Pada musim perdana seri Attack on Titan, Armin dan Eren penasaran dengan apa yang ada di balik tembok yang mengelilingi pulau Paradis. Seiring berjalannya cerita, bukan hanya mereka mengetahui bahwa dunia lebih besar dari yang mereka duga sebelumnya, tetapi mereka juga menyadari bahwa ada bangsa lain selain Eldian.

Mereka juga harus menerima fakta pahit bahwa orang-orang di seluruh dunia memandang bangsa Eldian sebagai iblis dunia. Dengan mereka yang hidup di balik tembok benar-benar tidak mengetahui hal apa pun selama bertahun-tahun lamanya, mereka juga tentu tidak tahu apa yang membuat bangsa Marley dan semua penduduk di dunia menganggap mereka, bangsa Eldian, sebagai iblis. Willy Tybur dalam episode 5 di musim terakhir kemarin sempat membeberkan sejarah panjang tersebut.

Mengapa Marley Menganggap Eldian Iblis

Jauh sebelum para pasukan Survey Corps menemukan fakta tentang Marley, bangsa Eldian yang tidak tinggal di dalam tembok pulau Paradis pun mengalami perundungan yang sama. Mereka semua sama-sama dipanggil sebagai iblis atau perwujudan dari iblis. Mengapa kemudian mereka menganggap bangsa Eldian sebagai iblis?

Menurut buku cerita atau buku sejarah yang ditulis oleh Marley, sekitar 1800 tahun yang lalu, Ymir Fritz diceritakan menjalin perjanjian dengan iblis untuk mendapatkan kekuatan Titan. Dan ketika dia tewas, kekuatannya kemudian dipecah menjadi sembilan jenis Titan, yang kemudian menjadi awal mula berdirinya kerajaan Eldian.

Mereka pun berhasil menaklukan Marley, dan menguasai seluruh benua dan menyerang siapa pun yang bukan menjadi bagian dari bangsa Eldian. Efeknya, genosida yang dilakukan oleh kerajaan Eldian terjadi selama berabad-abad. Baru pada Great Titan War bangsa Marley melihat peluang untuk mengalahkan bangsa Eldian.

Sosok pahlawan Marley, Helos, bersama keluarga Tybur, kemudian menipu kerajaan Eldian untuk menyerahkan kekuasaan mereka, dan memaksa raja Fritz, pemilik kekuatan Founding Titan, untuk kabur ke pulau Paradis bersama dengan rakyatnya. Namun, raja Fritz sendiri masih memiliki kekuatan, dan juga pasukan Titan yang jumlahnya jutaan.

Mereka masih menunggu perintah dari pemilik kekuatan Founding Titan untuk meratakan umat manusia. Inilah alasan mengapa kemudian pihak Marley mengirimkan pasukan Warrior Unit ke pulau Paradis, untuk mencari dan mendapatkan kekuatan Founding Titan agar momen Rumbling tidak terjadi.

Tidak Seperti yang Dipikirkan

Meskipun sejarah dunia menganggap bahwa mereka yang ada di pulau Paradis, beserta bangsa Eldian lainnya yang berada di luar pulau tersebut sebagai iblis, sebagian dari mereka tidak percaya akan hal tersebut. Mereka adalah kelompok Eldian Restorationist, atau kelompok yang menginginkan Eldian kembali ke masa kejayaanya.

Beberapa anggota Eldian Restorationist yang sudah diketahui adalah Grisha Yeager dan Eren Kruger. Dalam episode 20 di musim ketiga kemarin, Eren Kruger pernah memberikan sebuah dokumen kepada Grisha yang memberikan penjelasan mengenai sosok Ymir. Dan dalam dokumen tersebut, sosok Ymir berbeda dengan apa yang diyakini dunia.

Meskipun mereka tidak mengerti bahasa yang tertulis dalam dokumennya, berdasarkan dari gambar dan juga keyakinan mereka, para Eldian Restorationist meyakini bahwa Ymir membangkitkan kekuatan Titan bukan untuk menghancurkan dunia. Justru Ymir ingin meningkatkan agrikultur atau pertanian dan juga infrastruktur, serta membantu orang-orang untuk menjalani hidup lebih baik.

Mereka juga menemukan fakta bahwa alasan sebenarnya raja Fritz pergi ke pulau Paradis bukan karena kabur, melainkan dia menolak untuk bertempur dan menghadirkan lebih banyak lagi korban jiwa dan kebencian bagi bangsa Eldian.

Yang Sebenarnya Terjadi 

Karena kekuatan Warhammer Titan sudah diwariskan dari keluarga Tybur secara turun-temurun, mereka pun mewarisi ingatan atau memori dari para leluhur mereka. Karena itulah, mereka mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di balik konflik antara Eldian dan Marley. Seperti yang diungkapkan oleh Willy, Helos dan keluarga Tybur tidak menghentikan perang Great Titan War.

Sosok sebenarnya yang menghentikan semua itu adalah raja Fritz sendiri. Karl Fritz saat itu merasa ngeri dan ketakutan saat tahu sejarah dari kerajaan Eldian, dan raja Fritz pun merasa terbebani oleh penderitaan yang dialami bangsa Marley selama bertahun-tahun akibat tekanan kerajaan Eldian, yang dahulu sangat berkuasa.

Ketika Karl Fritz mewarisi kekuatan Founding Titan, dia pun bekerja sama dengan keluarga Tybur untuk menciptakan sosok pahlawan palsu, yang akan digunakan sebagai subyek propaganda mereka. Pahlawan palsu tersebut tidak lain adalah Helos. Ketika sosok Helos dianggap sebagai pahlawan yang sudah menghentikan peperangan, Fritz pun kemudian pindah dengan sebagian besar rakyatnya ke pulau Paradis.

Karena, raja Fritz tidak bisa membawa semua penduduk Eldian ke pulau Paradis, dia pun membiarkan sebagian lainnya tinggal di dunia luar. Di pulau Paradis, raja Fritz kemudian membuat tembok-tembok besar untuk melindungi para penduduknya dari serangan dunia luar. Tembok-tembok tersebut terbuat dari tubuh Titan.

Raja Fritz bersumpah bahwa siapa pun yang mencoba mengganggu keberadaan mereka, dia akan menggunakan seluruh Wall Titan untuk meratakan dunia. Hal tersebut sebenarnya merupakan kebohongan lainnya yang diciptakan oleh raja Fritz, semata-mata untuk menghindari dunia luar mencoba menyerang mereka dan hal ini berhasil bertahan selama puluhan hingga ratusan tahun kemudian.

Raja Fritz kemudian menghapus ingatan seluruh bangsa Eldian, dan mewarisi sumpahnya tersebut kepada keturunannya yang mewarisi kekuatan Founding Titan. Raja Fritz sendiri sudah mempersiapkan semuanya jika kemudian bangsa Marley berhasil menghancurkan pulau Paradis.

Bagi raja Fritz, dosa dari kerajaan Eldian yang sudah dibuat selama berabad-abad benar-benar tidak bisa diampuni dan tidak bisa ditolerir. Dia pun memilih untuk mengasingkan diri, dan menikmati kedamaian singkatnya, dibandingkan jika harus terus merasakan penderitaan dari bangsa Eldian dan juga Marley. Demi perdamaian, raja Fritz rela “menjual” bangsa Eldian kepada Marley.

Meskipun sejarah sebenarnya antara hubungan Marley dan Eldian sudah dimanipulasi sedemikian rupa sejak lama, kali ini semuanya benar-benar akan merasakan bagaimana kedahsyatan kekuatan bangsa Eldian dengan rencana besar Zeke dan Eren yang akan meratakan dan menghancurkan dunia.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.