Kaiju adalah istilah dari bahasa Jepang yang mempunyai arti monster raksasa. Kata “kaiju” sendiri sudah menjadi sebuah genre tayangan yang menjelaskan jika film tersebut melibatkan monster raksasa di dalamnya, baik berhubungan dengan monster Jepang maupun tidak. Selama bertahun-tahun, kaiju telah dimunculkan dalam berbagai film, dari mulai film aksi seperti Godzilla, sampai film horor seperti Cloverfield. Dan dari banyaknya kaiju yang telah diperkenalkan, lima di antaranya terkenal karena ukurannya yang lebih besar dari yang lain. Berikut lima kaiju paling besar sepanjang masa!

King Ghidorah (159 meter)

Pertama kali muncul di film klasik Jepang yang berjudul Godzilla vs. King Ghidorah (1991), ukuran dari kaiju berkepala tiga ini mencapai 150 meter. Kemudian versi terbarunya di MonsterVerse, yang muncul di film Godzilla: King of the Monsters (2019) King Ghodrah mempunyai ukuran yang sedikit lebih besar, tinggi barunya ini telah dikonfirmasi mencapai 159 meter. Jika dibandingkan Godzilla MonsterVerse, King Ghodrah lebih tinggi sekita 35 meter. Karena ukurannya yang besar dan juga sifatnya yang ganas, para manusia dan semua kaiju di semestanya menganggap King Ghidorah sebagai ancaman yang dapat membahayakan Bumi dan semua isinya.

Slattern (182 meter)

Sama seperti kaiju lainnya di waralaba Pacific Rim, Slattern adalah monster yang keluar dari portal di dasar lautan yang disebut Breach. Namun, dari sekian banyak monster yang keluar dari Breach, Slattern baru bisa keluar setelah ukuran portalnya cukup besar untuk dilalui olehnya. Meskipun monster ini lebih sering terlihat merangkak, tetapi jika dia berdiri tingginya bisa mencapai 182 meter. Kaiju terbesar di Pacific Rim ini sebenarnya dimaksudkan sebagai serangan pamungkas dari para alien Precursor yang ingin memusnahkan manusia, untungnya, para robot Jaeger berhasil mengalahkannya.

Godzilla Earth (318 meter)

Sementara para penggemar berdebat tentang versi Godzilla mana yang paling hebat, tidak diragukan lagi bahwa Godzilla Earth adalah versinya yang paling besar. Muncul secara mengejutkan di film Godzilla: Planet of the Monsters (2017), ukuran Godzilla Earth dua kali lebih besar dari King Ghidorah MonsterVerse, yaitu sekitar 318 meter. Dengan ukurannya yang sangat besar ini, Godzilla dikenal sebagai monster yang sangat destruktif, bahkan ketika dia hanya melangkahkan kakinya. Itulah mengapa di filmnya para manusia memutuskan untuk mencari planet lain, karena Godzilla Earth sudah menguasai Bumi.

Clover (1.981 meter)

Kaiju terbesar berikutnya datang dari waralaba film Cloverfield. Ketika pertama kali terungkap pada tahun 2008, monster raksasa ini muncul dengan ukurannya yang mencapai 90 meter. Terungkap bahwa monster Clover yang pertama muncul tersebut adalah versi bayi, dan ketika film The Cloverfield Paradox (2018) dirilis, akhirnya kita bisa melihat versi dewasanya yang mencapai hampir 2.000 meter. Dengan tingginya ini, monster Clover bisa jauh lebih tinggi dari dua gedung Burj Khalifa yang ditumpuk. Dan yang lebih mengerikannya lagi, konon monster ini masih bisa tumbuh lebih besar lagi dari versi terakhirnya.

Void Ghidorah (20.000 meter)

Berdasarkan namanya sudah jelas bahwa Void Ghidorah adalah versi lebih sangar dari King Ghidorah. Mempunyai ukuran yang sangat tidak masuk akal, dengan tinggi / panjang Void Ghidorah yang mencapai 20 km artinya ketika tubuhnya berada di Jakarta, salah satu kepal Void Ghidorah bisa berada di Bekasi, sebuah ukuran yang sangat besar bahkan untuk sekelas kaiju. Monster ini muncul di film Godzilla: The Planet Eater (2018) sebagai harapan manusia untuk mengalahkan Godzilla Earth, tetapi ketika Void Ghidorah sampai ternyata kehadirannya jauh lebih membahayakan planet-planet di galaksi daripada Godzilla Earth.

Itulah lima kaiju yang mempunyai ukuran paling besar sepanjang masa. Terlepas dari film apa pun yang telah menghadirkan mereka, label kaiju pasti akan menempel pada kelima monster ini karena ukurannya. Dan jika dibandingkan dengan kaiju populer seperti Godzilla MonsterVerse atau Shin Godzilla, kelima monster ini mempunyai ukuran yang lebih tidak masuk akal lagi, apalagi Void Ghidorah yang ukurannya paling besar. Dari kelima kaiju ini, mana favorit kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.