Pertanyaan tentang siapa sosok musuh paling kuat atau siapa sosok paling kuat menjadi salah satu pertanyaan yang sering muncul di kalangan fans One Piece. Tidak ada jawaban pasti untuk masalah tersebut, karena mungkin masing-masing orang akan memiliki perspektifnya masing-masing tentang siapa saja karakter yang mereka anggap kuat atau siapa yang tidak termasuk dalam kategori tersebut.

Namun, memang harus diakui ada beberapa hal yang sudah dihadirkan dalam ceritanya yang memberikan bukti bahwa sebuah karakter memiliki kekuatan yang dahsyat. Misalnya sosok Kaido atau pun Big Mom. Kedua Yonko tersebut rasanya sudah terbukti menjadi karakter yang kuat, di mana mereka sanggup menahan serangan yang sangat dahsyat.

Kaido bahkan sudah menerima banyak sekali luka, serangan, dan berbagai hal lainnya ke tubuhnya sejak penyerangan ke Onigashima. Namun, dia masih tetap bertahan meskipun perlahan-lahan dia sudah mulai melemah. Tetapi, disadari atau tidak sebenarnya ada sebuah poin yang mana poin tersebut dianggap sebagai patokan apakah seseorang merupakan sosok yang tangguh.

Hal ini diungkapkan oleh Silvers Rayleigh dalam chapter 894. Dalam chapternya kita melihat sedikit kilas balik Luffy saat dia berlatih di Rusukaina bersama Rayleigh. Saat itu, Luffy sedang melatih kemampuan Observation Haki miliknya. Sayangnya, Luffy saat itu gagal dalam latihannya karena Luffy tidak bisa merasakan emosi yang ada di sekitarnya.

Rayleigh kemudian bercerita bahwa dari sekian banyak orang-orang kuat yang ada di dunia, hanya ada sedikit orang-orang yang mampu untuk melihat ke masa depan. Rayleigh sendiri sempat merasa skeptis kepada Luffy jika kemudian dia berada dalam situasi tersebut, di mana dia bertarung dengan musuh yang mampu melihat masa depan.

Kekhawatiran Rayleigh tersebut didasari karena Luffy saat itu baru saja belajar Haki. Dia baru mempelajari Haki selama dua tahun. Belajar selama dua tahun dianggap masih belum ada apa-apanya dengan seseorang yang sudah menguasai atau memiliki kemampuan Observation Haki, di mana dia bisa melihat ke masa depan.

Dan ternyata kekhawatiran Rayleigh terjadi saat Luffy bertarung melawan Charlotte Katakuri. Pada saat itu, Luffy benar-benar kewalahan dalam menghadapi Katakuri yang mampu membaca semua gerakan Luffy dengan baik. Seperti yang diketahui, Katakuri memiliki kemampuan Observation Haki tingkat tinggi. Butuh waktu yang cukup lama bagi Luffy sebelum akhirnya dia mulai bangkit setelah menyadari perkataan dari Rayleigh tersebut.

Luffy pun kemudian berhasil membangkitkan Observation Haki tingkat tinggi miliknya sendiri, yang membuatnya juga bisa melihat ke masa depan. Hal tersebut membuat pertarungan Luffy dan Katakuri seimbang. Kemampuan Luffy untuk melihat ke masa depan sempat juga dikagumi oleh sosok Hyogoro, yang terkejut bahwa ada manusia yang mampu melihat ke masa yang akan datang.

Sampai sejauh ini, baru diketahui ada dua orang yang mampu melihat ke masa depan, yaitu Charlotte Katakuri dan Monkey D. Luffy. Masih belum ada konfirmasi resmi apakah teknik Mantra yang dilakukan oleh penduduk di pulau langit adalah kemampuan melihat ke masa depan atau merupakan kemampuan Observation Haki pada umumnya, yang mampu memprediksi gerakan lawan.

Jadi, kesimpulannya adalah berdasarkan apa yang diucapkan oleh Rayleigh, musuh yang tangguh atau sosok yang tangguh menurutnya bukanlah mereka yang hanya memiliki kemampuan fisik yang luar biasa. Musuh yang tangguh adalah musuh yang mampu melihat ke masa depan dan membaca apa yang akan terjadi selanjutnya.

Tanpa pengalaman bertarung yang baik, atau kemampuan untuk bisa menandingi kemampuan Haki tersebut, rasanya akan sangat sulit bagi seseorang untuk bisa memenangkan pertarungan tersebut seperti yang terlihat dalam pertarungan Luffy dan Katakuri. Jika bukan karena Luffy yang berhasil membangkitkan teknik tingkat tinggi dari Observation Haki tersebut, rasanya sulit bagi Luffy untuk bisa menang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.