Klan Uchiha dikenal sebagai salah satu klan yang paling kuat dan populer di dunia shinobi dalam franchise Naruto. Hal tersebut wajar karena klan Uchiha diketahui merupakan keturunan dari Indra Otsutsuki, salah satu anak dari Hagoromo Otsutsuki. Karena menjadi salah satu klan yang terkuat, tidak heran juga jika anggota klan ini merupakan para shinobi-shinobi yang hebat.

Pada era peperangan masih terjadi, klan Uchiha merupakan salah satu dari dua klan hebat dan besar selain klan Senju. Klan ini juga dikenal sebagai salah satu klan yang memiliki Doujutsu legendaris, Sharingan. Seperti halnya Doujutsu Byakugan yang hanya dimiliki oleh klan Hyuga, Sharingan hanya dimiliki oleh klan Uchiha.

Klan Uchiha di Sepanjang Serinya

Memiliki reputasi sebagai salah satu klan yang besar dan paling populer, klan Uchiha memang memiliki sejarah yang panjang dalam dunia Shinobi. Klan ini menjadi salah satu klan yang membangun desa Konoha, selain klan Senju. Karena itulah klan Uchiha memiliki peran yang sangat penting dalam terbentuknya desa Konoha. Selain itu, klan ini juga banyak terlibat dalam berbagai momen di sepanjang sejarah Konoha.

Seperti yang diketahui, meskipun berjasa dalam mendirikan desa Konoha, faktanya klan Uchiha justru dijauhi dan dibenci oleh para penduduk Konoha. Tetapi, kebencian yang diarahkan kepada mereka justru membuat klan Uchiha semakin kuat. Kekuatan ini juga yang banyak diwaspadai oleh pihak-pihak lainnya, baik di dalam Konoha atau pun di luar Konoha.

Kebencian, rasa sakit, dan penderitaan sepertinya memang sudah menjadi hal yang biasa yang dirasakan oleh anggota klan Uchiha. Hal tersebut dikarenakan berbagai emosi negatif itu adalah syarat untuk bisa membangkitkan Doujutsu Sharingan. Semakin menderita seorang Uchiha, semakin dalam rasa sakit yang dirasakan, Sharingan mereka akan terus berkembang menjadi lebih kuat.

Semua hal negatif tersebut, bisa jadi ada kaitannya dengan sejarah terbentuknya klan ini. Seperti yang dihadirkan dalam ceritanya, Indra begitu membenci saudaranya, Ashura Otsutsuki, yang dianggap jauh lebih kuat dan sang ayah justru lebih memilih Ashura dibandingkan Indra. Kebencian tersebut ternyata terus “menular” bahkan, sampai kepada keturunannya. Meskipun memiliki sejarah panjang, sayangnya nasib dari klan ini harus tragis dengan seluruh anggota klannya dihabisi.

Siapa Uchiha Terkuat

Meskipun seluruh klan Uchiha berhasil dihabisi untuk menghentikan rencana mereka menggulingkan kekuasaan Hokage, ada beberapa anggota dari klan ini yang dianggap sebagai yang terkuat. Yang pertama adalah Itachi Uchiha. Selain Sasuke, rasanya tidak perlu diragukan lagi bahwa Itachi merupakan salah satu Uchiha yang paling populer di seri Naruto.

Sejak awal, Itachi memang sudah diperlihatkan sebagai ninja yang luar biasa dan dia mahir dalam hampir segala hal. Bahkan, disebut-sebut bahwa kekuatan Itachi bisa disandingkan dengan kekuatan Kage saat dia masih kecil. Itachi adalah sosok yang bertanggung jawab atas pembantaian dari klan Uchiha, yang dia lakukan demi melindungi adiknya.

Dengan semua kekuatan dan kemampuan yang dia miliki, wajar jika Itachi menjadi salah satu yang terkuat. Namun, bukan hanya Itachi yang kuat. Kita juga mengenal sosok Obito Uchiha, yang merupakan antagonis utama di seri Naruto. Dia ternyata digunakan sebagai pion oleh Black Zetsu dan Madara. Obito adalah ninja yang bertanggung jawab memulai perang dunia shinobi keempat, dengan bantuan Kabuto.

Dengan menggunakan Rinnegan, Obito pun menjadi Jinchuriki bagi monster ekor sepuluh. Sayangnya, meskipun Obito memiliki Doujutsu Rinnegan, dia tetap berhasil dikalahkan karena tidak mampu menguasai secara penuh kekuatan Rinnegan. Setelah sosok Kaguya muncul, Obito pun membantu Team 7 untuk mengalahkannya.

Madara Uchiha menjadi sosok terkuat di klan Uchiha selanjutnya. Dia merupakan pemimpin dari klan ini saat era peperangan masih berlangsung. Madara adalah rival dari Hashirama Senju sampai dia menemui ajalnya. Madara sendiri tidak mampu mengalahkan Hashirama saat mereka berdua masih hidup.

Madara berhasil mencuri sel Hashirama dan membangkitkan Rinnegan miliknya. Madara kemudian kembali dibangkitkan saat perang besar shinobi keempat terjadi untuk menjadi Jinchuriki monster ekor sepuluh. Dan terbukti Madara menjadi mimpi buruk bagi para aliansi shinobi.

Terakhir adalah Uchiha Sasuke, salah satu protagonis utama yang muncul di seri Naruto. Rival dari Naruto uzumaki ini adalah satu-satunya yang selamat dari peristiwa pembantaian oleh Itachi. Sasuke tumbuh dengan rasa benci yang sangat mendalam terhadap sang kakak, sampai kemudian dia mengetahui fakta sebenarnya mengapa Itachi melakukan hal tersebut.

Sasuke sebenarnya memiliki dua motivasi dalam hidupnya. Pertama, dia ingin membalas dendam atas apa yang dilakukan oleh kakaknya dahulu. Kedua, dia ingin bisa menjadi lebih kuat dari Naruto. Kedua hal inilah yang membuat Sasuke terus meningkatkan kemampuan dan kekuatannya sampai pada level seperti saat ini.

Kesimpulannya

Jadi, siapa sebenarnya Uchiha terkuat dalam franchise Naruto? Dari semua karakter yang menjadi bagian dari klan Uchiha, bisa disimpulkan bahwa Madara adalah sosok yang paling kuat. Madara mungkin belum pernah menang menghadapi Hashirama Senju, namun bagaimana kemudian dia menjadi rival terkuat Hashirama menjadi bukti dari kedahsyatan Madara.

Belum lagi saat perang besar shinobi keempat kita melihat kedahsyatan lainnya dari Madara. Hampir semua shinobi berusaha untuk menjatuhkan Madara, namun gagal. Kita bisa melihat Team 7 yang gagal mengalahkan untuk mengalahkan Madara, kemudian Might Guy, dan juga para shinobi kuat lainnya pun gagal.

Jika bukan karena Kaguya yang berhasil kembali bangkit dan kemudian mengambil alih tubuh Madara, mungkin situasi perang dunia keempat shinobi akan sedikit berbeda. Berdasarkan hal tersebut, wajar jika kemudian Madara menjadi sosok Uchiha yang paling kuat dalam sejarah. Namun, titel ini tentunya tidak bertahan lama.

Meskipun Madara adalah Uchiha yang terkuat, namun saat ini status dari Madara sendiri sudah tewas. Artinya tidak ada lagi sosok Uchiha lainnya selain Sasuke, yang mana titel Uchiha terkuat mau tidak mau ada di tangan Sasuke karena dia menjadi sosok Uchiha terakhir yang masih hidup.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.