Pengkhianatan merupakan salah satu elemen yang muncul dalam seri Attack on Titan, selain elemen lainnya seperti politik atau romansa. Bahkan, pengkhianatan menjadi salah satu tema besar dari serinya karena ada banyak momen pengkhianatan yang dihadirkan di sepanjang ceritanya. Kita juga diperkenalkan dengan berbagai karakter pengkhianat, seperti salah satunya adalah sosok Zeke Yeager.

Kakak tiri dari Eren Yeager ini merupakan salah satu karakter utama dan penting di serinya. Zeke terlibat berbagai rencana-rencana besar yang berkaitan dengan dunia dan bangsa Eldian. Namun, meskipun Zeke nampak seperti sosok yang baik, faktanya dia ternyata merupakan seorang pengkhianat besar. Berikut adalah pengkhianatan yang pernah dilakukan oleh Zeke.

Mengkhianati Kedua Orang Tuanya

Zeke sedari kecil memang sudah dipersiapkan untuk meneruskan mimpi besar dari ibu dan ayahnya, Grisha Yeager dan Dina Fritz, untuk mengembalikan kejayaan bangsa Eldian. Grisha sendiri merupakan sosok penting dari gerakan Eldian Restorationist. Tetapi, nampaknya hal tersebut dianggap terlalu berat bagi Zeke yang akhirnya membuatnya mengkhianati kedua orang tuanya.

Atas hasutan dari Tom Ksaver, Zeke kecil pun kemudian membocorkan identitas asli dari kedua orang tuanya. Tidak hanya itu, Zeke juga membocorkan rencana besar dari kedua orang tuanya untuk mengembalikan kejayaan Eldia. Akibat dari hal tersebut ibunya harus berubah menjadi Titan, sedangkan sang ayah menjalani hidup baru di pulau Paradis.

Mengkhianati Marley

Zeke membuktikan kesetiaannya kepada Marley sejak dia masih kecil, dengan membocorkan rahasia besar kedua orang tuanya dan juga rencana mereka. Berkat hal tersebut, Zeke kemudian dianugerahkan kekuatan Beast Titan oleh pihak Marley, sebagai bentuk apresiasi atas kesetiaannya. Namun, sebenarnya Zeke pun tidak terlalu setia terhadap Marley.

Terbukti, saat dia bertemu dengan Eren Yeager, dan Eren memahami semua rencana besarnya, dia pun kemudian rela untuk bekerja sama dengan Eren. Zeke tidak takut untuk kemudian mengkhianati pihak Marley, seperti yang diperlihatkan di musim terakhir seri animenya. Dia bahkan menghancurkan kapal terbang milik Marley.

Mengkhianati Bangsa Eldian

Dalam kilas balik yang dihadirkan dalam ceritanya, Zeke diperlihatkan sering mendapatkan perilaku yang kurang mengenakan dari orang-orang di sekitarnya. Hal tersebut dikarenakan Zeke merupakan keturunan dari bangsa Eldian. Zeke juga menyadari bagaimana kemudian stigma negatif sering kali muncul terhadap bangsa Eldian, tidak peduli di mana pun mereka berada.

Inilah yang membuat Zeke kemudian berpikir untuk menghentikan penderitaan mereka. Bagaimana caranya? Dengan menggunakan kekuatan Founding Titan dan membuat seluruh bangsa Eldian tidak bisa lagi memiliki keturunan. Dengan begitu, seluruh siklus kehidupan bangsa Eldian akan terhenti dan kekuatan Titan akan menghilang dari bumi.

Mengkhianati Pasukan Militer Paradis

Bergabungnya Zeke Yeager dalam rencana besar Eren, sempat membuat pihak militer Pulau Paradis khawatir. Dan ternyata kekhawatiran mereka terbukti, di mana pihak militer berhasil diambil alih dan dikudeta oleh faksi Yeagerist, orang-orang atau kelompok yang mendukung upaya dari Eren Yeager untuk menghabisi seluruh manusia di luar Paradis.

Lalu, di mana bentuk pengkhianatan Zeke? Tanpa disadari dan diketahui oleh semua orang, Zeke sudah menyuntikan cairan tulang belakang Titan ke berbagai anggur yang diminum oleh seluruh militer Paradis. Anggur tersebut merupakan suplai yang dibawa dari wilayah Marley. Efek dari orang-orang yang meminum anggur tersebut mereka berubah menjadi Pure Titan, seperti diperlihatkan di episode kemarin.

Mengkhianati Eren Yeager

Momen ini terjadi di episode sebelumnya, di mana saat itu Eren dan Zeke berada di dimensi Path. Seperti dijelaskan di atas, Eren dan Zeke bekerja sama untuk sebuah rencana besar yaitu menghancurkan seluruh bangsa Eldian, agar tidak ada lagi penderitaan yang harus dialami oleh bangsa tersebut dan kekuatan Titan akan menghilang.

Semua rencana yang mereka bangun berjalan dengan lancar. Zeke dan Eren berhasil melakukan kontak fisik, meskipun sebelumnya ada peristiwa mengerikan di mana kepala Eren ditembak oleh Gabi dengan senapan anti Titan. Setelah menjelaskan semuanya, Zeke kemudian mengaku bahwa dia sudah mengkhianati Eren. Zeke tahu bahwa Eren sebenarnya tidak setuju dengannya, karena itulah Zeke memanfaatkan kekuatan Founding Titan Eren.

Terlepas dari apa pun rencana yang sudah dia buat dan berbagai alasan yang ada, Zeke bisa dibilang adalah pengkhianat paling besar di sepanjang seri Attack on Titan. Sudah sering sosok Zeke mengkhianati orang-orang di sekitarnya, yang mana hal tersebut menunjukan seberapa mengerikannya sosok ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.