kisah Kang Dynasty. Sebagai seorang supervillain penjelajah waktu, Kang diceritakan mempunyai sebuah pesawat ruang angkasa berbentuk pedang raksasa, di mana dengan pesawat ini Kang berhasil mempermalukan Avengers di ruang angkasa. Di kisah ini, Avengers diceritakan sangat kewalahan, karena Kang yang pada dasarnya berasal dari masa depan dan mempunyai berbagai teknologi yang sangat canggih.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.