Peacemaker sebenarnya adalah karakter yang sudah sangat tua jika dilihat dari tahun pertama dia diciptakan. Pertama kali muncul pada tahun 1966, Peacemaker sudah berpetualang di berbagai kisah komik selama lebih dari 55 tahun, dan selama itu juga karakternya telah mengalami beberapa perubahan. Sampai akhirnya sekarang muncul dengan serial solonya sendiri di HBO, ada beberapa perubahan drastis dari karakter Peacemaker. Apa saja perubahan tersebut? Simak pembahasannya di bawah ini, Geeks!

Penyesuaian Latar Belakang

Sebelum dikenal sebagai salah satu karakter DC Comics, ternyata Peacemaker lebih dahulu debut di media Charlton Comics, diciptakan oleh Joe Gill dan Pat Boyette di komik Fightin’ 5 #40. Setelah DC membeli Charlton Comics dan berbagai media komik lainnya pada saat itu, Peacemaker akhirnya masuk ke DC Universe melalui kisah penggabungan multiversedi Crisis On Infinite Earths yang disebabkan oleh supervilain Anti-Monitor. Sejak saat itu latar belakang dan asal-usul Peacemaker lebih disesuaikan dengan New Earth di DC Universe, salah satunya dengan membuatnya bersinggungan dengan karakter DC lainnya.

Menjadi Miskin

Ketika pertama kali diceritakan di Charlton Comics, Christopher Smith alias Peacemaker adalah karakter yang digambarkan sebagai sosok yang hidupnya tercukupi, bahkan saat melakukan aksinya sebagai Peacemaker yang tidak murah. Dia mempunyai sekelompok pelayan yang setia membantu Peacemaker untuk melakukan setiap misinya, begitu perlengkapan senjata yang mumpuni. Namun, ketika berada di DC dia menjadi karakter yang relatif lebih “miskin”, sama sekali tidak mempunyai markas dan juga peralatan yang lengkap.

Lebih Kejam

Perubahan paling drastis dari karakter Peacemaker adalah dia berubah menjadi sosok yang jauh lebih kejam dari sebelumnya. Awalnya dia adalah karakter yang tidak akan membunuh saat melakukan misinya, tetapi seiring berjalannya waktu, sekarang dia justru tidak akan segan-segan untuk mengarahkan pistol ke kepala musuhnya. Bahkan dalam beberapa kesempatan, Peacemaker tidak ragu lagi meledakan sebuah markas atau menembakan misil ke pesawat yang sedang mengudara. Itulah mengapa saat ini para penggemar mengenalnya sebagai karakter DC yang brutal.

Lebih Bersahabat

Di DC Comics sendiri, Peacemaker pertama kali diceritakan di era setelah Crisis on Infinity Earth, tepatnya di komik solo Vigilante. Selama komik Vigilante berlangsung, Peacemaker adalah salah satu villain terkenal yang sering bertarung dengan Vigilante yang pada saat itu merupakan superhero DC. Bahkan dia sempat diceritakan membunuh Vigilante kedua yang bernama Adrian Chase, yang saat ini menjadi sahabatnya di serial DCEU Peacemaker. Selain itu, beberapa tahun yang lalu, Peacemaker juga sempat diceritakan sebagai sahabat sekaligus mentor dari superhero muda bernama Jaime Reyes alias Blue Beetle.

Toxic masculinity

Baik di DC Comics, maupun di serial DC Extended Universe, Peacemaker diceritakan mempunyai seorang ayah yang sama-sama rasis. Di DC Comics, ayahnya adalah salah satu pemimpin Nazi, dan di serialnya Augie Smith adalah White Dragon yang sangat menjunjung tinggi supremasi kulit putih. Meskipun di komiknya sifat rasis tersebut tidak menurun kepadanya, tetapi di serialnya justru secara tidak langsung karakter ayahnya membuat Peacemaker menjadi toxic maskulinity, rasis pada wanita dan sangat mengagungkan keperkasaan pria.

“Langganan” Suicide Squad

Perubahan terakhir yang sangat terasa dari Peacemaker adalah dia sekarang sangat identik dengan tim Suicide Squad. Sebelum muncul di film The Suicide Squad (2021) karya James Gunn, Peacemaker pertama kali menjadi anggota Task Force X alias Suicide Squad dalam kisah The Janus Directive yang dirilis pada tahun 1989, artinya dia baru dikenal sebagai bagian dari Suicide Squad setelah lebih dari dua puluh tahun beraksi sendirian. Sekarang malah sepertinya Suicide Squad belum terasa lengkap jika Peacemaker masih belum bergabung.

Itulah enam perubahan paling drastis dari karakter Peacemaker, dari sejak dia debut di Charlton Comics, sampai yang terbaru muncul di serial solo DC Extended Universe. Terlepas dari berbagai perubahan tersebut, tampaknya karakter Peacemaker sudah sangat cocok dengan versinya saat ini. Para penggemar setia DC bahkan merasa bahwa Peacemaker yang sekarang sedang berada dalam keadaan terbaiknya.