Setelah sebelumnya mendapatkan tugas berat di Jotunheim untuk memusnahkan semua file yang berhubungan dengan alien Starro (The Suicide Squad), saat ini Christopher Smith alias Peacemaker (John Cena) tengah berurusan dengan masalah baru yang berhubungan dengan “Project Butterfly” di serial solonya yang berjudul Peacemaker. Bersama tim ARGUS (Advanced Research Group Uniting Super-Humans), Peacemaker harus mengatasi ancaman yang dibawa oleh para alien Butterfly yang ternyata telah berbaur dengan manusia.

Dengan kekonyolannya, Peacemaker yang dibantu oleh Vigilante (Freddie Stroma), Leota Adebayo (Danielle Brooks), Emilia Harcourt (Jennifer Holland), John Economos (Steve Agee), dan Clemson Murn (Chukwudi Iwuji), harus bisa menghentikan para Butterfly sebelum mereka berhasil menyelesaikan agenda misteriusnya. Namun, di serial Peacemaker episode 2, ada indikasi bahwa sebuah ancaman lain yang lebih mengerikan dari Butterfly akan segera menghampiri Peacemaker dan bahkan mungkin semua superhero di DC Extended Universe. Ancaman apa itu? Mari kita bahas, Geeks!

Bermula dari Penjara yang Penuh

Serial Peacemaker episode 2 yang berjudul “Best Friends, For Never”, menceritakan bagaimana Economos dengan sengaja membuat ayah Peacemaker yang bernama Auggie Smith alias White Dragon (Robert Patrick) berakhir dipenjara di kantor polisi Evergreen, di mana hal tersebut dia lakukan untuk meloloskan Peacemaker dari kejaran detektif Sophie Song (Annie Chang) dan partnernya Larry Fitzgibbon (Lochlyn Munro).

Ketika Sophie dan Larry yang sempat tertipu menanyakan mengapa Augie tidak dipenjara di Arkham Aylum atau Belle Reeve, polisi lain mengatakan bahwa “sistem [Arkham Asylum dan Belle Reeve] sudah terlalu penuh.” Sekilas mungkin tanggapan polisi tersebut terdengar biasa saja, tetapi bagi para penggemar setia DC hal tersebut justru sangat berbahaya, karena tanggapannya mengindikasikan bahwa dalam waktu yang singkat banyak sekali supervillain yang dijebloskan ke Arkham Asylum dan Belle Reeve.

Sebagai perbandingan, ketika Auggie masuk ke dalam penjara Evergreen dia terlihat masih mempunyai pengaruh yang sangat besar, sampai bisa menyuruh sipir penjara dan bahkan ditakuti oleh para kriminal lain di dalamnya. Jika penjahat minor sekelas Augie alias White Dragon saja bisa seperti itu, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi pada penjara Arkham Asylum dan Belle Reeve yang penuh sesak dengan para supervillain. Seperti yang kita tahu, penuhnya suatu penjara dapat berpotensi menyebabkan kerusuhan dan kaburnya para tahanan, apalagi jika di dalamnya adalah para supervillain yang mengerikan!

Ada Apa di Arkham Asylum dan Belle Reeve?

Sebelumnya di film The Suicide Squad (2021), kita diperlihatkan pada penjara Belle Reeve di mana ada banyak sekali supervillain berbahaya yang mendekam di dalamnya, termasuk Peacemaker dan anggota Suicide Squad lainnya seperti Bloodsport yang pernah membuat Superman masuk rumah sakit, King Shark yang makanan favoritnya adalah manusia, dan masih banyak lagi. Dan sama seperti Belle Reeve, Arkham Asylum adalah penjara dengan tingkat keamanan tertinggi yang dikhususkan untuk menampung para supervillain kuat.

Bedanya, di penjara Arkham Asylum lebih banyak supervillain yang berhubungan dengan Batman, termasuk mungkin Killer Croc, Bane, Fireflies, Poison Ivy, Mr. Freeze, dan bahkan sang Clown Prince of Crime alias Joker. Dengan penuhnya dua penjara dengan tingkat keamanan tinggi tersebut, bukan tidak mungkin para villain di dalamnya akan saling bekerja sama untuk bisa meloloskan diri Arkham Asylum dan Belle Reeve. Dan jika itu terjadi maka ancaman yang dibawa oleh Butterfly sepertinya harus dikesampingkan dahulu, karena akan ada banyak supervillain berbahaya yang sangat mengancam di DCEU.

Semua Superhero Harus Bersatu!

Ketika para supervillain berhasil lolos dari penjara Arkham Asylum dan Belle Reeve, sudah dipastikan akan tercipta kerusuhan yang sangat besar, di mana Peacemaker dan tim ARGUS saja tidak akan cukup untuk mengatasinya. Cukup jelas bahwa jika hal tersebut benar-benar terjadi, maka para superhero di DCEU, seperti Superman (Henry Cavill), Batman (Ben Affleck), Wonder Woman (Gal Gadot), Cyborg (Ray Fisher), Flash (Ezra Miller), dan Aquaman (Jason Momoa), mau tidak mau harus turun tangan langsung!

Itulah penjelasan mengenai kemungkinan ancaman yang akan jauh lebih mengerikan dari para alien Butterfly. Menariknya, meskipun bahayanya terlalu mengerikan untuk dibayangkan, tetapi sepertinya akan sangat menarik melihat bagaimana pada akhirnya para anggota Justice League kembali muncul di tayangan DCEU selanjutnya. Bagaimana menurut kalian, Geeks, apakah kalian setuju jika penjara Arkham Asylum dan Belle Reeve jebol? Kita lihat nanti, semoga saja ada kejutan dari serial Peacemaker dan DCEU.