Selama lebih dari delapan puluh tahun, karakter Batman di DC Universe telah dipegang oleh Bruce Wayne. Dan selama itu juga terkadang Bruce mengambil masa istirahat, mulai dari berpura-pura mati, sampai memang benar-benar terluka dan tidak bisa beraksi. Pada saat masa-masa Bruce hiatus, posisinya sebagai Batman harus terus berjalan, karena jika tidak maka Kota Gotham akan kembali dikuasai oleh para crime lord-nya yang merepotkan. Menariknya, dari sekian banyak karakter kuat atau sahabat Bruce di DC Universe, lima di antaranya pernah menggantikan Bruce untuk menjadi Batman. Siapa saja lima orang ini? Simak pembahasannya di bawah ini, Geeks.

Damian Wayne

Sejak kemunculan pertamanya, banyak sekali penggemar yang sepakat bahwa Damian Wayne adalah calon penerus Bruce Wayne paling potensial, mengingat para Robin sudah memilih identitas superheronya masing-masing. Bukan hanya karena alasan Damien adalah anak kandung Bruce, atau juga karena statusnya sebagai Robin terhebat, tetapi karena latar belakangnya yang telah berlatih di League of Assassins sejak dirinya masih kecil, di bawah pengawasan ibu dan kakeknya, yaitu Talia Al Ghul dan R’as Al Ghul. Di sebuah kisah alternatif yang berlangsung sekitar lima belas tahun dari kemunculannya, Damien diceritakan menjadi Batman saat Bruce meninggal di komik Batman #666. Dan kehadirannya tersebut mengingatkan semua villain, penduduk, dan polisi Gotham kepada sosok asli Batman Bruce Wayne.

Dick Grayson

Setelah era Final Crisis, Bruce Wayne pernah diceritakan tewas dan kemudian di kisah “Battle for the Cowl” hal tersebut menjadi pembahasan serius di antara para Bat Family, termasuk Jason Todd, Barbara Gordon, Dick Grayson, dan tentu saja Alfred Pennyworth. Ketika voting diambil, suara terbanyak jatuh pada Dick Grayson, yang memang sudah bersama Bruce sejak dirinya menjadi Robin pertama. Sejak saat itu dia sempat mengambil alih identitas Batman dengan Damian Wayne sebagai Robin-nya.Dan ketika Bruce kembali, Dick kembali lagi menjadi Nightwing yang jauh lebih berpengalaman dari sebelumnya.

Jason Todd

Masih dalam kisah yang sama seperti sebelumnya, “Battle for the Cowl” juga memperlihatkan bagaimana Jason Todd mengambil alih identitas Batman tanpa sepengetahuan Bat Family yang lain. Seperti yang kita tahu, Jason alias Red Hood adalah anggota Bat Family paling brutal di antara yang lain, sehingga ketika dia menjadi Batman tentu saja dia menjadi Batman paling brutal. Dengan membawa dua senjata api dan juga kostum yang lebih mengerikan, lengkap dengan bagian mata yang berwarna merah, Batman versi Jason ini sempat menjadi hantu yang ditakuti oleh para villain. Sampai akhirnya, Batman Dick dan Robin Damian mengetahuinya dan tidak ada pilihan lain selain mengalahkan Batman Jason, sebelum akhirnya Jason merelakan identitas Batmannya.

Jim Gordon

Ketika Batman dari Bruce Wayne diceritakan tewas bersama Joker karena sebuah ledakan, kisah Batman Vol. 2 #41 kemudian memperlihatkan bagaimana jadinya jika Komisaris Jim Gordon mengambil alih identitasnya sebagai Batman yang mengenakan kostum robot. Dengan didukung oleh perusahaan Powers International, Jim sempat menjadi Batman yang dikenal dengan kostum Superheavy-nya. Kostum ini memungkinkan Jim yang merupakan manusia biasa menjadi superhero berkekuatan super yang dilengkapi dengan berbagai jenis senjata, baik untuk pertahanan seperti jubah pelindung, maupun untuk menyerang seperti roket pelacak yang bisa mengejar targetnya. Dan saat Bruce kembali dibangkitkan menggunakan Lazarus Pit, akhirnya Jim mengembalikan identitas Batmannya pada Bruce.

Superman

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Bruce Wayne mempunyai wajah dan perawakan yang hampir mirip seperti Clark Kent alias Superman. Yang membedakan keduanya, Bruce adalah manusia biasa, sedangkan Clark adalah seorang Kryptonian berkekuatan super dan juga bisa terbang. Di komik Superman/Batman #53-56, keduanya pernah diceritakan tidak sengaja bertukar kekuatan setelah bertarung dengan Silver Banshee. Namun, kejadian tersebut justru membuat Bruce menjadi lebih kejam dengan musuh-musuhnya. Di sisi lain, Clark yang menjadi manusia biasa kemudian mendapatkan kostum super dari Alfred Pennyworth, dan sejak saat itu dia menjadi pelindung Kota Gotham menggantikan Bruce yang berkeliling dunia untuk membunuh para supervillain. Ketika Justice League berusaha menghentikan kegilaan Bruce, hanya Clark yang pada akhirnya berhasil melakukan hal tersebut, karena dia sangat mengenal Bruce dan mengetahui kelemahan dari kekuatan lamanya saat masih menjadi Superman.

Itulah lima karakter kuat yang pernah diceritakan menggantika Bruce menjadi Batman. Terlepas dari apa pun alasan mereka menjadi Batman, tidak diragukan lagi bahwa kelima karekter ini adalah pengganti Bruce Wayne yang paling ideal, misalnya seperti Jim yang diberkahi pengetahuan Kota Gotham sebagai salah satu polisi GCPD, atau Superman yang paling mengenal seperti apa cara kerja Batman. Bagaimana, Geeks, siapa pengganti Batman favorit kalian?