Miles Morales adalah salah satu inkarnasi Spider-Man yang namanya makin populer setiap harinya. Walaupun awalnya dia muncul sebagai versi alternatif Peter Parker dari Earth-1610, untuk saat ini Miles sedang mengungsi di Earth-616 alias semesta utama paska kejadian “Spider-Verse”. Sekarang dia berada di semesta yang sama dengan Peter Parker alias The Amazing Spider-Man, Ben Reilly alias Spider-Man Beyond, Jessica Drew alias Spider-Woman, dan Cindy Moon alias Silk.

Baru-baru ini, Marvel mengumumkan bahwa dalam beberapa bulan ke depan, semesta utama Marvel akan kedatangan sosok Spider baru yang mempunyai penampilan sangat keren, tepatnya melalui komik Miles Morales: Spider-Man #38. Marvel menyebut karakter misterius tersebut dengan sebutan Spider-Smasher, bersamaan dengan tagline misterius yang berbunyi, “Siapa Sebenarnya Spider-Smasher? Apakah Mereka Kawan atau Lawan?” Sebelum karakternya benar-benar muncul di komiknya nanti, tidak ada salahnya kita menebak siapa sebenarnya sosok Spider keren ini. Mari kita bahas, Geeks!

Penampilan Garang nan Mengerikan 

Penampilan perdana Spider-Smasher ini pertama kali terungkap melalui gambar promosi karya ilustrator Marvel bernama Skan. Gambar promosi ini dimaksudkan untuk mempromosikan komik Miles Morales: Spider-Man mendatang, edisi ke-38 yang ditulis oleh Saladin Ahmed dan digambar oleh Christopher Allen. Sejauh ini sama sekali belum ada informasi tambahan yang menjelaskan siapa sebenarnya Spider-Smasher dan apa yang dia mau dengan Miles Morales. Berdasarkan lambang laba-laba di dada Spider-Smasher, kemungkinan besar dia adalah salah satu manusia laba-laba di Marvel Universe.

Dengan melihat sekilas saja, cukup jelas bahwa Spider-Smasher adalah karakter Marvel yang berpenampilan sangar. Dia terlihat mengenakan kostum dengan pelat besi di bagian dada dan kakinya, lengkap dengan jubah hoodie yang membuatnya tampak keren. Meskipun lengan kirinya tampak normal, tetapi lengan kanannya diganti dengan senjata energi yang tampak mematikan, sebagai ganti untuk mobilitasnya, Spider-Smasher terlihat mempunyai lengan kuku tambahan di kedua lengannya. Yang tidak kalah menariknya adalah topeng dengan titik LED yang seperti mata asli laba-laba.

Kawan atau Lawan?

Berdasarkan penampilannya, sulit sekali untuk menyimpulkan apakah Spider-Smasher akan menjadi lawan atau kawan bagi Miles Morales. Kedua kemungkinan tersebut sebenarnya sama menariknya untuk kisah Miles selanjutnya. Saat ini di komik Miles Morales: Spider-Man yang sedang berlangsung, Miles sudah mempunyai sahabat sekaligus adik yang merupakan kloningan dirinya bernama Shift. Jadi, jika Spider-Smasher menjadi musuh, sepertinya akan menarik melihat Miles dan Shift bekerja sama untuk menghadapi Spider-Smasher yang misterius.

Namun, apabila arah kisahnya akan mengungkap bahwa Spider-Smasher adalah sahabat Miles dan Shift, dia akan menjadi tambahan yang menarik untuk petualangan Miles. Mengingat saat ini di komik Miles Morales: Spider-Man #34, Miles sedang menghadapi musuh artificial intelligence kuat bernama Assessor dan para agennya, dia sangat membutuhkan bantuan dari seseorang yang sangat kuat, di mana Spider-Smasher adalah salah satu kandidat kuatnya. Sayangnya, sampai komiknya nanti dirilis, peran dari karakter Spider-Smasher ini sepertinya akan tetap misterius.

Menebak Sosok Spider-Smasher

Walaupun karakternya baru, sebenarnya ada kemungkinan Spider-Smasher adalah karakter yang terispirasi dari salah satu musuh Spider-Man Peter Parker. Jika mengacu pada kisah “The Clone Saga” Miles Morales yang menelurkan tiga kloning Miles bernama Selim, Mindspinner, dan Shift, sebenarnya kisah tersebut terinspirasi dari kisah “The Clone Saga” Peter Parker yang menelurkan kloning versi dirinya yang bernama Ben Reilly, Kaine Parker, dan masih banyak lagi. Sehingga bisa saja Spider-Smasher juga terinpirasi dari kisah supervillain Spider-Slayer di komik Amazing Spider-Man Annual #19 (1985).

Bukan hanya namanya saja yang hampir mirip, slayer (pembasmi) dan smasher (penghancur), Spider-Smasher mempunyai beberapa hal yang mirip dengan Spider-Slayer. Yang pertama adalah lambang laba-laba di dadanya, dan yang kedua adalah kostumnya yang merupakan gabungan dari teknologi dan tubuh sang penggunanya sendiri. Mempunyai nama asli Alistaire Smythe, Spider-Slayer adalah villain mematikan yang sangat terobsesi untuk membasmi manusia laba-laba seperti Peter Parker, berbagai upaya dia lakukan dari mulai menciptakan berbagai robot canggih sampai menjadikan dirinya sebagai cyborg.

Terlepas dari benar atau tidaknya Spider-Smasher terinspirasi dari Spider-Slayer, ada teori lainnya yang tidak kalah menarik bahwa sosok di balik topeng Spider-Smasher adalah Selim, kloning Miles yang diceritakan tewas dengan bunuh diri. Di komik Miles Morales: Spider-Man #28, dia memutuskan meledakan dirinya dengan membawa Mindspinner bersamanya, setelah Mindspinner dan Shift lebih memilih berpihak pada Miles. Mungkin saja dengan kekecewaan dan dendam tersebut, Selim pada akhirnya berhasil bertahan hidup dengan satu lengan dan kemudian memutuskan untuk menjadi Spider-Smasher.

Itulah tebakan mengenai siapa sebenarnya sosok Spider baru yang bernama Spider-Smasher ini. Dan karena pembahasan kali ini masih bersifat teori, kemungkinan lain dari sosok Spider-Smaher ini bisa sangat tidak terbatas. Kita lihat saja nanti siapa Spider-Smasher sebenarnya, apakah dia benar-benar Selim atau karakter yang sama sekali baru? Jawabannya hanya bisa ditemukan di komik Miles Morales: Spider-Man #38 yang akan dirilis pada bulan Mei 2022 nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.