Pada 2013 kemarin seri anime Attack on Titan tayang perdana di Jepang. Dan tidak butuh waktu lama bagi seri ini untuk kemudian menjadi fenomena global, di mana para fans anime di luar Jepang pun mengenal seri ini berkat animasinya yang luar biasa dan alur cerita yang gelap dan berbeda dari seri anime bergenre shonen lainnya.

Seri Attack On Titan bersetting di sebuah dunia di mana umay manusia hidup dalam ketakutan terhadap monster manusia raksasa yang biasa disebut Titan. Namun, yang menarik, ternyata ada manusia yang memiliki kemampuan untuk menjadi Titan yang mana mereka disebut sebagai Titan Shifter. Di satu sisi, hal ini menjadi sebuah keuntungan karena mereka bisa memanfaatkan kekuatannya. Di sisi lain, ada hal mengerikan yang harus mereka rasakan. Apa saja?

Hanya Memiliki Jatah Hidup 13 Tahun

Setiap Titan Shifter bisa dipastikan akan mengalami peningkatan kekuatan yang sangat dahsyat ketika mereka mewarisi salah satu dari sembilan jenis Titan yang ada. Hal ini bisa dilihat dari pihak Marley yang memanfaatkan para titan Shifter mereka untuk menaklukan wilayah lain. Tetapi, pemilik kekuatan Titan tersebut tidak memiliki waktu lama dalam hidupnya.

Setelah mereka mewarisi atau memiliki kekuatan Titan, mereka hanya memiliki sisa jatah kehidupan selama 13 tahun. Ymir Fritz merupakan orang pertama yang memiliki kekuatan Titan, yang mana hal inilah yang kemudian membuat dia disebut sebagai the Founder. Ymir tewas 13 tahun setelah dia mendapatkan kekuatannya. Karena tidak ada Titan yang mampu melampaui sang Founder, maka tidak ada Titan SHifter yang bisa hidup lebih lama dari Ymir. Hal ini kemudian disebuat sebagai “Kutukan Ymir” atau “Cursed of Ymir.”

Bisa Dikalahkan

Meskipun Titan adalah monster besar yang bisa mengalahkan atau menghabisi nyawa manusia dengan mudah, bukan berarti mereka mustahil untuk dikalahkan. Survey Corps sudah sering menyelamatkan umat manusia dari serangan Titan, meskipun mereka pun harus kehilangan banyak korban dari pihak mereka sendiri. Berhasil menangkap Female Titan adalah salah satu pencapaian dari Survey Corps.

Mereka juga berhasil mengambil kekuatan dari Colossal Titan dalam pertempuran untuk merebut kembali Shiganshina. Dalam pertempuran tersebut kita juga melihat bagaimana Armored Titan berhasil dikalahkan, meskipun Reiner Braun, pemilik Armored Titan, berhasil melarikan diri. Zeke berhasil dikalahkan oleh Levi dan hampir saja ditangkap sebelum Cart Titan muncul untuk menolongnya.

Tidak Bisa Menggunakan Kekuatan Penuh

Masing-masing dari sembilan jenis Titan yang ada sudah diwariskan kepada berbagai orang selama lebih dari 2.000 tahun. Dari sekian banyak orang atau pemilik kekuatan Titan, hanya sedikit dari mereka yang mampu menggunakan atau mendapatkan akses terhadap kekuatan penuh Titan mereka. Hal ini dikarenakan hanya mereka yang keturunan bangsawan yang mampu mengakses kekuatan tersebut.

Salah satu kekuatan Founding Titan adalah mampu membuat para penduduk Eldian untuk berubah menjadi Pure Titans. Pemilik kekuatan ini juga bisa mengendalikan Titan yang ada di seluruh dunia. Hal ini hanya bisa dilakukan oleh keturunan dari keluarga Reiss dan Fritz. Zeke memiliki darah bangsawan, karena itulah dia bisa mengendalikan Titan lain meskipun dia hanya memiliki kekuatan Beast Titan. Eren sendiri akhirnya bisa mengendalikan semua Titan setelah Ymir meminjamkan kekuatannya.

Dijadikan Senjata

Dengan kekuatan yang sangat dahsyat tidak heran jika para Titan Shifter sering kali menjadi senjata dan alat politik bagi sebuah negara, khususnya Marley dan Eldian. Hal ini bahkan sudah terjadi sejak 2.000 tahun lalu, saat Ymir Fritz pertama kali mendapatkan kekuatan Titan. Raja Karl Fritz memerintahkan Ymir untuk menghancurkan pasukan lainnya, sehingga wilayah kekuasaan Eldian pun luas.

Bangsa Marley pun melakukan hal yang sama setelah mereka menguasai banyak Titan Shifter. Para Titan Shifter sering kali dipergunakan dalam berbagai pertempuran, seperti saat diperlihatkan di awal musim keempat di mana para Titan Shifter dimanfaatkan untuk menghadapi pasukan aliansi Timur-Tengah. Hal ini tentunya menjadi sesuatu yang sangat mengerikan, karena akhirnya muncul stigma bahwa siapa pun yang memiliki kekuatan Titan maka mereka bisa menguasai dunia.

Takdir Mereka Adalah Dimakan

Menjadi pewaris salah satu kekuatan Titan membuat mereka berhak dijuluki sebagai karakter yang paling berani. Hal tersebut masuk akal, karena selain mereka tahu akan mendapatkan kekuatan yang seperti apa, mereka juga sudah tahu akan mati seperti apa. Para Titan Shifter tersebut mendapatkan kekuatan mereka setelah mereka memakan pemilik sebelumnya.

Hal tersebut menjadi satu-satunya cara untuk mewarisi kekuatan tersebut. Hal ini terjadi setelah apa yang terjadi terhadap Ymir Fritz pada 2.000 tahun yang lalu. Setelah dia tewas, raja Fritz meminta anak-anaknya – Rose, Maria, dan Sheena –  untuk memakan daging ibu mereka sendiri. Dan tentunya dimakan oleh Titan atau orang lain bukanlah sebuah pengalaman yang menyenangkan.

Menjadi seorang Titan Shifter merupakan sesuatu yang tidak bisa dilakukan secara serampangan. Perlu ada pertimbangan matang dan panjang, karena seperti yang bisa dilihat di atas, ada banyak hal mengerikan yang harus siap mereka terima. Bagi sebagian, menjadi Titan Shifter memang menjadi kehormatan. Namun, bagi sebagian lainnya menjadi Titan Shifter adalah sebuah kutukan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.