Guardians of the Galaxy adalah salah satu waralaba andalan Marvel Studios yang telah memperlihatkan kepada penggemar seperti apa kosmik Marvel Cinematic Universe. Sebagai tim superhero galaksi, sampai saat ini tim Guardians sendiri terdiri dari beberapa anggota yang sangat menarik sekaligus ikonik, termasuk Star-Lord (Chris Pratt), Gamora (Zoe Saldaña), Drax the Destroyer (Dave Bautista), Groot (Vin Diesel), Rocket (Bradley Cooper), Nebula (Karen Gillan), dan Mantis (Pom Klementieff).

Sukses dengan film Guardians of the Galaxy (2014) dan Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017), ternyata tidak membuat sutradara James Gunn memperpanjang kisah tim Guardians yang saat ini kita kenal, dia memastikan bahwa film Guardians of the Galaxy Vol. 3 mendatang akan menjadi kisah terakhir tim Guardians-nya. Begitu juga dengan aktor Dave Bautista yang mengatakan bahwa GOTG 3 akan menjadi film terakhirnya sebagai Drax. Walaupun kabar tersebut cukup mengejutkan, tetapi kedepannya MCU bisa saja menghadirkan tim baru seperti yang sudah diperkenalkan di Marvel Comics. Seperti apa tim tersebut? Simak pembahasannya di bawah ini, Geeks!

Tuntutan untuk Menjadi Lebih Besar

Beberapa waktu yang lalu, Marvel sebenarnya telah merilis komik baru Guardians of the Galaxy yang sepertinya memberikan pandangan kepada penggemar akan seperti apa tim Guardians kedepannya. Di komik Guardians of the Galaxy Vol. 6 karya Al Ewing dan Juan Frigeri, yang pertama kali dirilis pada bulan Januari 2020 dan telah selesai pada bulan September tahun lalu dengan issue-nya yang ke-18, diceritakan bahwa tim Guardians telah memasuki era baru yang jumlah anggotanya sudah bertumbuh makin besar.

Dalam kisah komik tersebut, para Guardians diceritakan harus menghadapi ancaman gaib yang tingkatannya sudah setara dengan kosmik Marvel, di mana penguasa Dark Dimension yang bernama Dormammu mulai mencari cara untuk menguasai Marvel Universe. Mengetahui bahwa dirinya selalu berhasil dikalahkan oleh Doctor Strange jika hanya mengandalkan kekuatan gaib saja, Dormammu kemudian menemukan cara lain, yaitu dengan merasuki Ego the Living Planet.

Pada titik itu Dormammu menjadi sosok entitas kosmik baru yang kepalanya seukuran planet, dia kemudian menciptakan tubuh baru dengan kepala planet tersebut yang pada akhirnya membuat dia menjadi salah satu makhluk terbesar di galaksi. Sebagai pelindung galaksi, para Guardians utama, yang terdiri dari Star-Lord dan kawan-kawan kemudian mulai merekrut beberapa anggota baru yang sebenarnya sudah terkenal di dunia kosmik Marvel dan beberapa di antaranya juga pernah tergabung dalam tim Guardians.

Melibatkan Banyak Superhero dan Supervillain Tangguh

Setelah mengetahui bahwa mereka tidak bisa berdiam diri saja untuk mengalahkan Dormammu, tim Guardians yang terdiri dari Star-Lord, Gamora, Rocket, Groot, Mantis, dan Drax the Destroyer, kemudian mulai merekrut beberapa anggota tambahan, termasuk Nova, Moondragon, Hercules, King Hulkling, Wiccan, Quasar Wendell Vaughn, Quasar Avril Kincaid, Super-Skrull, Marvel Boy, Captain Marvel, dan bahkan supervillain legendaris Doctor Doom.

Dengan tim barunya ini, di mana Guardians percaya bahwa jumlah adalah segalanya, akhirnya mereka berhadapan dengan Dormammu di Spartax. Dengan sebuah meriam raksasa ciptaan Rocket, yang diberi nama Retaliator Mark II, para Guardians kemudian saling bekerja sama untuk mengalahkan Dormammu. Sementara Doctor Doom berhadapan dengan pasukan Chitauri yang dirasuki oleh Dormammu, Rocket memasukan peluru anti sihir yang disebut Mysterium. Dengan tenaga dari Nova Force dari Nove dan tenaga matahari dari Star-Lord, peluru tersebut ditembakan dan melesat menembus kepala Dormammu. Akhirnya Dormammu kalah dan kembali ke Dark Dimension.

Apakah Akan Terwujud di MCU?

Jika benar kedepannya Marvel Studios akan melanjutkan kisah Guardians of the Galaxy setelah film GOTG 3, maka tidak menutup kemungkinan tim baru Guardians akan seperti yang terlihat di komik Guardians of the Galaxy Vol. 6. Sejauh ini sudah ada beberapa karakter yang diperkenalkan di MCU, termasuk Captain Marvel yang akan hadir dengan film solo keduanya yang berjudul The Marvels, mungkin kedepannya dia akan bergabung dengan tim Guardians baru.

Beberapa waktu lalu presiden Marvel Studios Kevin Feige bahkan sempat mengatakan bahwa dia ingin Nova versi Richard Rider dan Sam Alexander debut di MCU, di mana rumornya film solo Nova akan diproduksi pada tahun 2023 mendatang. Ada kemungkinan yang tidak terbatas untuk tim Guardians of the Galaxy selanjutnya. Di mana inspirasinya mungkin mengambil dari komik Guardians of the Galaxy Vol. 6.

Itulah pembahasan mengenai tim baru Guardians yang bisa muncul pada masa depan MCU. Jika pada akhirnya benar-benar diwujudkan oleh Marvel Studios, sepertinya akan menarik melihat bagaimana para anggota barunya muncul dalam bentuk live action pada masa yang akan datang. Jika tidak ada halangan, aksi terakhir dari tim Guardians utama MCU akan bisa disaksikan nanti di film Guardians of the Galaxy Vol. 3, yang dijadwalkan tayang pada 5 Mei 2023.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.