Sosok Monkey D. Luffy saat ini benar-benar sudah jauh berkembang sangat pesat dibandingkan sebelumnya. Bagaimana Luffy menjadi kuat pasca latihan selama dua tahun di Rusukaina membuat semua fans tercengang. Kekuatan Luffy pun kemudian meningkat lagi saat bertarung melawan Charlotte Katakuri di arc Whole Cake Island. Luffy mendapatkan kekuatan baru di sana.

Luffy berhasil membuka level tertinggi dari Observation Haki, di mana dia bisa melihat ke masa yang akan datang. Dengan kemampuan ini, Luffy pun akhirnya bisa mengimbangi dan memenangkan pertarungan melawan Katakuri. Sesampainya di Wano, Luffy pun kembali berlatih setelah dia kalah dari Kaido hanya dengan satu serangan saja.

Meskipun begitu, Luffy masih belum bisa menang melawan Kaido. Justru Luffy kembali kalah, seperti diperlihatkan di awal pertempuran Onigashima. Namun, setelah kembali bangkit Luffy akhirnya mampu membangkitkan level selanjutnya dari Conqueror Haki, di mana dia mempelajari bahwa itulah rahasia Kaido selama ini menjadi sosok yang kuat dan tidak terkalahkan. Kaido melapisi tubuh dan serangannya dengan Conqueror Haki.

Luffy mungkin akhirnya mengetahui apa yang menjadi rahasia Kaido. Tetapi, sepertinya Luffy kali ini benar-benar berada di level yang lain seperti yang diperlihatkan di chapter 1037 kemarin. Apa yang diperlihatkan oleh Luffy dalam kelanjutan pertarungannya melawan Kaido bukanlah Conqueror Haki atau pun apa yang sudah dia pelajari selama di Wano.

Dari salah satu panel yang ada di chapter 1037 kemarin, bisa dilihat bagaimana Luffy mampu untuk berubah antara serangan Gear 3, Gear 2, dan menggabungkan keduanya, serta kemudian kembali ke mode dasar. Jika Geeks memperhatikan pertarungan antara Luffy melawan Kaido sedari awal, setiap kali Luffy melancarkan serangan dengan menggunakan serangan Gear 3. Hal ini bisa dilihat dari Luffy yang menggunakan teknik Gatling.

Itu artinya Luffy menggunakan seluruh kekuatannya untuk melakukan sebuah serangan, memperbesarnya, dan kemudian setelah tercipta sebuah momen Luffy akan kembali ke bentuk normalnya dengan kekuatan penuh. Dengan kecepatan yang tinggi, kekuatan penuh, dan lapisan Conqueror Haki membuat setiap serangan Luffy menjadi sangat luar biasa. Sehingga wajar jika Luffy mampu melukai Kaido.

Kemudian, jika Geeks ingat setiap kali Luffy hendak menggunakan Gear 3 dia selalu meniup lengannya untuk menciptakan ukuran yang besar, seperti yang sudah sering kali dia lakukan di arc sebelumnya. Bahkan, dalam pertarungan melawan Katakuri pun Luffy masih melakukan hal tersebut. Tetapi, jika Geeks perhatikan, selama pertarungan melawan Kaido berlangsung Luffy sama sekali belum melakukan hal tersebut.

Luffy sama sekali belum meniup lengannya hanya untuk mengakses Gear 3 selama pertarungan melawan Kaido di Onigashima ini. Artinya bisa diasumsikan bahwa Luffy, saat ini, sudah mampu dengan mudahnya untuk memanipulasi buah iblisnya. Luffy secara tidak langsung sudah mampu mengkombinasikan seluruh mode dalam satu serangan.

Hal ini sama seperti Katakuri menggunakan buah iblisnya saat bertarung melawan Luffy, dan juga bagaimana Kaido menggunakan buah iblisnya dalam menghadapi Luffy. Dengan Luffy yang sudah mampu mengendalikan dan memanipulasi kemampuan Gomu Gomu, besar kemungkinan Luffy saat ini sudah berada dalam tahapan bersiap untuk membangkitkan kekuatan buah iblisnya.

Sebagian Geeks mungkin bertanya, bagaimana dengan penggunaan Gear 4? Kemungkinan besar Gear 4 tidak akan pernah digunakan oleh Luffy dalam pertarungan ini. Luffy memang sudah menguasai Gear 4, sehingga dia bisa mengatasi kekurangannya yaitu tenaga yang terkuras habis. Namun, masalah utama lainnya dari Gear 4 adalah Haki.

Gear 4 menggunakan banyak sekali Haki. Bukan berarti cadangan Haki Luffy sedikit, hanya saja Luffy mungkin bertindak lebih bijak di mana dia menggunakan Hakinya untuk hal lain. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Luffy sejauh ini belum diperlihatkan menggunakan Gear 4 saat menghadapi Kaido. Luffy mungkin baru akan menggunakan Gear 4 untuk serangan akhirnya.

Sedangkan untuk saat ini, Luffy lebih banyak menggunakan Hakinya untuk hal lain seperti melapisi serangan dan tubuhnya. Jika Luffy tidak bisa menggunakan Haki atau kehabisan Haki, maka dia dipastikan akan tewas. Lagipula, mengapa Luffy harus menggunakan Gear 4, jika dia bisa menggunakan serangan lainnya dengan mengombinasikan serangan dasar, Gear 2, dan Gear 3, sambil juga melapisi serangannya dengan Conqueror Haki yang sejauh ini terbukti efektif.

Luffy saat ini sudah berada di level yang lain. Dia berada di level di mana Luffy sudah mulai menguasai buah iblisnya, dan sudah siap untuk melakukan awakening atau membangkitkan buah iblisnya. Yang dibutuhkan Luffy untuk membangkitkan buah iblisnya adalah melatih kemampuan Hakinya. Artinya, hanya tinggal masalah waktu bagi Luffy untuk kemudian membangkitkan buah iblis Gomu Gomunya.