Mysterio adalah supervillain dari Marvel Comics, yang dihidupkan dalam bentuk live-action di film Spider-Man: Far From Home pada tahun 2019 lalu. Diperankan oleh Jake Gyllenhaal, Mysterio versi Marvel Cinematic Universe dihadirkan sebagai sosok ilusionis yang menggunakan teknologi drone dalam setiap aksinya. Setelah Spider-Man berhasil mengalahkannya dan Mysterio terlihat tewas karena serangan Drone-nya sendiri, di kembali muncul dalam sebuah video yang mengungkap identitas rahasia Peter Parker.

Pada akhirnya ending Far From Home tersebut menjadi fondasi awal film Spider-Man ketiga yang berjudul No Way Home. Di film yang baru saja tayang tersebut terlihat dampak dari perbuatan Misterio membuat Peter Parker harus meminta bantuan kepada Doctor Strange untuk membuat semua orang melupakan identitasnya. Namun, bukannya berhasil sesuai harapan, sihir Doctor Strange justru menyebabkan masalah multiverse yang membawa banyak karakter dari universe lain. Dan sekarang, berdasarkan gambar konsep resmi terbaru, terungkap bahwa Mysterio hampir saja kembali muncul juga di No Way Home.

Dalam gambar konsep terbaru ini terlihat Mysterio sedang bertarung dengan Doctor Strange di lokasi pertempuran akhir film Spider-Man: No Way Home. Meskipun di No Way Home karakter Myterio tidak muncul, karena mungkin dia memang benar-benar sudah mati di Far From Home, tetapi pada saat portal multiverse terbuka di langit Kota New York terlihat ada sebuah siluet yang mirip seperti dirinya. Artinya, kemungkinan Mysterio yang bertarung dengan Doctor Strange di gambar konsep adalah variannya dari universe lain.

Di sisi lain, mungkin saja gambar konsep ini memang awalnya dimaksudkan untuk mengungkap bahwa sebenarnya Mysterio yang diperankan oleh Jake Gyllenhaal memang masih belum mati. Entah bagaimana dia memalsukan kematiannya agar semua orang menyalahkan Spider-Man atas kejadian tersebut, sampai akhirnya dia menunjukkan keberadaannya pada Spider-Man dan Doctor Strange di pertempuran akhir No Way Home.

Terlepas dari spekulasi terkait gambar konsep baru ini, sudah sangat jelas bahwa Mysterio memang tidak muncul di film No Way Home. Gambar konsep ini mungkin sama seperti gambar konsep sebelumnya yang memperlihatkan tampilan Spider-Man dengan kostum symbiote-nya. Artinya, apa yang telah diperlihatkan di gambarnya bisa saja tidak akan pernah terjadi sama sekali atau justru akan muncul pada masa depan MCU. Hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.