Tidak bisa dipungkiri bahwa Bruce Wayne alias Batman adalah karakter yang kelam karena masa lalunya yang menyedihkan. Diceritakan bahwa kedua orang tuanya tewas dibunuh di depan matanya oleh seorang perampok, di mana kejadian tersebut pada akhirnya membuat Bruce tumbuh sebagai Batman yang dikenal penyendiri dan mempunyai masalah kepercayaan kepada orang lain. Namun, karena DC mempunyai segudang karakter dengan latar belakangnya masing-masing, ternyata ada beberapa superhero atau anti-hero lain yang mempunyai kisah kelam juga, bahkan cenderung lebih menyedihkan. Siapa saja mereka? Berikut lima superhero DC yang kisahnya lebih kelam dari Batman!

Jason Todd

Meskipun statusnya sebagai seorang anak yatim piatu di era sebelum Crisis on Infinity Earth sudah cukup menyedihkan, kisah barunya setelah era Crisis justru membuat Jason Todd tampak jauh lebih kelam dari Batman. Dia adalah seorang anak dari ayah kriminal dan ibu pecandu narkoba. Untuk membiayai ibunya, Jason bahkan rela mencuri, sampai akhirnya dia bertemu dengan Batman yang mengadopsi dan melatihnya menjadi Robin. Seakan latar belakangnya masih kurang menyedihkan, Jason yang telah menjadi Robin diceritakan disiksa oleh Joker sampai mati. Di mana setelah kejadian tersebut dia bangkit kembali sebagai seorang pendendam yang dikenal sebagai Red Hood.

Lobo

Dibalik tampangnya yang garang, Lobo ternyata mempunyai asal-usul yang sangat kelam. Sebagai satu-satunya alien yang tersisa dari planet Czarnia, di kisah Lobo: The Last Czarnian diceritakan bahwa ternyata dia adalah orang yang menghancurkan planetnya sendiri. Hal tersebut bisa terjadi karena ketika dirinya masih kecil Lobo sengaja menciptakan sebuah penyakit yang berasal dari racun monster kalajengking, penyakit tersebut kemudian menyebar ke seluruh penjuru planet Czarnia dan membuat semua penduduknya tewas, termasuk orang tua Lobo sendiri. Karena tidak ada satu orang pun yang tersisa dari rasnya, pada akhirnya Lobo menyesal, tetapi semuanya sudah terlambat.

John Constantine

Meskipun digambarkan sebagai karakter yang tegar dan cukup jenaka, ternyata John Constantine melakukan hal tersebut agar tidak ada orang yag menyangka bahwa masa lalunya sangat kelam. Diceritakan bahwa ketika John masih berada di dalam kandungan, ibunya dipaksa untuk melakukan aborsi, yang pada akhirnya membuat ibunya tewas secara mengenaskan setelah melahirkan John secara prematur. Yang membuatnya lebih menyedihkan adalah karena yang menyuruh ibunya untuk melakukan aborsi adalah ayahnya sendiri. Walaupun begitu, sampai sekarang, John tetap menyalahkan dirinya sendiri atas kematian ibunya tersebut.

Martian Manhunter

Cukup jelas bahwa kisah Martian Manhunter jauh lebih tragis dari yang dialami oleh Batman. Sebagai salah satu pendiri Justice League, dia diceritakan sebagai alien terakhir dari rasnya yang hidup di planet Mars. Kenyataan pahit tersebut dimulai saat saudara jahatnya keluar dari penjara Mars, merasa dendam pada sesamanya, saudara Martian Manhunter tersebut kemudian menyebarkan penyakit yang pada akhirnya membunuh semua rasnya. Itulah mengapa Martian Manhunter sangat sensitif ketika ditanya soal masa lalunya, karena bisa dibilang hampir tidak ada keluarga dan juga hal indah yang bisa dia ceritakan.

Swamp Thing

Latar belakang Swamp Thing adalah paket kesedihan yang cukup lengkap. Mempunyai nama asli Alex Olsen, Swamp Thing awalnya adalah seorang ilmuwan yang laboratoriumnya diledakan oleh sahabatnya sendiri. Mirisnya, kejadian tersebut sengaja dilakukan agar sahabatnya bisa menikahi istrinya yang bernama Linda. Seakan masih kurang tragis, Linda kemudian dibunuh oleh sahabatnya tersebut. Dengan hati yang dipenuhi dendam, kemudian Swamp Thing terlahir kembali sebagai sosok yang mengerikan dengan akar dan lumut di sekujur tubuhnya, di mana penampilan barunya justru malah membuat semua orang menjauhinya.

Itulah lima superhero di DC Universe yang mempunyai kisah lebih kelam dari Batman. Jika dibandingkan Batman yang ditinggalkan dengan banyak sekali warisan dan seorang pelayan setia bernama Alfred Pennyworth, cukup jelas bahwa kisah kelima karakter ini jauh lebih menyedihkan darinya. Selain tidak mempunyai satu orang pun yang mendukungnya, kelima superhero ini juga harus menanggung beban masa lalu yang sangat berat. Belum lagi kelima superhero in tidak mempunyai apa-apa saat kejadian tragis menimpa mereka.