Sebagai tim superhero terbaik Marvel, Avengers telah berhasil melindungi Bumi dari segala macam ancamannya sampai sekarang. Hal tersebut bisa terjadi karena Avengers terdiri dari para superhero yang memang sudah tangguh walaupun mereka berdiri sendiri. Para superhero ini diceritakan mempunyai kisah latar belakangnya sendiri, yang pada akhirnya mendukung perjalanan superhero mereka sampai akhirnya makin populer di Avengers. Namun, ternyata tidak semua anggota Avengers berasal dari superhero, karena beberapa di antaranya justru memulai karier Marvelnya sebagai villain. Siapa saja mereka? Berikut lima villain yang pernah diceritakan bergabung dengan Avengers!

Sandman

Tidak banyak yang tahu bahwa musuh Spider-Man yang satu ini pernah menjadi salah satu anggota Avengers. Sandman pernah benar-benar bergabung dengan Avengers setelah dia bertemu dengan The Thing dari Fantastic Four di komik Marvel Two-In-One #86. Pada saat itu The Thing mendesak Sandman untuk memperbaiki jalan hidupnya dengan membuka lembaran baru sebagai anggota Avengers. Setelah mendapatkan pengampunan dari presiden, Sandman diangkat menjadi anggota resmi Avengers oleh Captain America langsung. Sayangnya, statusnya tersebut tidak bertahan lama, dan Sandman malah kembali sebagai penjahat dan memilih bergabung dengan Sinister Six.

Sabretooth

Sebagai saingan Wolverine, Sabretooth adalah villain yang sering diceritakan sangat kejam dan tidak akan segan-segan dalam membunuh superhero yang menjadi musuhnya. Namun, ketika kisah AXIS memperlihatkan bagaimana sihir Scarlet Witch membalik moral kompas para karakter Marvel, Sabretooth yang awalnya jahat kemudian menjadi karakter yang sangat baik. Dia diceritakan bergabung dengan Avengers untuk memperbaiki masa lalunya. Bahkan saat semua kembali ke karakter lamanya, Sabretooth tetap bersama Avengers dan mendaftarkan diri sebagai anggota divisi gabungan antara X-Men dan Avengers yang disebut Avengers Unity.

Red Hulk

Sejak dirinya belum menjadi Red Hulk, Jenderal Thaddeus E. “Thunderbolt” Ross adalah sosok yang digambarkan sebagai penjahat yang membenci Hulk. Itulah mengapa ketika dia mendapatkan kekuatan super, dia langsung memenuhi obsesinya dengan terus-menerus bertarung melawan Hulk. Sampai akhirnya dia diceritakan lelah dengan rutinitasnya dan kemudian direkrut oleh Captain America untuk menjadi anggota Avengers saat tim superhero tersebut berhadapan dengan supervillain tangguh bernama Hood. Pada akhirnya Red Hulk menjadi anggota resmi Avengers yang berusaha keras untuk mendapatkan kepercayaan dari semua anggota tim.

Scarlet Witch & Quicksilver

Di antara kalangan mutan, Scarlet Witch dan Quicksilver adalah sepasang saudara kembar yang memulai debutnya sebagai penjahat, tepatnya setelah mereka bergabung dengan Brotherhood of Mutants yang dipimpin oleh Magneto. Setelah bertahun-tahun menjadi villain yang sering membuat X-Men kewalahan, pada akhirnya popularitas justru membawa mereka menjadi karakter yang lebih baik. Setelah menjadi karakter yang lebih dikenal oleh para penggemar, Marvel kemudian menceritakan Scarlet Witch dan Quicksilver bergabung dengan Avengers. Walaupun awalnya sempat diragukan, tetapi pada akhirnya Scarlet Witch dan Quicksilver bisa membuktikan bahwa mereka berguna untuk tim.

Agent Venom

Selama bertahun-tahun di Marvel Universe, Venom telah digambarkan sebagai symbiote yang akan menyesuaikan karakter dengan inangnya. Selain sempat muncul sebagai supervillain dan kemudian menjadi anti-hero bersama Eddie Brock, Venom juga ternyata pernah benar-benar menjadi superhero ketika dia bergabung dengan Flash Thompson. Dengan identitas barunya yang dikenal sebagai Agent Venom, mereka berdua diceritakan berhasil mendapatkan kepercayaan dari Hawkeye, yang pada akhirnya mengajak Agent Venom untuk bergabung dengan Secret Avengers. Sejak saat itu Venom mulai merasa nyaman dengan status superheronya, bahkan ketika dia sudah kembali bersama Eddie.

Itulah lima villain yang pernah diceritakan bergabung dengan Avengers dalam beberapa kesempatan. Meskipun sebagian dari mereka mempunyai keanggotaan yang bersifat sementara, tetapi tidak sedikit juga yang pada akhirnya terus bersama Avengers, seperti Scarlet Witch. Bahkan karakter seperti Red Hulk dan Sabretooth juga tidak pernah diceritakan benar-benar berhenti dari Avengers sejak mereka terakhir kali diceritakan bergabung. Bagi kelima karakter ini mungkin bergabung dengan Avengers adalah salah satu bentuk penebusan yang bisa mereka lakukan agar lebih disukai oleh para penggemar.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.