Pinocchio adalah film animasi stop-motion mendatang yang sudah sejak lama diimpikan oleh sutradara veteran Guillermo del Toro. Dengan terwujudnya film ini, del Toro bersama Netflix telah menunjuk beberapa aktor terkenal sebagai bintang filmnya, termasuk Gregory Mann sebagai Pinocchio, Ewan McGregor sebagai Cricket, David Bradley sebagai Geppetto, Ron Perlman sebagai Mangiafuoco, Tilda Swinton sebagai Peri, Christoph Waltz sebagai Fox / Cat, Cate Blanchett sebagai Dove, dan masih banyak lagi.

Alasan mengapa film animasi Pinocchio ini seperti mimpi bagi del Toro adalah karena dia telah mengembangkan ide filmnya sejak tahun 2008 silam, dan baru bisa terwujud setelah Netflix memberikan dukungan penuh untuk mendistribusikan sekaligus memproduksi filmya. Film yang mengadaptasi novel asli The Adventures of Pinocchio (1883) karya Carlo Collodi ini kabarnya telah memulai produksinya di Meksiko dan Amerika Serikat sejak bulan Januari 2020, dan telah dikabarkan rampung lima bulan kemudian pada tahun yang sama. Setelah penantian yang panjang, akhirnya Netflix merilis teaser trailer filmnya.

Dalam trailer yang baru saja dibagikan oleh Netflix ini terlihat jelas bagaimana penampilan perdana karakter Sebastian J. Cricket, seekor jangkrik yang diisi suaranya oleh Ewan McGregor. Dengan kumisnya yang lucu, Sebastian mengatakan, “Saya akan menceritakan sebuah kisah. Kisah yang mungkin kalian pikir telah mengetahui, tetapi [menurutku] kalian tidak tahu.” Kalimat Sebastian dalam teaser tersebut mengindikasikan bahwa kisah di film animasi Pinocchio nanti akan berbeda dari iterasi sebelumnya.

Guillermo del Toro sebelumnya sudah menegaskan bahwa filmnya ini akan mengambil materi langsung dari novel aslinya dan juga desain dari buku bergambar Pinocchio (2002) karya Gris Grimly. Berbeda dari adaptasi Disney pada tahun 1941, film animasi stop-motion Pinocchio ini akan menceritakan kisah boneka kayu Pinocchio di Mussolini, Italia. Ron Perlman yang berperan sebagai Mangiafuoco di filmnya sempat menggambarkan karakter Pinocchio di film del Toro ini sebagai seorang “tentara yang sempurna”.

Sepertinya akan menarik melihat bagaimana kisah Pinocchio diceritakan dengan sedikit berbeda dan juga dihadirkan dengan gaya penggambaran del Toro yang terkenal eksentrik. Dengan dirilisnya teaser trailer ini, tinggal menunggu waktu sampai trailer penuhnya dirilis pada masa yang akan datang. Untuk jadwal rilisnya sendiri, film animasi Pinocchio akan tayang perdana di saluran streaming Netflix pada bulan Desember 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.