Sudah tidak diragukan lagi bahwa di Marvel Universe ada banyak sekali superhero tangguh yang berusaha sekuat tenaga untuk melindungi Bumi bahkan alam semesta. Namun, untuk membuat semestanya seimbang, Marvel juga mempunyai banyak supervillain hebat yang tidak jarang justru terlampau hebat sampai tidak jarang membuat para superhero kewalahan. Itulah mengapa pada akhirnya para superhero Bumi bersatu untuk membentuk tim super yang disebut Avengers.

Sayangnya, meskipun pada akhirnya tim super ini terbukti selalu berhasil mengalahkan para supervillain tersebut, beberapa di antaranya tetap saja terlalu kuat bagi mereka. Bahkan ada lima villain yang pernah diceritakan berhasil mengalahkan Avengers dengan “caranya” sendiri. Siapa saja villain super kuat ini? Simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

Arcade

Ada masanya ketika Marvel Comics pernah diceritakan kebanjiran para superhero muda yang bertarung melawan kejahatan, dan beberapa di antaranya terdaftar sebagai bagian dari kelompok superhero muda seperti Runaways dan Avengers Academy. Melihat populasi superhero muda yang mengancam, supervillain kuat bernama Arcade memutuskan untuk membuat sebuah pulau yang disebut Murderworld, di mana dia menculik superhero muda di Marvel Universe dan menempatkannya di sana.

Di pulau Murderworld Arcade kemudian memaksa para superhero muda untuk melakukan semacam pertarungan Battle Royale. Dan dalam prosesnya ada banyak sekali korban yang berjatuhan di Murderworld, termasuk para anggota Avengers Academy. Mirisnya ketika pertarungan tersebut berakhir, Arcade berhasil kabur dan menghilang begitu saja.

Doctor Doom

Ada banyak sekali supervillain tangguh di Marvel Universe, dan Doctor Doom adalah salah satunya yang berada di tingkat teratas. Salah satu keberhasilannya sebagai villain pernah terjadi di komik Avengers: Emperor Doom, di mana dia diceritakan sebagai penguasa Latveria yang kekuasaannya menjangkau seluruh Bumi. Ketika para Avengers bersatu untuk melakukan perlawanan, kebetulan pada saat itu Doom memang sudah merasa “lelah” dengan kemenangannya, sehingga dia dengan sengaja membiarkan Avengers menang dan membebaskan dunia “atas seizinnya”. Di mana secara tidak langsung, Doom sekali lagi mendapatkan kemenangannya.

Ultron

Di kisah komik Age of Ultron, robot canggih ini diceritakan berhasil membangun kerajaannya dan memulai agendanya untuk menguasai dunia dengan membunuh jutaan manusia yang tidak berdosa. Syukurnya, pada akhirnya Avengers berhasil mengalahkannya dan menghentikan tiraninya di Bumi. Meskipun pada kisah utamanya dia benar-benar telah kalah, tetapi dalam kisah alternatif, Ultron dari masa depan diceritakan kembali ke masa lalu setelah memanfaatkan kekuatan Vision. Ultron versi masa depan ini berhasil membalaskan dendam Ultron utama dengan membunuh para anggota Avengers, termasuk Captain America, Fantastic Four, Thor, Hulk, dan Black Panther.

Thanos

Dalam sejarah Marvel Universe, Thanos adalah villain yang sering sekali berhadapan dengan Avengers. Meskipun pada akhirnya Avengers selalu berhasil mengalahkannya, tetapi ada satu kisah di mana Thanos benar-benar diceritakan menang. Di kisah “Thanos Wins”, kita diperlihatkan bagaimana salah satu varian Thanos di Earth TRN666, yang pada dasarnya adalah versi masa depan semesta utama, Thanos berhasil membunuh semua yang menghalanginya, termasuk Avengers. Bahkan sebagai bentuk trophy, Thanos menjadikan Hulk sebagai anjing peliharaannya.

Supreme Intelligence

Dalam salah satu kisah Marvel yang tidak terlalu populer, tepatnya di komik crossover Operation: Galactic Storm, Avengers pernah diceritakan terjebak dalam peperangan abadi antara Kree dah Shi’ar. Mengetahui bahwa peperangan tersebut dapat membahayakan universe, Avengers kemudian berkeliling galaksi untuk menghentikannya, di mana akhirnya terungkap bahwa semua konflik yang terjadi disebabkan oleh sesosok alien yang disebut Supreme Intelligence.

Para Avengers kemudian bersatu dan diperlihatkan berhasil mengalahkan Supreme Intelligence. Namun, di akhir kisah terungkap bahwa Supreme Intelligence sengaja memalsukan kematiannya agar semuanya berjalan sesuai dengan rencananya, yaitu kemenangan Kree atas peperangan tersebut. Avengers mungkin merasa mereka telah berhasil menyelesaikan misinya, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa pemenang yang sebenarnya adalah Supreme Intelligence.

Itulah lima supervillain Marvel yang diceritakan pernah berhasil mengalahkan Avengers. Terlepas dari cara langsung maupun tidak, keberhasilan kelima villain ini dalam mengalahkan Avengers pernah disaksikan langsung oleh penggemar melalui kisahnya masing-masing. Dalam kasus Emperor Doom dan Supreme Intelligence mungkin para Avengers merasa telah memenangkan pertarungan, tetapi tanpa sepengetahuan mereka, tidak diragukan lagi bahwa pemenang sejatinya adalah kedua supervillain tersebut.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.