Perkembangan industri game memang semakin pesat dalam beberapa tahun kebelakang. Imbasnya, para pemain diuntungkan dengan berbagai fitur menarik yang coba dihadirkan dalam sebuah game baru. Para developer seolah berlomba-lomba menghadirkan berbagai fitur menarik, seperti jalan cerita, mekanisme gamelay, dan kualitas grafis yang semakin luar biasa peningkatannya.

Karena berbagai peningkatan tersebut, size sebuah game biasanya semakin membengkak. Contohnya, terjadi pada game terbaru Horizon Forbidden West yang digarap oleh Guerrilla Games. Game yang akan dirilis pada bulan Februari mendatang ini menawarkan segudang peningkatan, sehingga sizenya membengkak dari game pertama. Sebelum kalian membeli versi digital, ada baiknya kalian menyiapkan storage besar untuk menyimpannya.

Beberapa waktu lalu, PlayStation Game Size melaporkan bahwa size Horizon Forbidden West di PS5 akan lebih besar dua kali lipat ketimbang game pertamanya, Horizon Zero Dawn. Disebutkan bahwa Horizon Forbidden West memiliki size 85 – 96 GB. Size-nya akan ditentukan dari region pemainnya. Di region US, Horizon Forbidden West memiliki size 85,913 GB sementara region EU memiliki size 96,350 GB.

Karena memiliki tempat yang jauh lebih luas, peningkatan grafis, dan musuh yang jauh lebih banyak, maka wajar jika size game keduanya meningkat drastis. Padahal Horizon Zero Dawn hanya memiliki size 40 – 50 GB. Sekarang, game triple A memang memiliki size yang sudah mendekati 80 – 100 GB. Bahkan ada juga beberapa game yang memakan size lebih dari 100 GB, seperti Red Dead Redemption 2 yang memakan size lebih dari 150 GB, berkat dunia luas dan cerita yang sangat panjang.

Horizon Forbidden West sendiri akan dirilis pada tanggal 18 Februari 2022 untuk platform PS4 dan PS5. Tidak diketahui secara pasti apakah Horizon Forbidden West nantinya akan rilis di PC atau tidak, seperti yang terjadi pada Horizon Zero Dawn. Apakah gamenya sesukses game pertama? Kita tunggu aja ya Geeks perilisannya nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/