Chapter 1037 dari seri manga One Piece kemarin menghadirkan banyak perdebatan hangat di kalangan fans. Ada beberapa poin penting yang muncul dari chapter tersebut, pertama bagaimana Gorosei tidak senang Reverie tahun ini kacau. Kemudian mereka membicarakan tentang menghabisi nyawa seseorang. Terakhir, mereka membahas tentang buah iblis legendaris. Inilah salah satu hal yang banyak didiskusikan para fans.

Gorosei menyebutkan dua fakta mengenai buah iblis legendaris tersebut. Fakta pertama adalah mereka tidak tahu apakah buah iblis tersebut memang benar-benar ada karena keberadaanya selama ini ditutup-tutupi. Nama asli buah iblis tersebut diganti sejak lama, untuk alasan yang masih belum diketahui. Fakta kedua buah iblis tersebut belum “terbangun” sejak ribuan tahun lalu.

Sejauh ini ada kurang lebih 7 buah iblis yang disebut-sebut memiliki kemungkinan bahwa itu adalah buah iblis. Dua diantaranya adalah Gomu Gomu no Mi dan Yami Yami no Mi. Mengapa dua buah iblis tersebut? Dalam teorinya menyebutkan bahwa kedua buah iblis tersebut sama-sama penting, karena milik protagonis utama dan villain utama.

Gomu Gomu Bukan Nama asli?

Dalam chapter 1017 kemarin, para fans dikejutkan dengan fakta yang dihadirkan oleh Who’s Who. Seperti yang dijelaskan dalam ceritanya, Who’s Who mengaku bahwa dia harus dipenjara sekitar 12 tahun yang lalu karena dia harus kehilangan buah iblis yang dia jaga, Gomu Gomu. Kelompok bajak laut Rambut Merah adalah pelaku pencurian buah iblisnya.

Namun, mengapa kemudian Who’s Who harus dipenjara? Semua agen dari CP-9 diketahui dipindahkan menjadi agen CP-0 akibat kekalahan besar yang mereka alami saat di Enies Lobby. Kemudian, seluruh agen CP-9 juga harus kehilangan cetak biru dari Pluton, yang mana hal itu jauh lebih penting. Mengapa kemudian Who’s Who harus dihukum berat?

Terdapat beberapa teori lainnya yang berkembang di kalangan fans tentang buah iblis Gomu Gomu, di mana mungkin pemerintah membutuhkan buah iblisnya untuk menahan serangan dahsyat Gura Gura milik Whitebeard. Ada juga teori yang menyebutkan bahwa Shanks dan kelompoknya mungkin salah karena menganggap Gomu Gomu sebagai Yami Yami, dengan bentuk yang mirip.

Bahkan, ada juga beberapa fans yang menyebutkan bahwa mungkin Gomu Gomu sebenarnya bukan Gomu Gomu, melainkan buah iblis lain. Arc Wano memang menjadi arc yang berbeda, di mana ada banyak misteri yang kemudian diungkapkan oleh Oda Sensei dalam ceritanya. Namun, setelah itu para fans kembali diperlihatkan lagi misteri lainnya.

Nama Asli Gomu Gomu?

Saat menggunakan Geard 4th, Hyogoro sempat melihat Luffy mirip seperti sosok pelindung misterius Wano (Mythical Guardian Deity). Kemudian, Who’s Who juga sempat menyinggung sosok “dewa pelindung” lainnya yang menjadi harapan bagi para budak dan tahanan agar bisa dibebaskan, yaitu Sun God Nika.

Berdasarkan dari semua petunjuk-petunjuk tersebut, ada yang berspekulasi bahwa kemungkinan buah iblis Luffy sebenarnya bukanlah Paramecia, melainkan Mythical Zoan. Hal ini dikarenakan Mythical Zoan menjadi jenis buah iblis paling langka – dan paling kuat – di dunia. Mungkin juga buah iblis Luffy adalah jenis baru yang belum diperkenalkan.

Sebelum Wano, ada dua buah iblis Mythical Zoan yang diperkenalkan. Dan kemudian saat arc Wano dimulai, Oda lebih banyak lagi menghadirkan buah iblis jenis tersebut, seperti Azure Dragon milik Kaido, Yamata no Orochi milik Orochi, Kyuubi milik Catarina Devon, dan kemudian Okuchi no Makami dan buah iblis yang dimakan Gyukimaru.

Kemungkinan besar Oda memang sengaja menghadirkan begitu banyak Mythical Zoan dalam satu arc. Seperti yang kita tahu, Oda Sensei sering kali menghadirkan sesuatu yang menjadi petunjuk atau terhubung ke cerita lainnya. Sehingga, berkaitan dengan begitu banyaknya Mythical Zoan bisa jadi ada koneksinya dengan buah iblis Luffy. Lalu, buah iblis apa sebenarnya yang dimiliki Luffy? Apa nama asli buah iblis Luffy?

Hito Hito no Mi, Model: Myouou (Wisdom King)

Yang paling masuk akal dari nama buah iblis Luffy mungkin adalah Hito Hito no Mi, Model: Myouou berdasarkan dari apa yang dilihat Hyougoro. Bagaimana dengan kekuatannya yang sudah diperlihatkan? Buah iblis tersebut tetap memberikan Luffy kemampuan karet. Selain itu, berbagai kemampuan yang dihadirkan pun tidak berubah. Hanya namanya saja yang berbeda.

Sama halnya seperti banyak hal di seri One Piece, ketika banyak orang berpikir tentang sesuatu yang luar biasa, tetapi kemudian jawabannya sering kali berkaitan dengan buah iblis atau ilmu pengetahuan. Misalnya, banyak yang menganggap Kaido adalah naga asli. Padahal, dia hanyalah orang biasa yang memakan buah iblis.

Atau contohnya saat Raizo dan Shinobu yang mampu menggunakan kekuatan dahsyat ala ninja, yang mana hal itu hanyalah kekuatan buah iblis. Apakah kemudian sosok Wisdom King merupakan dewa penjaga seperti yang Hyogoro duga? Memang, tetapi sosoknya adalah manusia bukan “dewa.” Dan manusia tersebut memakan buah iblis sehingga bisa memiliki kekuatan seperti dewa penjaga.

Teorinya juga menyebutkan bahwa ada kemungkinan bahwa buah iblis ini sempat dimiliki oleh Son God Nika atau Joy Boy, yang mana mungkin bisa menjelaskan bagaimana buah iblis tersebut belum dibangkitkan kekuatannya selama berabad-abad.

Gears dan Artinya

Salah satu kedahsyatan yang dimiliki dari buah iblis milik Luffy ini adalah dia mampu “bertransformasi” ke dalam beberapa kekuatan, yang disebut sebagai Gear. Masing-masing Gear memiliki level kekuatan berbeda, dengan Gear 4th menjadi yang paling kuat saat ini. Yang menjadi poin utamanya adalah Oda menghadirkan perubahan desain di Gear 4th yang tidak ada di Gear lainnya.

Saat Luffy menggunakan Gear 4th, Luffy nampak berbeda seolah-olah dia menggunakan buah iblis lainnya. Bahkan, bisa dibilang saat Luffy mengakses kekuatan ini dia nampak seperti Zoan Awakening. Seperti yang diketahui, buah iblis Zoan memiliki 3 form, dan Gear 4th Luffy juga memiliki 3 form sejauh ini.

Kesimpulannya

Berdasarkan dari penjelasan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa kemungkinan buah iblis Luffy sebenarnya bukan berjenis Paramecia melainkan Mythical Zoan. Hal ini bisa dilihat dari berbagai hal yang ada, seperti saat Luffy menggunakan Gear 4. Bagaimana semua form di Gear 4 yang digunakan oleh Luffy nampak seperti dua kekuatan yang berbeda.

Kemudian, bagaimana Oda Sensei memperlihatkan satu jenis buah iblis dalam jumlah banyak di satu arc juga dianggap sebagai petunjuk bahwa bisa jadi buah iblis Luffy ini sama dengan jenis buah iblis tersebut. Untuk saat ini, para fans hanya bisa berteori dan berspekulasi. Kita nantikan saja ya Geeks jawaban pastinya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.