Sebagai film solo yang berdiri sendiri, The Batman adalah film live-action DC yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan jagat sinematik DC Extended Universe. Disutradarai oleh Matt Reeves yang juga terlibat dalam penulisan naskahnya bersama Peter Craig, film ini dipastikan akan menghadirkan jajaran aktor terkenal yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya di industri perfilman Hollywod, seperti Robert Pattinson, Zoƫ Kravitz, Paul Dano, Jeffrey Wright, Andy Serkis, John Turturro, dan Colin Farrell.

Berlangsung di Earth-2, The Batman akan menceitakan kisah awal Bruce Wayne (Pattinson) saat baru dua tahun menjadi vigilante Kota Gotham yang dikenal sebagai Batman. Dalam petualangannya nanti, Batman akan bersekutu dengan pencuri ulung Catwoman (Kravitz) untuk menguak siapa villain misterius yang mengaku sebagai Riddler (Dano). Dan tidak ketinggalan juga, sebagai salah satu crime lord paling berpengaruh di Kota Gotham, Penguin (Farell) dipastikan akan beraksi juga di filmnya nanti.

Khusus supervillain Penguin, yang mempunyai nama asli Oswald Cobblepot, sepertinya dia akan membuat film The Batman jauh lebih meriah dengan politik mafia dan juga aksi penuh ledakan di Kota Gotham. Hal tersebut terungkap berdasarkan gambaran karakternya yang baru-baru ini disampaikan langsung oleh Colin Farell kepada MovieMaker. Sang aktor menggambarkan bahwa Penguin di filmnya nanti mengambil referensi dari karakter Fredo Corleone (John Cazale) di film The Godfather (1972) dan The Godfather: Part II (1974).

“Ada beberapa hal di dalam diri Oz (Cobblepot), yang saya pikir secara emosional, Matt [Reeves] mengambil sedikit referensi dari karakter Fredo di The Godfather,” ungkap Farell. “Matt mengatakan bahwa Penguin adalah seseorang yang memiliki ambisi nyata dan juga sangat tinggi, tetapi dia tidak pernah benar-benar memiliki kesempatan untuk menjelajahinya, mungkin karena dipandang sebagai penyandang disabilitas. Fredo tidak disukai oleh saudara-saudaranya, dan mungkin juga Oz. Itulah yang mendorong Oz.”

Dengan referensi dari karakter Fredo tersebut, sepertinya kisah dinamika keluarga akan memengaruhi kemunculan Penguin di film The Batman, di mana dia berusaha untuk membuktikan kehebatan dirinya. Masih perlu dilihat terlebih dahulu seberapa besar peran Penguin di filmnya nanti, dan sepertinya akan menarik juga melihat bagaimana dia menjalankan bisnis jahatnya sebagai crime lord di Kota Gotham. Kita nantikan saja aksi Penguin di film The Batman yang dijadwalkan rilis pada 4 Maret 2022.