Klan Ackerman merupakan salah satu klan yang sangat misterius dan populer dalam seri Attack on Titan. Kita sudah diperlihatkan dengan beberapa anggota dari klan Ackerman seperti Kenny Ackerman, Levi Ackerman, dan tentunya Mikasa Ackerman. Klan Ackerman sendiri diketahui menjadi salah satu klan yang mengetahui tentang apa yang terjadi pada masa lalu di wilayah Paradis.

Selain mengetahui tentang sejarah Eldian, mereka juga menjadi klan elit di ceritanya. Klan Ackerman sangat diandalkan oleh Survey Corps, dan banyak orang-orang di dunia mengenal klan Ackerman sebagai klan paling kuat. Klan Ackerman sendiri diketahui memiliki sejarah panjang terutama dengan keluarga kerajaan. Mereka adalah klan kepercayaan dari raja Fritz.

Sebenarnya, klan Ackerman tidak berbeda dengan bangsa Eldian lainnya. Mereka adalah Subjects of Ymir, namun kemampuan mereka memang di atas rata-rata. Klan Ackerman sudah bertugas sejak dahulu untuk melindungi raja Eldia. Satu hal yang spesial dari klan Ackerman adalah mereka merupakan klan terpilih untuk sebuah eksperimen.

Eksperimennya sendiri merupakan menggabungan kekuatan Titan dengan Subjects of Ymir. Dan ternyata eksperimen tersebut berhasil. Klan Ackerman kemudian berubah dengan peningkatan dalam diri mereka. Akibatnya, seorang Ackerman memiliki kekuatan yang setara denagn seorang Titan Shifter.

Kemampuan dahsyat yang mereka dapatkan tersebut juga ternyata memiliki efek lain. Klan Ackerman diketahui menjadi satu-satunya klan atau keluarga dari bangsa Eldian yang tidak akan terpengaruh oleh serum Titan atau kekuatan Titan. Inilah alasannya meskipun mereka disuntik cairan tulang belakang Titan, mereka tidak akan berubah menjadi Titan.

Ini juga yang menjadi alasan mengapa kemudian klan Ackerman mengetahui sejarah awal bangsa Eldian di Paradis, karena ingatan mereka tidak bisa dikendalikan atau pun dihapus oleh kekuatan Founding Titan. Namun, untuk saat ini, potensi bagi klan Ackerman menjadi Titan cukup terbuka.

Pasalnya, banyak klan Ackerman yang memiliki pasangan Eldian murni. Misalnya orang tua dari Mikasa dan Levi. Ibu mereka merupakan keturunan Eldian murni. Keturunan setengah Eldian yang menjadi Titan bisa juga dilihat dari sosok Reiner, di mana dia merupakan percampuran antara Marley dan juga Eldian.

Dengan kekuatan klan Ackerman yang tidak bisa menjadi Titan, tentunya memunculkan banyak spekulasi di kalangan fans. Bagaimana jika kemudian mereka mewarisi kekuatan Titan? Tentu yang paling jelas adalah mereka akan mengukuhkan status mereka sebagai pasukan paling kuat di dunia. Hampir bisa dipastikan tidak ada yang mampu mengalahkan klan Ackerman.

Mereka memiliki kecerdasan bertarung yang luar biasa. Mereka bisa berpikir dengan cepat bagaimana bisa keluar dari situasi hidup dan mati. Kecerdasan bertarung tersebut sudah terbukti efektif menghadapi para pasukan Marley atau saat menghadapi pasukan Titan. Hal ini juga merupakan hasil eksperimen yang sempat dilakukan ribuan tahun lalu.

Kekuatan mereka juga akan semakin lagi bertambah saat mengakses kekuatan Titan. Jika Levi yang kemudian menjadi pewaris kekuatan Attack Titan, mungkin Levi akan menjadi Attack Titan terkuat di serinya dan bukan Eren.

Bagaimana Jika Klan Ackerman Mewarisi Kekuatan Titan?

Jika kemudian klan Ackerman diberi kesempatan untuk mendapatkan atau mewarisi kekuatan Titan, kemungkinan mereka tidak akan menerima tawaran tersebut. Mengapa? Ada dua alasan besar terkait hal tersebut. Pertama, mereka tahu mereka sudah sangat kuat. Berkat eksperimen yang dilakukan, kekuatan mereka bertambah seperti dijelaskan di atas.

Saat ini pun, klan Ackerman – khususnya Levi – dianggap sebagai manusia paling kuat yang pernah ada. Sehingga, mereka mungkin berpikir untuk apa mereka harus mewarisi kekuatan Titan karena mereka sudah sangat kuat pada dasarnya. Kedua, mereka tidak akan mau mengorbankan diri mereka hanya demi kekuatan Titan.

Seperti yang diketahui, menjadi pewaris kekuatan Titan membuat mereka terkena kutukan Ymir. Jatah hidup mereka hanya 13 tahun sejak mereka mewarisi kekuatan tersebut. Sehingga, daripada jatah hidup mereka berkurang drastis, mereka tentu lebih memilih untuk tidak mewarisi kekuatan tersebut. Mungkin, Hajime Isayama bisa menghadirkan sebuah spinoff yang memperlihatkan klan Ackerman menggunakan kekuatan Titan.