Memiliki salah satu dari sembilan kekutan Titan dalam dunia Attack on Titan bisa menjadi pedang bermata dua. Di satu sisi, hal ini bisa menjadi sebuah berkah bagi pemiliknya. Namun, di sisi lain, hal tersebut juga bisa menjadi kutukan yang mematikan. Semuanya tergantung dilihat dari sisi mana, apakah dari sisi negatif atau justru dari sisi negatif.

Namun, terlepas dari itu semua, berbicara mengenai pewarisan kekuatan Titan terdapat salah satu jenis Titan yang sudah berubah pemiliknya sejak pertama kali diperkenalkan yaitu Jaw Titan. Dibandingkan dengan jenis Titan lainnya, kekuatan Jaw Titan sudah diwariskan ke lebih banyak karakter dibandingkan jenis Titan lainnya. Lalu, siapa saja mereka yang pernah memiliki kekuatan tersebut?

Marcel Galliard

Ketika Collosal Titan milik Bertholdt Hoover muncul di atas tembok di distrik Shiganshina di awal serinya, pada saat itulah pertempuran antara Marley dan Eldian kembali terulang. Bersama dengan rekan-rekannya yang lain di pasukan Warrior – Reiner, Annie, dan Bertholdt – Marcel terpilih untuk misi penyusupan ke pulau Paradis.

Marcel sendiri kemudian menjadi pewaris selanjutnya dari Jaw Titan. Marcel juga menjadi pemimpin untuk misi penyusupan tersebut. Berbeda dengan seluruh pasukan Warrior Marley, Marcel tidak melihat kekuatan dari Titan Shifter ini sebagai berkah. Justru dia melihatnya sebagai kutukan. Dia bahkan rela mensabotase upaya adiknya untuk mewarisi kekuatan Titan.

Ymir

Sehari sebelum Marcel dan semua pasukan Warrior menyerang distrik Shiganshina, seorang mindless Titan muncul di tempat mereka berkemah. Dan tanpa diduga, Marcel yang justru dimakan oleh mindless Titan tersebut. Reiner dan Bertholdt pun terkejut saat mengetahui bahwa ada sosok manusia di dalam mindless Titan tersebut, yang tidak lain adalah Ymir. Ymir merupakan Eldian yang lahir di luar pulau Paradis.

Dia sempat dipuja oleh para penduduk Eldian, karena dianggap sebagai reinkarnasi dari Ymir Fritz. Hal ini ternyata diketahui oleh pihak Marley dan membuat dia dirubah menjadi Titan dan dibuang ke pulau Paradis. Saat penyamaran Reiner dan Bertholdt terbongkar, keduanya dibirkan begitu saja bersama para Titan lainnya. Ymir justru membantu mereka kabur dan memutuskan untuk “mengembalikan” kekuatan Jaw Titan kepada pihak Marley.

Porco Galliard

Porco Galliard adalah adik dari Marcel Galliard. Sang kakak berusaha keras untuk bisa mencegah adiknya mewarisi kekuatan Titan. Namun, yang terjadi justru dia yang kemudian menjadi pewaris selanjutnya Jaw Titan, setelah mengonsumsi Ymir. Porco sendiri meyakini bahwa dia yang akan menjadi pewaris selanjutnya Armored Titan. Porco pun tidak tahu bahwa sang kakak sudah menentang upaya pihak Marley untuk mempersiapkannya menjadi pewaris kekuatan Titan selanjutnya.

Berbeda dengan sang kakak, Porco justru melihat bahwa mewarisi Titan merupakan bentuk dedikasi paling tinggi sebagai pasukan Warrior. Itulah mengapa dia begitu bersikeras untuk bisa mewarisi salah satu dari sembilan kekuatan Titan. Jika harapannya adalah dia akan mewarisi Armored Titan, faktanya justru Porco menjadi pewaris Jaw Titan.

Falco Grice

Falco juga menjadi sosok lainnya yang memiliki alasannya tersendiri mengapa dia ingin menjadi pewaris Titan. Falco ingin melindungi sosok Gabi, seperti halnya Marcel melindungi Porco. Setelah tidak sengaja meminum anggur yang terdapat cairan tulang belaka Zeke, Falco tidak bisa mengelak di mana takdirnya adalah menjadi korban dari rencana besar Zeke dan Eren.

Kakak Falco, Colt, menolak untuk meninggalkan sang adik saat Zeke hendak mengubah semuanya menjadi Titan. Sayangnya, meskipun Colt sudah meminta Zeke untuk tidak berteriak pada kenyataanya Zeke tetap pada pendiriannya. Efeknya, Falco pun berubah menjadi mindless Titan. Tanpa diduga, sosok Porco yang sudah tidak berdaya setelah sebelumnya dihajar oleh Attack Titan Eren, kemudian memakan tubuh Porco yang mana kemudian membuat Falco menjadi pewaris selanjutnya sekaligus pewaris paling baru dari kekuatan Jaw Titan.

Jaw Titan merupakan salah satu dari sembilan Titan yang ada dalam serinya. Meskipun sering kali kurang mendapatkan sorotan dibandingkan jenis Titan lainnya, namun kekuatan Jaw Titan tidak kalah kuat. Sudah ada empat orang yang mewarisi kekuatan Jaw Titan yang mana menjadikan Jaw Titan sebagai salah satu Titan Shifter dengan pewaris terbanyak.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.