Film Doctor Strange in the Multiverse of Madness atau yang sering disebut juga sebagai Doctor Strange 2, sudah dipastikan akan menghadirkan banyak sekali cameo kejutan yang kabarnya akan makin mengembangkan Multiverse Marvel. Dan dari sekian banyak cameo yang akan muncul nanti, salah satunya yang paling diharapkan oleh penggemar adalah kemunculan varian Iron Man yang rumornya akan diperankan oleh mega bintang Tom Cruise.

Sejak rumor tentang kehadiran Tony Stark alias Iron Man dari Tom Cruise ini beredar, sudah ada beberapa bocoran foto yang diklaim sebagai bukti bahwa Cruise telah terlihat di lokasi syuting Doctor Strange 2. Bersamaan dengan itu juga, banyak penggemar yang bertanya-tanya tentang bagaimana cara varian Iron Man Tom Cruise muncul di filmnya nanti? Berdasarkan beberapa petunjuk yang telah terungkap, mari kita bahas teori kemunculannya, Geeks!

Varian Jahat dari Marvel Comics

Pada tahun 1998, Tom Cruise sebenarnya sempat mengungkapkan ketertarikannya untuk berperan sebagai Tony Stark alias Iron Man, bahkan dia juga bersedia untuk memproduseri filmnya sendiri jika filmnya benar-benar terwujud. Namun, setelah Robert Downey Jr. mendapatkan perannya di film MCU pertama yang berjudul Iron Man (2008), lambat laun rumor tentang Cruise menjadi Iron Man makin menghilang.

Dan sekarang, tanpa mengesampingkan peran Iron Man dari Downey Jr., film Doctor Strange 2 yang kembali mengangkat tema Multiverse Marvel, telah mengangkat kembali rumor tentang keterlibatan Cruise sebagai Iron Man. Bedanya, kali ini berdasarkan rumor yang beredar, kabarnya yang akan hadir di filmnya nanti adalah varian jahat Iron Man yang sebelumnya muncul di komik Superior Iron Man (2014-2015) karya Tom Taylor.

Di komiknya, Tony Stark diceritakan menjadi Superior Iron Man yang jahat setelah sihir Scarlet Witch yang berkolaborasi dengan Doctor Doom membuat semua karakter di Marvel mempunyai kepribadian yang berlawanan. Hasilnya, Tony kembali menjadi sosok serakah yang memanfaatkan teknologinya untuk memperkaya dirinya. Bahkan dari kostum barunya yang dia sebut Endo-Sym armor, Tony memperlihatkan arogansinya dengan tidak lagi memakai topeng, dan dia juga mengganti warna kostum berteknologi nanonya dengan warna perak.

Menariknya, di trailer terbaru Doctor Strange 2 ada sebuah cuplikan yang memperlihatkan sosok misterius dengan kostum yang sekilas berwarna putih dengan cahaya energi berwarna kuning keemasan. Meskipun sulit untuk memastikan siapa karakter yang ada dalam adegan tersebut, karena resolusi yang kurang baik, tetapi beberapa penggemar merasa tampilannya mirip seperti Superior Iron Man. Hal tersebut bahkan menarik perhatian penulis komik aslinya, Tom Taylor, yang mengungkapkan bahwa dia memang mendesain armor Endo-Sym Superior Iron Man di komiknya untuk bersinar dari kuning hingga merah, tergantung emosi Tony.

Dengan apa yang telah terlihat sekilas di trailer Doctor Strange 2 dan juga pengungkapan penulis asli Marvel Comics-nya yang mengatakan bahwa Superior Iron Man bisa mengeluarkan cahaya berwarna kuning hingga merah ketika dia marah, kemungkinan keterlibatan Tom Cruise sebagai Iron Man makin membesar lagi. Ditambah lagi masih ada beberapa petunjuk kuat lainnya yang juga terlihat di trailer Doctor Strange 2.

Kemunculan Iron Man Tom Cruise di Doctor Strange 2 

Jika petunjuk sebelumnya masih meragukan, ada beberapa petunjuk lain di trailernya yang mengindikasikan keterlibatan varian Iron Man berdasarkan kehadiran tim super genius Illuminati. Di salah satu cuplikan trailernya, Doctor Strange terlihat dibawa menemui seseorang yang tampak seperti Professor X dari aktor Sir Patrick Stewart yang sebelumnya pernah terlibat dalam beberapa film X-Men di Fox-Verse. Yang menariknya adalah Iron Man, Professor X, dan Doctor Strange adalah anggota Illuminati di Marvel Comics.

Selain itu, beberapa sosok yang membawa Strange menemui Professor X tidak lain adalah Ultron Sentries yang mirip seperti Endo-Sym armor Superior Iron Man. Dan lokasi mereka bertemu tampaknya adalah markas Illuminati yang berada di universe alternatif. Mungkin Strange ditangkap oleh Illuminati dari universe tersebut karena dia dianggap telah mengganggu keamanan universe mereka, mengingat di komiknya Illuminati adalah tim super genius yang bertugas untuk menghalau sekaligus mengantisipasi ancaman yang membahayakan Bumi dan universe mereka. Sekarang, pertanyaanya bagaimana Superiror Iron Man yang jahat bisa berhubungan dengan para superhero di Illuminati MCU?

Pada titik ini, tidak sedikit penggemar yang percaya bahwa Illuminati telah mengasingkan Superior Iron Man karena beberapa alasan, salah satunya adalah karena dia terlalu serakah sehingga tidak sejalan lagi dengan para superhero genius di Illuminati, seperti Professor X, Mister Fantastic, dan sebagainya. Alasan mengapa Ultron Sentries berada di markas Illuminati, karena untuk saat ini semuanya masih dikendalikan oleh Illuminati, sedangkan Superior Iron Man lebih memilih memisahkan diri dan fokus dengan tujuan pribadinya untuk memperkaya dirinya sendiri.

Dengan posisi Superior Iron Man sebagai penjahat, dan juga hubungannya yang memang tidak terlalu akur dengan Illuminati dan mungkin Doctor Strange sendiri, nantinya dia bisa saja bertarung dengan kawan-kawan Strange seperti Scarlet Witch atau America Chavez, sementara Strange berurusan dengan Illuminati. Entah bagaimana Strange dan kawan-kawan selamat dari universe tersebut, khususnya dari Superior Iron Man Tom Cruise, kita lihat saja nanti kebenarannya di film Doctor Strange 2 yang dijadwalkan tayang pada 6 Mei 2022.

Itulah pembahasan mengenai bagaimana cara Iron Man Tom Cruise muncul di film Doctor Strange 2 nanti. Beberapa waktu yang lalu, banyak rumor yang mengatakan bahwa presiden Marvel Studios Kevin Feige tengah menyiapkan beberapa tayangan yang berhubungan dengan Illuminati dan kisah lain yang terinspirasi dari komik World War Hulk. Jika rumor tersebut benar, berarti masa depan Illuminati dan juga Superior Iron Man dari Tom Cruise mempunyai kemungkinan yang tidak terbatas pada masa depan MCU. Kita nantikan sekaligus berharap yang terbaik saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.