Seri Attack on Titan menjadi salah satu seri yang cukup banyak diperbincangkan di kalangan fans anime. Hal ini wajar karena Hajime Isayama menghadirkan berbagai elemen yang sangat jarang dihadirkan dalam seri lainnya dalam genre Shonen, serta berbagai berbagai elemen kejutan lainnya. Misalnya tentang tema yang dihadirkan. Pada awalnya serinya berkisah tentang pertarungan manusia melawan Titan.

Namun, seiring berjalannya waktu, tema cerita pun mulai berubah 180 derajat. Belum lagi berbagai momen tragis yang dihadirkan dalam ceritanya, yang mana momen tragis tersebut memberikan pengaruh besar terhadap jalannya cerita. Berikut adalah beberapa kematian yang paling penting yang memberikan dampak besar di sepanjang seri Attack on Titan.

Dina Fritz

Sebagai salah satu keturunan bangsawan, Dina Fritz mencoba untuk bangkit dan menghentikan perlakuan bangsa Marley terhadap kaum Eldian. Sayangnya, apa yang diupayakan oleh Dina Fritz justru ditentang oleh anaknya, Zeke, yang justru melaporkan apa yang direncanakan oleh orang tuanya. Namun, hal tersebut juga ada kaitannya dengan Dina yang memanfaatkan Zeke sebagai alat, bukan sebagai anak.

Perubahan Dina menjadi “Smiling Titan” menjadi awal mula dari rangkaian peristiwa penting di serinya yang membuat Eren kemudian membenci Titan dan berniat menghancurkan seluruh Titan yang ada. Bahkan sebelum kematiannya, melakukan kontak fisik dengan Dina membuat Eren mampu mengakses kekuatan Founding Titan dan membongkar rahasia besar yang ada.

Carla Yeager

Carla Yeager adalah ibu dari Eren memiliki sikap sangat baik. Banyak fans beranggapan bahwa Carla tidak seharusnya tewas, apalagi dia harus tewas di awal serinya. Sosok Carla Yeager harus tewas dimakan oleh Pure Titan Dina Fritz. Dan kematian dari Carla menjadi salah satu dari rangkaian panjang peristiwa yang berpengaruh di serinya.

Momen ini menjadi motivasi bagi Eren untuk membenci Titan. Selain itu, kematian dari Carla Yeager juga yang kemudian membuat Eren berubah menjadi sosok yang jahat seperti yang diperlihatkan di musim terakhir ini. Kematian Carla menjadi konsekuensi dari sebuah konspirasi besar yang terjadi sejak lama di pulau Paradis.

Grisha Yeager

Grisha bisa dibilang adalah salah satu karakter penting dalam rangkaian peristiwa yang ada di seri Attack on Titan. Sejarah panjangnya bersama Marley, dan juga fakta bahwa dia berusaha untuk membangkitkan kembali bangsa Eldian dari berbagai keterpurukan, memang bisa dipahami. Sayangnya, hal tersebut membuat Grisha rela melakukan apa pun, termasuk hal yang salah.

Setelah memulai kehidupan baru di Paradis, Grisha melakukan hal yang tidak pernah diduga sebelumnya yaitu mengambil kekuatan Founding Titan dari keluarga Reiss. Grisha kemudian mewariskan kekuatan tersebut kepada Eren, seperti diperlihatkan dalam ceritanya. Namun, fakta mengejutkan kemudian muncul di episode kemarin, di mana ternyata Eren pelaku semuanya.

Hannes

Hannes mungkin bukan salah satu karakter utama dalam ceritanya, namun dia menjadi salah satu karakter yang banyak difavoritkan para fans. Kemunculan pertama dari Hannes mungkin tidak banyak memberikan impresi. Namun, pasca penyerangan ke Shiganshina, para fans mulai melihat potensinya.

Hannes sendiri diceritakan tewas saat berusaha untuk menyelamatkan Eren dan Mikasa dari Titan yang memakan Carla Yeager, yaitu Titan Dina Fritz. Momen menyedihkan tersebut juga menjadi salah satu pemicu kemarahan dalam diri Eren, yang mana kemudian membuatnya secara tidak disengaja menggunakan kekuatan Founding Titan untuk menghancurkan Dina Fritz.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.