Sejak awal Boruto: Naruto Next Generation pertama kali muncul pada 2017 lalu, seri ini sudah mengundang kontroversi banyak fans terutama para fans dari seri sebelumnya. Dianggap sebagai sekuel dari Naruto yang tidak diperluka, serinya dan juga para karakternya terus dipaksa untuk bisa tetap pada jalurnya. Banyak dari para fans masih belum terima bagaimana Boruto menjadi wajah baru di franchise tersebut.

Meskipun sempat kesulitan di awal, namun perlahan serinya mulai bisa diterima oleh banyak fans. Dan seiring berjalannya waktu, seri ini mulai mengalami banyak perubahan dari ceritanya. Perubahan cerita tersebut tidak jarang memunculkan kontroversi dan menjadi sesuatu yang menggemparkan. Lalu, apa saja hal-hal yang menggegerkan tersebut?

Era Shinobi Sudah Selesai

Sejak cerita awal serinya, Kishimoto memang sudah menghadirkan sesuatu yang menggegerkan. Kawaki mengatakan kepada Boruto dan para fans bahwa “era shinobi sudah selesai.” Dalam momen tersebut diperlihatkan bagaimana Boruto dan Kawaki dalam usia yang dewasa dan lebih berpengalaman. Lambang konoha di ikat kepala Boruto pun terdapat goresan, yang biasanya bisa diartikan sebagai pengkhianat.

Kawaki kemudian mengatakan lagi kepada Boruto, bahwa dia akan mengirim Boruto ke tempat Hokage ketujuh berada. Hal ini menggegerkan karena para fans penasaran dengan apa yang terjadi. Apakah Naruto memang sudah tewas? Apakah Boruto berubah menjadi jahat? Yang pasti ada sesuatu yang besar dan gelap menanti.

Kembali Ke Masa Lalu

Arc Time Slip dianggap sebagai salah satu arc yang banyak disukai di serinya, karena seri ini menghadirkan kembali nostalgia bagi para fans Naruto. Meskipun arc ini berhasil membangkitkan kembali nostalgia sebagian besar fans, namun tidak sedikit para fans yang justru mempertanyakan maksud dari arc tersebut.

Sebagian fans tersebut beranggapan bahwa seri Boruto terlalu memanfaatkan momen nostalgia para fans lainnya agar seri Boruto bisa terus ditonton. Bagaimana kemudian mereka kembali ke masa lalu juga menjadi sesuatu yang menggemparkan, karena ini pertama kalinya franchise Naruto menghadirkan momen seperti itu.

Kashin Koji Adalah Kloning Jiraiya

Jiraiya merupakan salah satu karakter favorit para fans di seri Naruto. Meskipun Jiraiya bukanlah protagonis utama serinya, efek kemunculan Jiraiya ternyata sangat besar terutama bagi pertumbuhan kekuatan Naruto. Jiraiya yang melatih Naruto sampai pada titik di mana dia menjadi sosok yang luar biasa. Jiraiya juga sudah menjadi sosok ayah bagi Naruto.

Kematiannya di tangan fans membuat banyak fans terkejut, dan menjadi salah satu momen paling menyedihkan di serinya. Ketika Kashin Koji muncul pertama kali, banyak spekulasi bermunculan di kalangan fans bahwa dia memiliki koneksi dengan Jiraiya. Namun, kemudian Isshiki membeberkan faktanya bahwa Kashin Koji adalah kloning yang diciptakan oleh Amado untuk membunuhnya. Fakta ini menjadi salah satu plot twist paling besar di serinya.

Naruto Mengaktifkan Baryon Mode

Saat bertarung menghadapi Isshiki yang menggunakan tubuh Jigen, Naruto dan Sasuke diperlihatkan harus kesulitan menghadapi sosok villain tersebut. Melihat tidak ada cara lainnya, dan demi mencegah Isshiki mendapatkan Kawaki, Naruto pun mengaktifkan kekuatan baru dalam dirinya Baryon Mode.

Para fans tidak menduga jika Naruto masih memiliki kemampuan dahsyat setelah chakra Six Path, dan mereka terkejut dengan kekuatan baru Naruto ini. Namun, banyak fans yang khawatir bahwa ini akan menjadi momen terakhir Naruto, setelah Kurama memperingatkan bahwa Baryon Mode akan membuat nyawanya menghilang.

Sasuke Kehilangan Rinnegan

Salah satu momen paling menggegerkan di seri Boruto, selain terungkapnya fakta bahwa Kashin Koji adalah kloning Jiraiya. Sasuke diperlihatkan tidak berdaya menghadapi Isshiki, namun saat Momoshiki bangkit di tubuh Boruto, Sasuke pun mampu menandinginya bersama dengan Kawaki. Namun, sesuatu yang mengejutkan terjadi.

Tanpa diduga, Borushiki terbang dan langsung menghujam mata kiri dari sasuke. Sasuke pun harus kehilangan Rinnegannya. Banyak fans kemudian menduga bahwa ini menjadi salah satu cara dari Kishimoto untuk perlahan melemahkan karakter Sasuke. Meskipun tujuannya adalah agar para shinobi generasi Boruto bisa mengambil alih posisi “senior” mereka, namun hal ini tetap menjadi momen yang menggemparkan.

Kematian Kurama

Ini menjadi momen yang paling menggemparkan di sepanjang seri Boruto. Meskipun Naruto sudah siap untuk mengorbankan nyawanya saat menggunakan Baryon Mode, ternyata faktanya tidak seperti itu. Kurama berbohong mengenai Baryon Mode yang akan membuat nyawa Naruto menghilang. Justru Baryon Mode adalah mode “bunuh diri” dari Kurama.

Pasca Naruto menggunakan Baryon Mode, Kurama pun mengucapkan selamat tinggal kepada Naruto karena ternyata Baryon Mode menggunakan seluruh chakranya. Hubungan yang terjalin antara Kurama dan Naruto sejak lama sudah menjadi salah satu daya tarik dari franchisenya. Dan bagaimana kemudian Kishimoto “membunuh” Kurama benar-benar menggegerkan semua orang.

Sepertinya seri Boruto memang tidak akan pernah lepas dari berbagai kontroversi atau sesuatu yang menggegerkan. Sedari awal serinya muncul pun seri ini sudah menjadi bahan perbincangan di kalangan fans. Dan faktanya, memang seri Boruto banyak menghadirkan momen-momen menggegerkan seperti yang disebutkan di atas. Bagaimana menurut kalian Geeks?