Captain America merupakan perwujudan dari pilar moral yang dihadirkan oleh pihak Marvel. Tentara super ini memang sengaja dihadirkan untuk menjadi role model atau panutan bagi siapa saja untuk bisa bangkit melawan ketidak adilan, penindasan, dan berbagai hal jahat lainnya sambil tetap berpegang terhadap kode moral yang dia yakini.

Dalam era modern seperti saat ini pun, Captain America masih terus memegang teguh moral-moral yang dia yakini benar. Captain America tidak jarang harus melakukan berbagai tindakan “kotor” ketika memang situasi mengharuskannya untuk melakukan hal tersebut. Salah satu hal buruk yang pernah dilakukan oleh Captain America adalah membunuh targetnya. Berikut adalah para karakter yang menjadi korbannya.

Red Ghost (Earth-616)

Dikenal karena pertarungannya melawan tim kosmik Fantastic Four, Red Ghost alias Ivan Kragoff, merupakan seorang ilmuwan Rusia yang mempelajari tentang hubungan antara sinar kosmik dan tubuh manusia. Ivan berusaha untuk bisa menciptakan ulang berbagai kondisi yang dialami oleh anggota dari tim Fantastic Four.

Ivan pun kemudian menguji coba risetnya kepada gorila peliharaanya. Dalam uji cobanya tersebut bisa dibilang Ivan berhasil melakukannya. Red Ghost pun harus berakhir secara brutal setelah dibunuh oleh Captain America dalam komik Captain America Steve Rogers #4 (2016). Saat Ivan sedang mengerjakan salah satu risetnya yaitu “Project Onicef” Ivan diserang oleh Captain America yang dicuci otaknya oleh Hydra.

Ivan berusaha untuk menggunakan gorila yang menjadi subyek tesnya untuk menghadapi Captain America, tetapi Captain America mampu menghabisinya dalam waktu singkat. Bukan hanya gorilanya yang berhasil dibunuh oleh Captain America, Ivan pun akhirnya tewas di tangan sang pahlawan Amerika tersebut.

Vampire Nerd Hulk (Earth-1610)

Nerd Hulk merupakan kreasi dari kakak Tony Stark, Gregory. Dia mengambil DNA milik Banner untuk menciptakan Nerd Hulk. Kekuatan fisik yang luar biasa dari Hulk dan juga kecerdasan dari Bruce Banner menyatu dalam sosok Nerd Hulk. Meskipun begitu, ternyata Nerd Hulk bukanlah sesuatu yang sempurna. Kemarahan yang menjadi sumber kekuatan Hulk, mampu diredakan oleh empati dari Bruce Banner.

Hasilnya, Nerd Hulk pun mampu dikalahkan dengan mudah. Situasi pun semakin buruk pasca hal tersebut, di mana dia bahkan mampu dikalahkan oleh Red Skull. Nerd Hulk juga ditolak untuk bergabung dengan Ultimates. Dalam sebuah wabah vampir yang menyerang New York, Nerd Hulk ternyata terkena wabah tersebut yang memaksanya menjadi vampir.

Vampire Nerd Hulk kemudian menjadi pemimpin dari kelompok vampir, yang mana hal tersebut mendapatkan perhatian dari Avengers. Mereka pun berusaha untuk menghentikan Vampire Nerd Hulk, seperti yang dilakukan oleh Captain America di mana Nerd Hulk dibakar hidup-hidup setelah terkena cahaya matahari.

Machinesmith (Earth-616)

Machinesmith alias Samuel Saxon merupakan seorang pebisnis yang berubah menjadi supervillain karena ulah Doctor Doom. Saat masih kecil, dia menemukan salah satu robot milik Doctor Doom di sebuah terowongan kereta bawah tanah dan menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mengambilnya secara satu persatu bagiannya dan kemudian dianalisa.

Setelah berhasil menganalisa semuanya, Samuel pun kemudian membangun robotnya sendiri. Saat dewasa, dia mencoba untuk menjadi penjahat dengan menggunakan nama samaran Mister Fear. Namun, dalam pertarungannya melawan Daredevil membuat Mister Fear pun tewas. Kesadaran dari Samuel kemudian diunduh ke dalam sebuah robot ciptaanya, yang secara teknis membuat Samuel kembali hidup.

Samuel pun kemudian menggunakan identitas baru yaitu Machinesmith, dan kembali melakukan aktivitas ilegal. Kali ini, Machinesmith harus berurusan dengan Captain America. Dia berusaha untuk menguras tenaga dari Steve Rogers, namun karena kemampuan bergerak Steve yang lincah, dia mampu menghindari serangan mematikan Machinesmith. Steve sendiri kemudian bergabung dengan Beast untuk mencegah Samuel mendapatkan sinyal yang mengendalikan tubuhnya. Mereka pun mencegah Samuel berpindah ke tubuh yang lain dengan cara membunuhnya.

Baron Blood (Earth-3931)

Dalam komik Exiles #31 (2003) para fans disuguhkan oleh gabungan antara cerita superhero dan horor. Earth-3931 merupakan universe di mana para Avengers semuanya berubah menjadi vampir, dan misi mereka adalah mengisap darah. Baron Blood yang bertanggung jawab atas semuanya, di mana dia bertarung menghadapi Captain America dan berhasil menang.

Baron Blood kemudian mengubah Captain America dan yang lain menjadi vampir. Tetapi, setelah menjadi vampir, justru Captain America membalikan keadaan dengan membunuh Baron Blood. Dia kemudian menjadi sosok raja vampir yang baru. Meskipun Captain menjadi sosok vampir, dia tetap menjadi pemimpin timnya.

Baron Zemo (Earth-58163)

Dalam Earth-58163, masyarakat harus berhadapan dengan para pahlawan yang korup alias jahat. Dalam universe ini, Magneto diperlihatkan menjadi pemimpin para mutan dan juga menjadi pemimpin dunia setelah manusia dianggap sebagai ras yang rendah jika dibandingkan dengan mutant – kecuali Spider-Man dan Captain America. Hal ini pun membuat dunia terbagi menjadi dua kubu.

Dalam universe ini, Cap diperlihatkan sebagai sosok orang tua yang kembali dari perang dunia kedua, menikahi Peggy Carter, dan sempat menjadi pilot pesawat tempur bagi AU Amerika. Komik Captain America Vol. 5 #10 (2005) memperlihatkan momen Steve saat dia harus berjuang di bawah kepemimpinan Magneto. Dalam ceritanya, di perlihatkan Steve dan Bucky bertarung menghadapi Baron Heimrich Zemo.

Keduanya berupaya untuk menghentikan pesawat drone yang hendak menghabisi nyawa mereka. Namun, Steve mengarahkan pesawat tersebut ke benteng milik Zemo. Tabrakan pesawat tersebut membuat Baron Zemo akhirnya tewas, akibat benturan yang keras.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.