Ebony Blade adalah pedang kutukan yang sangat erat hubungannya dengan karakter Marvel bernama Dane Whitman alias Black Knight. Muncul sekilas di film Eternals, karakter Dane Whitman versi Marvel Cinematic Universe diperankan oleh alumnus Game of Thrones, Kit Harington. Di film Eternals, Dane digambarkan sebagai seorang ilmuwan dan ahli sejarah di Natural History Museum. Dan di credit-scene filmnya, terungkap bahwa sebenarnya dia adalah pewaris dari pedang kutukan Ebony yang mengerikan.

Setelah dia melihat kekasihnya, yaitu Eternal Sersi, diculik oleh Arishem the Judge, Dane pada akhirnya memberanikan diri untuk membuka peti keramat yang berisi Ebony Blade. Ketika Dane hampir menyentuh Ebony Blade, sebuah suara dari latar belakang bertanya pada Dane apakah dia sudah siap untuk itu. Tidak lama setelah film Eternals dirilis, sutradara ChloƩ Zhao mengonfirmasi bahwa sosok misterius di credit-scene tersebut adalah karakter Blade yang diperankan oleh Mashershala Ali.

Sekarang, sebuah kabar terbaru menyatakan bahwa Ebony Blade akan kembali dieksplorasi pada masa depan MCU, tepatnya di film solo Blade. Dalam sesi wawancaranya dengan Comicbook.com, Stephane Ceretti selaku supervisor VFX film Eternals mengungkapkan bahwa Ebony Blade akan muncul kembali di film Blade yang akan datang. Caretti juga menjelaskan bahwa efek Ebony Blade yang seperti magnet di credit-scene Eternals dimaksudkan untuk menarik penggunanya, dalam hal ini Dane Whitman.

“Martin Lawson, yang merupakan supervisor saya, akan segera mengawasi film Blade juga. Jadi saya mengatakan kepadanya, ‘Saya memberikan itu [Ebony] kepada anda sebagai hadiah, gunakan dan manfaatkan dengan bijak.’ Saya sangat yakin bahwa itu [Ebony] akan lebih baik [di tangannya],” ungkap Caretti. “Efek feromagnetik itu [Ebony] juga adalah ide yang saya buat agar terlihat dengan jelas bagaimana bilahnya berkomunikasi dengan Dane [Whitman] dan ingin sekali menyedotnya.”

Film Blade sendiri adalah film MCU mendatang yang pertama kali diumumkan dalam acara San Diego Comic-Con 2019. Selain dibintangi oleh Mashershala Ali, filmnya juga akan disutradarai oleh Bassam Tariq dan ditulis oleh Stacy Osei-Kuffour. Sejauh ini masih belum diketahui apakah Kit Harrinton akan muncul juga sebagai Dane Whitman di film Blade nanti, mengingat belum ada kabar yang mengonfirmasi hal tersebut. Kita nantikan saja perkembangan kabar selanjutnya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.