Seperti yang kita tahu saat ini, The Batman adalah film DC mendatang yang digarap oleh Matt Reeves. Filmnya dipastikan akan dibintangi oleh Robert Pattinson sebagai Bruce Wayne alias Batman, Zoë Kravitz sebagai Selina Kyle alias Catwoman, Colin Farrell sebagai Oswald Cobblepot alias Penguin, dan Paul Dano sebagai Edward Nashton alias Riddler. Sebenarnya sebelum digarap oleh Reeves, film The Batman awalnya dimaksudkan untuk menjadi film solo Batman DCEU yang akan digarap dan diperankan oleh Ben Affleck.

Ben Affleck sendiri adalah pemeran Bruce Wayne alias Batman di jagat sinematik DC Extended Universe, yang pertama kali muncul di film Batman v Superman: Dawn of Justice. Kesuksesan di film crossover pertamanya tersebut, membuat banyak penggemar yang awalnya meragukan Affleck menjadi sangat antusias untuk melihatnya dalam film solo The Batman, yang pada saat itu langsung mendapatkan lampu hijau dari Warner Bros. Sayangnya, karena DCEU menjadi tidak jelas setelah ditinggalkan oleh pionernya, yaitu Zack Snyder, pada akhirnya Affleck mundur dari proyek tersebut.

Menjelang perilisan film The Batman, baru-baru ini dalam sesi wawancara dengan Esquire, sutradara Matt Reeves membeberkan naskah The Batman DCEU yang sempat dikembangkan oleh Ben Affleck. Walaupun pada akhirnya Reeves memutuskan untuk membuat filmnya versinya sendiri yang terpisah dari DCEU, tetapi Reeves mengatakan bahwa dia sangat menghormati naskah sebelumnya, di mana ceritanya berhubungan dengan DCEU secara keseluruhan dan ada banyak adegan aksi di dalamnya.

“Saya membaca naskah yang benar-benar valid tentang film itu [The Batman DCEU]. Naskahnya dipenuhi banyak adegan aksi dan sangat terhubung dengan DCEU, dengan para karakter utama dari film dan komik lain yang bermunculan,” kata Reeves. “Pada akhirnya saya sadar bahwa ini tidak seperti yang saya inginkan. Saya memberi tahu mereka [WB] bahwa ada begitu banyak film hebat, tetapi jika saya melakukan ini [The Batman], saya harus melakukannya sendiri. Naskahnya benar-benar valid dan menarik. Hampir mirip seperti James Bond, tetapi itu bukan sesuatu yang relate untukku.”

Meskipun film The Batman DCEU batal tayang, Ben Affleck akan kembali sebagai Batman untuk yang terakhir kalinya di film The Flash yang akan tayang pada 4 November 2022. Sedangkan film The Batman karya Matt Reeves akan lebih dahulu tayang di bioskop pada 4 Maret 2022, dengan menceritakan kisah awal Bruce Wayne saat baru menjadi Batman. Meskipun filmnya terpisah dari DCEU, The Batman yang berlangsung di Earth-2 akan tetap menjadi bagian dari DC Multiverse.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.