DC Universe mempunyai banyak sekali superhero dan supervillain yang terkenal karena kekuatannya. Di mana hal tersebut sering membuat para karakter ini lebih unggul dari yang lainnya, bahkan beberapa di antaranya terlalu kuat untuk berada di dunianya. Itulah mengapa pada akhirnya DC sering menutupi ketidakadilan tersebut dengan memasukan senjata atau alat yang kuat untuk membuat universenya seimbang. Namun, tidak jarang juga DC malah memasukan senjata atau alat yang terlalu berlebihan seperti Mobius Chair!

Mobius Chair sendiri adalah alat yang sangat hebat di DC Universe. Konon siapa pun yang bisa menduduki singgasana ini, dia akan bisa menguasai seluruh uninverse dan juga semua isinya. Saking saktinya alat ini, hanya ada beberapa karakter saja yang pernah diceritakan bisa menggunakannya, hal tersebut bisa terjadi karena “biaya” yang harus dibayar ketika menggunakan Mobius Chair terlalu mahal. Apa sebenarnya Mobius Chair ini, dan mengapa alat ini termasuk ke dalam alat paling “maha sakti” di DC Universe? Simak pembahasannya di bawah ini, Geeks!

Dimiliki oleh New God Metron

Pada dasarnya Mobius Chair adalah alat atau kendaraan yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan perjalanan di universe. Diciptakan oleh sang legenda Jack Kirby, Mobius Chair pertama kali diceritakan di komik New Gods #1 yang dirilis pada tahun 1971. Alkisah di DC Universe ada sesosok New God bernama Metron, yang mendapatkan julukan sebagai Dewa Pengetahuan karena obsesi dan dedikasinya terhadap ilmu pengetahuan. Untuk memenuhi hasratnya tersebut, Metron diceritakan menciptakan sebuah alat yang bisa melintasi ruang dan waktu, yaitu Mobius Chair.

Dan karena alat ini tidak bisa digunakan sembarangan, Metron membutuhkan elemen super langka yang disebut Elemen X untuk menjalankan Mobius Chair. Mirisnya, elemen tersebut hanya bisa dia dapatkan setelah melakukan kesepakatan dengan Darkseid, di mana pada akhirnya Metron memberikan alat canggih lainnya yang disebut Boom Tube (portal dimensi) sebagai bentuk kesepakatan kerja samanya dengan Darkseid. Setelah mendapatkan cukup Elemen X, dengan Mobius Chair ini, Metron sering melakukan perjalanan ruang, waktu, dan dimensi sesuka hatinya, di mana tujuan utamanya adalah mengumpulan pengetahuan.

Database Super Sakti

Walaupun bentuknya seperti kursi atau singgasana, sebenarnya Mobius Chair bisa dibilang juga sebagai database raksasa yang menampung semua ilmu pengetahuan yang terbentang dari awal penciptaan sampai ujung alam semesta. Ketika seseorang duduk di atasnya, dia akan bisa melintasi semua batas ruang, waktu, dan juga dimensi. Dengan Mobius Chair ini penggunanya bisa mengetahui hampir semua yang ada di alam semesta, dari mulai sejarah New God, sampai identitas asli Joker.

Selain menjadi sumber pengetahuan, Mobius Chair juga bisa digunakan untuk teleportasi ke semua tempat di alam semesta hanya dalam hitungan detik. Kemampuan unik lainnya, Mobius Chair bisa melayang atau terbang, kemudian bisa menembakan energi kosmik, mengeluarkan perisai energi untuk melindunginya dari serangan luar, dan juga hologram untuk menampilkan informasi seperti proyektor.

Dan terakhir, yang membuat Mobius Chair sangat menarik adalah fungsinya sebagai traktor-beam, di mana Mobius Chair bisa menarik sebuah planet yang diikatkan ke bagian belakangnya. Dengan semua kehebatan ini, hanya orang pilihan yang bisa menggunakannya, jika orang tersebut tidak layak maka dia akan langsung mati ketika mendudukinya.

Tidak Semua Orang Bisa Menggunakannya

Dan karena Mobius Chair sangat mematikan bagi yang tidak “layak”, pada akhirnya hanya ada beberapa orang saja yang berani mendudukinya dan terbukti bisa menggunakannya. Di komik Justice League Vol. 2 #50 (2016), diceritakan bahwa setelah peristiwa “Darkseid War”, Owlman, yang ditemani oleh Grid dan Metron, sempat mengendalikan Mobius Chair untuk waktu yang singkat, sebelum akhirnya mereka bertemu dengan kekuatan misterius yang langsung membunuh mereka semua di bulan.

Setelah itu, secara tidak sengaja Batman menemukannya dan menggunakannya untuk sementara waktu, membuatnya menjadi anggota Justice League pertama yang pernah mendudukinya. Di kisah lain, Mobius Chair kembali muncul saat Wally West melintasi Multiverse, dia menggunakan Mobius Chair untuk memahami peristiwa “Flashpoint”. Karakter DC lainnya yang tercatat pernah menggunakan Mobius Chair adalah Cyborg di komik DCeased, saat dia menggunakannya untuk mencari penawar dari wabah zombie yang menyerang DC Universe.

Itulah pembahasan mengenai betapa hebatnya Mobius Chair dan siapa saja yang pernah mendudukinya. Dengan kehebatan yang ditawarkan oleh Mobius Chair, tentu semua orang yang mengetahuinya pasti akan berusaha mencari cara agar bisa mendudukinya dan menjadi “penguasa” segala ruang, waktu, dan dimensi. Syukurnya, bayaran yang sangat mahal untuk menggunakannya, yaitu seseorang harus “layak” terlebih dahulu, jadi alat super sakti ini jarang sekali jatuh ke tangan yang salah.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.