Episode terbaru dari seri anime Attack on Titan akhirnya menjawab satu pertanyaan besar yang muncul sejak awal serinya muncul: Dari mana asal-usul para Titan? Geeks semua mungkin sudah tahu melalui cerita di serinya bahwa seorang gadis bernama Ymir yang hidup sekitar 2.000 tahun yang lalu adalah Original Titan alias Titan pertama yang ada di muka bumi.

Ada dua versi tentang cerita bagaimana Ymir mendapatkan kekuatan Titan tersebut. Dalam buku cerita di bangsa Marley, mereka menyebutkan bahwa Ymir membuat perjanjian dengan iblis untuk menguasai dunia, termasuk menaklukan Marley. Sedangkan bagi para penduduk di pulau Paradis, Ymir digambarkan sebagai sosok yang baik yang rela melakukan apa pun demi orang-orang di sekitarnya.

Semuanya masih simpang siur, sampai kemudian episode 21 musim keempat Attack on Titan yang berjudul, “From You, 2.000 Years Ago” mengungkapkan fakta sebenarnya tentang asal-usul sosok Ymir dan juga fakta sebenarnya dari asal-usul Titan. Berdasarkan dari ceritanya, semua hal yang terjadi benar-benar merupakan sebuah tragedi.

Kelahiran para Titan ternyata merupakan hasil seorang budak yang dihukum atas kejahatan yang dia sendiri tidak lakukan. Ymir merupakan seorang budak dari suku Eldia sekitar 2.000 tahun yang lalu. Suatu hari, Ymir dituduh sebagai pelaku atas kaburnya seekor babi dari kandangnya. Ymir pun kemudian dihukum oleh raja Fritz atas perbuatan yang tidak dia lakukan.

Ymir kemudian kabur dan pasukan Eldia yang lain mencoba mengejarnya. Ymir berlari ke arah hutan, dan terlihat bagian belakang tubuhnya terkena anak panah yang ditembakan ke arahnya. Ymir pun kemudian menemukan sebuah pohon raksasa yang mana di bagian bawahnya terdapat sebuah lubang besar yang menuju ke sebuah gua.

Menderita karena luka akibat anak panah, Ymir pun terjatuh ke sebuah kolam besar yang ada di dalam pohon raksasa tersebut. Saat Ymir tenggelam, tiba-tiba muncul makhluk unik berbentuk tulang belakang manusia berenang dan kemudian mendekati Ymir. Tidak berapa lama petir pun kemudian muncul dan ledakan besar terjadi.

Pasca semua hal tersebut, Ymir pun kemudian muncul dalam versi yang lebih besar. Sejak saat itulah Ymir mulai menjadi Titan pertama di muka bumi. Meskipun kekuatannya sangatlah dahsyat, Ymir tidak lebih dari sekedar budak bagi raja Fritz, yang merupakan pemimpin dari suku Eldian. Fritz memanfaatkan kekuatan Titan Ymir untuk melakukan berbagai hal.

Mulai dari membangun jembatan, jalan, menyuburkan pertanian, bahkan memperbesar wilayah kekuasaan mereka dengan mengalahkan musuh-musuh dari suku lainnya – termasuk suku Marley. Selama kurang lebih 13 tahun Ymir menjadi senjata andalan raja Fritz untuk menaklukan dunia. Fritz sendiri kemudian memberikan “hadiah” kepada Ymir, yaitu dia boleh mengandung anaknya.

Ymir pun melahirkan tiga orang putri, Maria, Rose, dan Sina, yang mana ketiga putri dari Ymir dan Fritz tersebut menjadi nama untuk tiga tembok yang melindungi pulau Paradis. Ymir sendiri diceritakan tewas setelah dia terkena tombak yang dilemparkan salah satu pasukan Marley, yang diarahkan kepada raja Fritz. Fritz sendiri awalnya menduga bahwa Ymir tidak akan mati hanya karena terkena tombak.

Faktanya, Ymir memang harus tewas meskipun dia memiliki kekuatan Titan. Dan dalam episode tersebut, momen kematian itulah yang menjadi awal mula Ymir berada di dimensi Path. Raja Fritz sendiri tidak ingin kekuatan Titan Ymir hilang begitu saja. Dia pun memerintahkan anak-anaknya untuk memakan daging ibunya.

Momen mengerikan tersebut menjadi cara untuk mewariskan kekuatan Titan dari satu orang ke orang lainnya. Raja Fritz juga meminta anak-anaknya untuk terus melahirkan sebanyak mungkin anak agar kekuasaan Eldia bisa terus berkembang dan tidak akan pernah padam. Hal tersebut juga dilakukan agar kekuatan Titan bisa tetap ada di tangan bangsa Eldia.

Proses memakan daging Ymir tersebut juga menjadi momen awal terbentuknya berbagai jenis Titan, yang mana kita mengenalnya sebagai sembilan jenis Titan saat ini. Meskipun Ymir harus merasa kesepian dan kesakitan serta menderita, Ymir menghabiskan waktu 2. 000 tahun di dimensi Path tersebut. Dia diperlihatkan menjadi pencipta semua Titan yang ada di dunia.

Ymir menggunakan air dan pasir putih yang ada di Path untuk membuat para Titan tersebut, sampai kemudian Eren dan Zeke bertemu dengan Ymir. Bagi Ymir, menunggu selama 2.000 tahun dirasa sangat lama sekaligus juga terjadi begitu cepat, karena seperti yang diungkapkan sebelumnya dimensi Path tidak terikat ruang dan waktu.

Dari apa yang dihadirkan dalam ceritanya, Ymir sepertinya memiliki kebencian yang sama terhadap dunia. Hal tersebut pun dirasakan oleh Eren Yeager, yang mana kesamaan inilah yang membuat Ymir akhirnya meminjamkan kekuatan Founding Titan sehingga Eren bisa menggunakan seluruh kekuatannya. Hal ini bisa terlihat dari makhluk berbentuk tulang belakang yang ada di tubuh Ymir, sekarang berada di tubuh Eren.

Eren sepertinya menjadi orang pertama yang memperlakukan Ymir dengan baik layaknya seorang manusia, dibandingkan seorang budak atau dewa. Ymir sendiri menangis saat Eren mengatakan kepadanya bahwa dia bisa membuat keputusannya sendiri, dia bebas untuk menentukan nasibnya. Masih belum diketahui apa yang terjadi kepada Ymir setalah Eren mengambil alih kekuatan penuh dari Founding Titan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.